Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Pada Trimester 1

Tanya bidan – Pada masa kehamilan, bunda diharuskan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi yang baik untuk ibu maupun janin. Karena, gizi dan nutrisi merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan. Apabila, ibu hamil kekurangan gizi dan nutrisi maka tidak menutup kemungkinan janin yang dikandungnya tidak sehat dan juga menyebabkan timbulnya berbagai komplikasi. Maka dari itu, sebaiknya bunda mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi selama kehamilan, apalagi pada trimester pertama.

Berdasarkan para ahli medis mengungkapkan bahwa, nutrisi merupakan zat energi yang dibutuhkan dalam mempertahankan kesehatan, menjaga pertumbuhan dan juga membuat organ bisa menjalankan tugasnya secara formal. Lalu nutrisi apa saja yang dibutuhkan ibu hamil pada trimester 1? Ini dia ulasan mengenai nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil pada trimesteri 1.

Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Pada Trimester 1

Kalsium dan zat besi
Anda bisa mendapatkan kedua nutrisi diatas dengan mengonsumsi bayam. Dengan mengonsumsi bayam, maka Anda dapat mendorong produksi darah lebih banyak sehingga dapat meningkatkan volume darah yang disalurkan ke rahim. Dengan mengonsumsi bayam, tubuh Anda pun akan terhindar dari kekurangan darah.

Selain itu, brokoli juga bagus untuk ibu hamil usia 2 bulan. Karena dapat mencukupi kebutuhan zat besi, asam folat, kalsium dan juga vitamin C sebagai antioksidan. Sehingga, kedua jenis sayuran ini sangat baik dikonsumsi saat hamil trimester 1.

Protein, vitamin dan serat
Salah satu sumber ketiga nutrisi tersebut yaitu Yoghurt. Kandungan vitamin D pada yoghurt bagus untuk menguatkan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, kandungan seratnya pun mampu mengatasi masalah pencernaan seperti susah buang air besar yang sering dialami pada masa kehamilan.

Selain itu, telur juga memberikan nutrisi berupa kalsium dan vitamin serta protein yang tentunya dibutuhkan oleh ibu hamil. Maka dari itu, telur juga bisa bunda konsumsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi kandungan Anda.

Protein, omega 3 dan vitamin E

Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi kacang almond. Ketiga nutrisi ini sangat penting untuk memenuhi nutrisi kehamilan di trimester pertama seperti untuk meningkatkan perkembangan otak janin, dll.

Asam Folat, kalsium dan vitamin D

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi sayuran asparagus. Dalam 5 asparagus mengandung 100 mikrogram asam folat yang penting bagi ibu hamil di masa awal kehamilan. Maka dari itu, sayuran ini sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Omega 3
Tentunya nutrisi ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon. Jenis ikan ini terbukti kaya akan omega 3 yang penting untuk perkembangan otak janin dan bagus untuk menutrisi ibu hamil pada trimester pertama.

Vitamin C
Vitamin C ini biasanya banyak terkandung pada buah-buahan seperti jeruk yang juga berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Buah berwarna kuning ini, tidak hanya kaya akan vitamin C tapi juga kaya akan asam folatnya yang berfungsi untuk mencegah bayi lahir cacat.

Itulah nutrisi-nutrisi penting yang harus dipenuhi selama masa kehamilan untuk menghindari beberapa hal yang bisa membahaya kondisi ibu dan janin. Penting sekali untuk ibu hamil memenuhi asupan nutrisi diatas selama kehamilan trimester 1. Semoga kehamilan Anda selalu diberikan kesehatan. Aamiin

Citra Dewi Amd.Keb - June 20, 2016
Diskusi Dari:
Santana jaya

Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

Dijawab Oleh : Santana jaya
Diskusi Dari:
Salma Syarifah Latipah

Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah
Diskusi Dari:
Anonymous

Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Alfiyah

Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melahirkan di bidan dan syarat yang diperlukan apa saja untuk tahun 2017?

Dijawab Oleh :