×

Ternyata Ini Lho Menurut Para Ahli Menggunakan Bengkung Pasca Melahirkan!

Bagikan Artikel :

Ternyata Ini Lho Menurut Para Ahli Menggunakan Bengkung Pasca Melahirkan!

Bengkung yang digunakan pasca melahirkan dipercaya turun temurun dapat mengembalikan perut ke sebelum melahirkan. Bengkung umumnya terbuat dari kain panjang dengan ukuran yang beragam. Cara memasangnya, dililit dari mulai bawah payudara hingga paha. Kadang membutuhkan bantuan orang lain saat memakainya agar bisa melilit kencang. Nah bengkung ini biasa digunakan bagi ibu pasca melahirkan normal.

Bolehkah Ibu Pasca SC Menggunakan Bengkung?

Ibu yang bersalin lewat sesar boleh juga menggunakan bengkung, tapi sebaiknya memasang bengkung dimulai dari bagian bawah luka operasi setinggi panggul sampai sedikit di atas pusar. Jangan terlalu tinggi, karena di situ ada lambung dan paru-paru. Selain itu jangan dililit terlalu kencang juga.

Kapan Bengkung Digunakan?

Ibu yang melahirkan dengan proses normal, bisa memakai bengkung 2 hari pasca melahirkan, dengan catatan tidak ada keluhan jahitan di area kewanitaan. Namun, jika Anda melahirkan melalui operasi sesar, bengkung baru boleh digunakan setelah lepas plester. Tapi sebelumnya harus dilihat, apakah jahitan operasi sudah kering. Bengkung biasanya digunakan selama 3 bulan. Namun karena kesibukan, banyak ibu yang memakainya 40 hari. Namun perlu diingat, bahwa kulit perlu bernapas, jadi sebaiknya saat mau tidur, bengkung dibuka saja.

Kelebihan Menggunakan Bengkung

  1. Membuang angin dalam rongga perut sehingga membuat perut terasa nyaman
  2. Membuat ibu merasa lebih bebas bergerak
  3. Membuat percaya diri, karena mebuat perut terlihat tidak bergelambir
  4. Menghangatkan tubuh
  5. Membantu menyokong tulang belakang
  6. Mengurangi rasa sakit dipinggang dan punggung

Kekurangan Menggunakan Bengkung

  1. Ibu yang memakainya akan mengalami kesulitan saat duduk, berjalan, atau menyusui.
  2. Ibu juga akan mengalami sulit bernapas, terutama di awal pemakaian karena belum terbiasa.
  3. Bagi yang berkulit sensitif, penutupan area kulit dengan ketat dengan bengkung dapat menyebabkan kulit sulit bernafas, memungkinkan timbulnya alergi, dermatitis, dan keluhan kulit lainnya.

Bagaimana Menurut Ilmu Kesehatan?

Menurut para ahli, terutama di bidang ginekologi, penggunaan bengkung dikembalikan kepada ibu. Jika ibu merasa nyaman dan percaya bengkung bisa mengencangkan perut, silakan gunakan. Namun sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Terlebih jika proses melahirkannya melalui operasi sesar. Jika Anda memilih tidak menggunakan bengkung, maka Anda bisa mendapatkan kembali bentuk perut yang kencang dengan rutin bergerak dan berolahraga, berapa bulan pasca-melahirkan.
Setelah itu, dengan alami perut Anda akan kembali seperti semula. Apalagi jika dalam masa kehamilan tidak muncul strechmarks di area perut. Sebab, jika muncul strechmarks, itu pertanda kulit perut sudah tidak elastis. Jika itu yang terjadi, satu-satunya jalan untuk memperbaiki bentuk perut Anda adalah dengan rajin berolahraga dan bersabar hingga berat badan kembali seperti semula. Setelah itu pilih berolahraga dengan fokus melakukan pengencangan pada otot-otot perut.

Hal Yang Perlu Diingat

Bengkung bukan alat pelangsing. Bengkung mungkin akan membuat badan ibu tampak dan terasa langsing namun pada dasarnya , langsing dan pulih kembali setelah melairkan sangat ditentukan banyak faktor, seperti asupan gizi seimbang, olahraga dan menyusui serta hal yang utama adalah istirahat cukup.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 29, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masalah haid

  • Oleh : Yunita Oktaviani
  • 2 tahun yang lalu

    Bu bidan saya sudah menikah 1 tahun.
    Tp saya tdk haid sdh sekitar 11 bulan tp saya blm jg hamil. Sdh usg kata nya tdk ada miom atau kista. Masalah nya apa ya?

  • Oleh : Yunita Oktaviani
  • Bercak Hitam Saat Menstrulasi

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 6 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya. Biasanya kan tanggal sekarang ini saya jadwalnya menstrulasi, namun 2 hari belakang ini saya melihat di celana dalam saya ada bercak hitam sering sekali membuat gatal bagian miss V saya, mau tau dong apa sih penyebabnya itu?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • Tentang hubungan seksual

  • Oleh : Teguh Roy
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Saya hubungan seksual 5 kali dengan pacar saya tanpa menggunakan kondom tpi sperma nya keluar di luar itu dapat hamil apa tidak

    Puting susu pria

  • Oleh : Terima Harapan Zai
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Cara mengatasi puting susu pria yang menonjol

    Ejakulasi dini

  • Oleh : Hendra Pratama
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Halo dokter, saya mau bertanya, kenapa ya setiap kali saya berhubungan intim dengan istri, baru pemanasan saja rasanya penis mau mengeluarkan air mani, dan ketika penis penetrasi ke vagina istri, terkadang tidak sampai satu menit, sudah ejakulasi/keluar air mani, pertanyaannya apakah ini dikatakan ejakulasi yg cukup parah atau normal, dok, dan bolehkah berhubungan intim yg kedua kali dalam satu malam, karena yg kedua kalinya itu agak lama mencapai ejakulasinya, walaupun penis agak pegel?

    Tanya Bidan