×

Perut Menghitam Setelah Melahirkan? Jangan Putus Asa, Ini Tipsnya

Bagikan Artikel :

perut menghitam

Setelah melahirkan, hamper semua wanita tentu ingin cepat mengembalikan tubuh ke sebelum hamil. Selain mengencangkan perut, salah satu masalah yang ingin diatasi adalah kulit perut menghitam setelah melahirkan. Perut menghitam normal terjadi setelah melahirkan karena otot-otot perut merenggang selama kehamilan untuk menjadi tempat bertumbuhnya janin.

Kulit hitam di perut biasanya terlihat seperti membelah perut menjadi dua. Hal ini biasa disebut linea nigra. Kulit ini perlu perawatan khusus untuk menghilangkannya. Anda bisa mencoba mengusap area perut dengan baby oil secara teratur. Gunakan kapas yang telah diberikan baby oil secara teratur untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara-cara Mengatasi Perut Yang Menghitam

1, Mandi rutin dan lakukan pemijatan

Saat mandi, Anda juga bisa memijat halus bagian perut untuk membantu pengelupasan kulit. Memijat juga bisa melancarkan aliran darah sehingga kulit cepat mengganti dengan sel-sel baru. Pijat dengan bantuan krim kulit juga bisa digunakan dengan kandungan vitamin K, A dan E. Pelembab yang mengandung glicolic acid juga bisa digunakan untuk membantu memperbaiki sel-sel kulit.

Air ternyata memainkan peran penting dalam mengembalikan bentuk perut dan kulit setelah melahirkan, apalagi sebagai ibu menyusui. Mama perlu banyak minum air yang cukup untuk melembabkan kulit dan menjaga kulit elastis. Air juga membantu membakar kalori tubuh. Makanan juga dapat membantu mengembalikan kulit. Protein jadi zat yag baik untuk membantu kulit memproduksi kolagen. Telur dan olahan kedelai jadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu mengembalikan otot-otot perut

2. Olah raga

Salah satu cara lain untuk mengembalikan warna kulit di perut adalah dengan mengembalikan bentuk perut. Olahraga bisa dilakukan untuk mengatasinya. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai olahraga. Cobalah melakukan olahraga yang ringan dan konsisten. Bermain dengan si kecil juga jadi cara sederhana untuk membakar kalori agar mengatasi kulit perut menghitam setelah melahirkan

3. Minyak keletik dan sabun mandi

Campurkan minyak keletik ataupun baby oil dengan sabun mandi lalu oleskan ke bagian perut yang menghitam. Tunggu beberapa saat agar sabun dan minyak goreng meresap lalu daki/kotoran akan “medok” gosok secara perlahan. Lalu daki akan menglupas ataupun rontok. Setelah itu tralala perut menjadi lebih bersih. Tapi jangan lupa mandi setelah melakukan cara ini. Anda tidak ingin kan digigit tikus saat tidur dengan minyak goreng.

4. Gula

Gula berbentuk butiran kecil yang sangat bagus untuk mengangkat sel kulit mati tanpa menyakiti kulit. Anda cukup mencampur 1-2 sdm gula pasir, 2 sdm minyak almond/zaitun/kelapa/dll, dan sedikit perasan lemon. Aduk rata, lalu gosokkan pada area perut sebelum mandi. Lakukan setiap hari untuk hasil maksimal.

Related Posts :

    5.Madu

    Madu, makanan enak dan sehat ini ternyata termasuk juga dalam cara memutihkan perut setelah melahirkan. Jika Anda mengalami masalah stretch marks yang parah sekali, madu dapat memperbaikinya dengan baik karena mengandung antiseptik yang tinggi. Moms membutuhkan kain yang tipis dan dapat menyerap dengan baik. Tuangkan madu secukupnya di atas kain tersebut. Setelah itu, tempelkan kain di area perut yang ada guratan putih atau hitamnya. Diamkan kain sampai madu mengering. Sesudahnya, angkat kain dan bilas perut Anda pakai air hangat.

    6. Lidah Buaya

    Lidah buaya merupakan bahan yang paling sering eksis di kancah kecantikan mulai dari ujung rambut hingga ujung kuku. Jika Anda punya banyak tanaman lidah buaya di rumah, yuk segera pakai untuk mencerahkan kulit perut. Selain dapat memutihkan, lidah buaya dapat menenangkan kulit yang merenggang saat hamil.

    Nah bagi Anda yang baru saja melahirkan, jangan langsung putus asa mendapatkan berbagai perubahan. Anda bisa melakukan tips ini untuk mengurangi keluhan yang Anda alami.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 6, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Anak terkena mimisan, panas dan mata merah

  • Oleh : Della Aprita
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Pagi dok. Saya seorang ibu yang memiliki anak berusia 7 bulan. Saat ini anak saya sering kali mengeluarkan darah dari bagian hidungnya yang disertai dengan panas dan juga mata merah. Terusterang saya sebagai orang tua merasakan khawatir dengan keadaan anak saya yang masih balita ini. Kalau boleh tau ini itu jenis gejala penyakit apa ya dok? Tolong berikan penjelasannya, terimakasih.

    Kanker payudara

  • Oleh : Dyah Melati
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum dok . Saya mau tnya ..
    Apakah beberapa benjolan kecil smprt kelereng di payudara trmsuk dikategorikan sbg tanda2 kanker payudara? Benjolanya ada beberapa di kanan kiri

    Benjolan di vagina

  • Oleh : Teresha Vio
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan kok di vagina saya itu kok ada benjolan ya, itu kenapa ya Bu bidan?

    Alergi Dingin

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok selama ini saya sering kali merasakan masalah dibagian hidung seperti hidung yang terasa perih sehingga membuat saya kesulitan untuk bernafas dimana hal ini sering juga disertai dengan adanya rasa sakit pada bagian kepala. Biasanya saya merasakan hal ini dimana saat musim dingin dok. Dulu saya sempat tinggal di daerah perkampungan yang udaranya sangat dingin sehingga tiap malam dan pagi hari saya sering merasakan masalah pada bagian hidung serta bersin bersin. Saya mau tanya, kira kira ini salah satu gejala penyakit apa ya dok? Terus berbahaya gak ya bagi kesehatan saya?

    hamil tapi masih perawan

  • Oleh : NIATMAWATI MENDROFA
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

    Tanya Bidan