Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Pada Trimester 1

Tanya bidan – Pada masa kehamilan, bunda diharuskan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi yang baik untuk ibu maupun janin. Karena, gizi dan nutrisi merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan. Apabila, ibu hamil kekurangan gizi dan nutrisi maka tidak menutup kemungkinan janin yang dikandungnya tidak sehat dan juga menyebabkan timbulnya berbagai komplikasi. Maka dari itu, sebaiknya bunda mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi selama kehamilan, apalagi pada trimester pertama.

Berdasarkan para ahli medis mengungkapkan bahwa, nutrisi merupakan zat energi yang dibutuhkan dalam mempertahankan kesehatan, menjaga pertumbuhan dan juga membuat organ bisa menjalankan tugasnya secara formal. Lalu nutrisi apa saja yang dibutuhkan ibu hamil pada trimester 1? Ini dia ulasan mengenai nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil pada trimesteri 1.

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Pada Trimester 1

Kalsium dan zat besi
Anda bisa mendapatkan kedua nutrisi diatas dengan mengonsumsi bayam. Dengan mengonsumsi bayam, maka Anda dapat mendorong produksi darah lebih banyak sehingga dapat meningkatkan volume darah yang disalurkan ke rahim. Dengan mengonsumsi bayam, tubuh Anda pun akan terhindar dari kekurangan darah.

Selain itu, brokoli juga bagus untuk ibu hamil usia 2 bulan. Karena dapat mencukupi kebutuhan zat besi, asam folat, kalsium dan juga vitamin C sebagai antioksidan. Sehingga, kedua jenis sayuran ini sangat baik dikonsumsi saat hamil trimester 1.

Protein, vitamin dan serat
Salah satu sumber ketiga nutrisi tersebut yaitu Yoghurt. Kandungan vitamin D pada yoghurt bagus untuk menguatkan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, kandungan seratnya pun mampu mengatasi masalah pencernaan seperti susah buang air besar yang sering dialami pada masa kehamilan.

Selain itu, telur juga memberikan nutrisi berupa kalsium dan vitamin serta protein yang tentunya dibutuhkan oleh ibu hamil. Maka dari itu, telur juga bisa bunda konsumsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi kandungan Anda.

Protein, omega 3 dan vitamin E

Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi kacang almond. Ketiga nutrisi ini sangat penting untuk memenuhi nutrisi kehamilan di trimester pertama seperti untuk meningkatkan perkembangan otak janin, dll.

Asam Folat, kalsium dan vitamin D

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi sayuran asparagus. Dalam 5 asparagus mengandung 100 mikrogram asam folat yang penting bagi ibu hamil di masa awal kehamilan. Maka dari itu, sayuran ini sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Omega 3
Tentunya nutrisi ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon. Jenis ikan ini terbukti kaya akan omega 3 yang penting untuk perkembangan otak janin dan bagus untuk menutrisi ibu hamil pada trimester pertama.

Vitamin C
Vitamin C ini biasanya banyak terkandung pada buah-buahan seperti jeruk yang juga berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Buah berwarna kuning ini, tidak hanya kaya akan vitamin C tapi juga kaya akan asam folatnya yang berfungsi untuk mencegah bayi lahir cacat.

Itulah nutrisi-nutrisi penting yang harus dipenuhi selama masa kehamilan untuk menghindari beberapa hal yang bisa membahaya kondisi ibu dan janin. Penting sekali untuk ibu hamil memenuhi asupan nutrisi diatas selama kehamilan trimester 1. Semoga kehamilan Anda selalu diberikan kesehatan. Aamiin

Citra Dewi Amd.Keb - June 20, 2016
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI
apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan?
bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan apa di perbolehkan/ tidak karena faktor berat badan janin tersebut

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Dessi Yudha Arisandy

Assalamualikum bu bidan, nama saya Filza Syafira. Saya mau bertanya kira – kira biaya untuk cek kesuburan suami istri butuh berapa ya ? Rincian pemeriksaannya seperti apa aja bu ? Terima kasih, mohon dijawab.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Tika

Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

pertanyaan nya:
kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

Terima Kasih.

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Claudia harapankita

Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

Dijawab Oleh : Claudia harapankita