×

Perut Menghitam Setelah Melahirkan? Jangan Putus Asa, Ini Tipsnya

Bagikan Artikel :

perut menghitam

Setelah melahirkan, hamper semua wanita tentu ingin cepat mengembalikan tubuh ke sebelum hamil. Selain mengencangkan perut, salah satu masalah yang ingin diatasi adalah kulit perut menghitam setelah melahirkan. Perut menghitam normal terjadi setelah melahirkan karena otot-otot perut merenggang selama kehamilan untuk menjadi tempat bertumbuhnya janin.

Kulit hitam di perut biasanya terlihat seperti membelah perut menjadi dua. Hal ini biasa disebut linea nigra. Kulit ini perlu perawatan khusus untuk menghilangkannya. Anda bisa mencoba mengusap area perut dengan baby oil secara teratur. Gunakan kapas yang telah diberikan baby oil secara teratur untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara-cara Mengatasi Perut Yang Menghitam

1, Mandi rutin dan lakukan pemijatan

Saat mandi, Anda juga bisa memijat halus bagian perut untuk membantu pengelupasan kulit. Memijat juga bisa melancarkan aliran darah sehingga kulit cepat mengganti dengan sel-sel baru. Pijat dengan bantuan krim kulit juga bisa digunakan dengan kandungan vitamin K, A dan E. Pelembab yang mengandung glicolic acid juga bisa digunakan untuk membantu memperbaiki sel-sel kulit.

Air ternyata memainkan peran penting dalam mengembalikan bentuk perut dan kulit setelah melahirkan, apalagi sebagai ibu menyusui. Mama perlu banyak minum air yang cukup untuk melembabkan kulit dan menjaga kulit elastis. Air juga membantu membakar kalori tubuh. Makanan juga dapat membantu mengembalikan kulit. Protein jadi zat yag baik untuk membantu kulit memproduksi kolagen. Telur dan olahan kedelai jadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu mengembalikan otot-otot perut

2. Olah raga

Salah satu cara lain untuk mengembalikan warna kulit di perut adalah dengan mengembalikan bentuk perut. Olahraga bisa dilakukan untuk mengatasinya. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai olahraga. Cobalah melakukan olahraga yang ringan dan konsisten. Bermain dengan si kecil juga jadi cara sederhana untuk membakar kalori agar mengatasi kulit perut menghitam setelah melahirkan

3. Minyak keletik dan sabun mandi

Campurkan minyak keletik ataupun baby oil dengan sabun mandi lalu oleskan ke bagian perut yang menghitam. Tunggu beberapa saat agar sabun dan minyak goreng meresap lalu daki/kotoran akan “medok” gosok secara perlahan. Lalu daki akan menglupas ataupun rontok. Setelah itu tralala perut menjadi lebih bersih. Tapi jangan lupa mandi setelah melakukan cara ini. Anda tidak ingin kan digigit tikus saat tidur dengan minyak goreng.

4. Gula

Gula berbentuk butiran kecil yang sangat bagus untuk mengangkat sel kulit mati tanpa menyakiti kulit. Anda cukup mencampur 1-2 sdm gula pasir, 2 sdm minyak almond/zaitun/kelapa/dll, dan sedikit perasan lemon. Aduk rata, lalu gosokkan pada area perut sebelum mandi. Lakukan setiap hari untuk hasil maksimal.

5.Madu

Madu, makanan enak dan sehat ini ternyata termasuk juga dalam cara memutihkan perut setelah melahirkan. Jika Anda mengalami masalah stretch marks yang parah sekali, madu dapat memperbaikinya dengan baik karena mengandung antiseptik yang tinggi. Moms membutuhkan kain yang tipis dan dapat menyerap dengan baik. Tuangkan madu secukupnya di atas kain tersebut. Setelah itu, tempelkan kain di area perut yang ada guratan putih atau hitamnya. Diamkan kain sampai madu mengering. Sesudahnya, angkat kain dan bilas perut Anda pakai air hangat.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan yang paling sering eksis di kancah kecantikan mulai dari ujung rambut hingga ujung kuku. Jika Anda punya banyak tanaman lidah buaya di rumah, yuk segera pakai untuk mencerahkan kulit perut. Selain dapat memutihkan, lidah buaya dapat menenangkan kulit yang merenggang saat hamil.

Nah bagi Anda yang baru saja melahirkan, jangan langsung putus asa mendapatkan berbagai perubahan. Anda bisa melakukan tips ini untuk mengurangi keluhan yang Anda alami.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 6, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara merawat kehamilan kembar agar tetap sehat

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Hasil dari pemeriksaan saya dinyatakan mengandung anak kembar dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi saya dan keluarga saya. Untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat, sebaiknya apa saja yang harus dihindari dan dilakukan?

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • Masalah lepas KB

  • Oleh : Ummi zulfa Ummi zulfa
  • 1 bulan, 1 minggu yang lalu

    Maf sebelum nya saya mau tanya ..saya harus nya KB 3 bulan . Itu bulan Juli .nah gara2 ada pendemi jadi semua Bidan tutup .jadi saya nggk suntik lepas KB .tapi Uda bulan Januari 2011 sekarang saya belum haid juga . Tapi pas di tes nggk hamil . Saya harus gimana Bu ..saya cemas sekali .gimana bisa hed lagi nya

  • Oleh : Ummi zulfa Ummi zulfa
  • Cara Membujuk Anak Mau Minum Obat

  • Oleh : Dayat Ya Hidayat
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya anak mau minum obat tanpa paksaan ? Anak saya sudah berusia 6 tahun masih saja menolak minum obat ketika ia sakit. Metode mencekoki obat ke mulutnya tak mempan, yang ada obat keluar lagi. Mohon solusinya bu. Terimakasih

  • Oleh : Dayat Ya Hidayat
  • Mual dan Muntah Saat Menjalankan Ibadah Puasa

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Saya ini kan lagi hamil dan sekarang ini saya lagi puasa. Tapi belakangan ini saya sering merasa mual dan muntah lagi. Padahal di waktu awal-awal saya gak mengalami gangguan apapun. Tapi saya terus saja coba menyelesaikan puasa saya, dan sampai sekarang mungkin bisa dihitung yang batalnya. Yang saya takutkan itu, apakah kondisi yang saya alami ini bisa mengganggu kehamilan atau tidak ? Bagaimana solusinya bu bidan ? Terimakasih

  • Oleh : Ratna Fitria Febriani
  • Keputihan

  • Oleh : indah nian lestari
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya , saya slalu keputihan setiap hari , sebenernya yang keluar dr vagina itu keputihannya warna putih pekat tp kelamaan dicelana dalam berubah jd warna kuning tp entah lah sebenernya warna apa saya juga bingung . Dan kemaren vagina sayaa terasa gatal sekali dan akhirnya saya berobat kepuskesmas terdekat dan saya dikasih obat metronidazol dan chlorphenamine maleate . Saya merasa sudah baikan setelah minum obat itu sekali dan karena merasa sudah sembuh saya tidak melanjutkan meminum obat tersebut . Dan hari ini gatal nya kambuh lagi . Sebenernya saya tuh sakit apa ya dok ? Apakah saya terkena kanker servik?

    Tanya Bidan