Omega-3 Tingkatkan Keterampilan Membaca Pada anak

Hallo, terimakasih sudah menjadi pembaca setia Website Curhat Bidan. Pada kali ini kami akan membahas mengenai tambahan Omega-3 tingkatkan keterampilan membaca pada anak. Tapi sebelum itu, kita akan membahas sedikit terlebih dahulu mengenai omega-3 itu sendiri.

Apa Itu Omega-3?

Omega-3 merupakan asam lemak yang ditemukan dalam minyak ikan dan banyak lagi sumber tanaman seperti biji rami. Tubuh Anda tidak dapat memproduksi omega-3 dengan sendiri, jadi sangat penting untuk mendapatkan mereka dari sumber / makanan lain. Anda mungkin akrab dengan kisah oenga-3 dari orang Eskimo. Mereka banyak makan ikan, dan dibarengi dengan minyak ikan yang lebih banyak, seperti mungkin kita dalam menggunakan garam dan merica. Dan faktanya mereka tidak banyak menderita penyakit kronis yang sangat lazim di sebagian besar masyarakat di Seluruh Dunia. Biasanya omega-3 bersumber dari hewan seperti minyak ikan yang dipecah menjadi dua komponen DHA dan EPA. DHA yang diyakini mendukung fungsi otak dan EPA yang diyakini mendukung fungsi sendi.

Omega-3 Tingkatkan Keterampilan Membaca Pada anak

Menurut sebuah penelitian omega-3 yang biasa ditemukan dalam minyak ikan, makanan laut, beberapa ganggang, dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak sekolahan.

Khususnya, pada anak-anak yang mempunyai perhatian lebih, tambahan suplemen omega-3 dapat membantu mereka dalam membaca.

“Studi kami menunjukan bahwa anak-anak bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari suplemen dengan formula khusus,” kata Mats Johnson dari Sahlgrenska Academy, University of Gothenburg, Swedia.

Penelitian ini melibatkan 154 anak sekolah dari Swedia dan semuanya berasal dari kelas tiga, atau sekitar usia Sembilan atau sepuluh tahun.

Nak-anak mengambil tes berbasis computer yang difokuskan untuk mengukur kemampuan membaca mereka dalam berbagai cara, termasuk kecepatan membaca, kemampuan membaca kata-kata omong kosong dan kosa kata.

Anak-anak tersebut secara acak ditugaskan untuk mengkonsumsi teratur suplemen oemga-3 dan oemga-6 dengan anak anak yang mengkonsumsi kapsul yang identik berisi plasebo (minyak sawit) selama tiga bulan.

Anak-anak, orang tua dan para peneliti tidak belajar sampai penelitian pada anak-anak tersebut selesai.

“Bahkan setelah tiga bulan, kita bisa melihat bahwa kemampuan membaca pada anak-anak yang mengkonsumsi omega-3 meningkat pesat dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi placebo.”

“Hal ini terutama terlihat dalam kemampuan membaca kata omong kosong keras dan mengucapkannya dengan benar (phonologic decoding), dan kemampuan untuk membaca serangkaian huruf cepat (waktu analisis visual), “kata Johnson.

Tidak ada anak-anak yang didiagnosis dengan ADHD (attention-deficit / hyperactivity) dilibatkan dalam penelitian, tetapi dengan bantuan dari orang tua anak-anak, para peneliti bisa mengidentifikasi anak-anak yang memiliki masalah perhatian lebih ringan.

Temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Psikologi dan Psikiatri Anak menunjukkan bahwa anak-anak ini dengan masalah perhatian ringan mencapai perbaikan yang lebih besar dalam beberapa tes, termasuk membaca cepat sudah setelah tiga bulan menerima suplemen asam lemak.

Lemak tak jenuh ganda dan peran mereka dalam belajar dan perilaku anak-anak merupakan area penelitian yang berkembang.

“Diet modern kita mengandung relatif sedikit omega-3, yang diyakini memiliki efek negatif pada anak-anak kita ketika datang ke belajar, padahal sebaliknya, omega-3 dapat membuat melek huruf dan kemampuan lebih dalam membaca,” kata Johnson.

“Membran sel di otak yang sebagian besar terdiri dari lemak tak jenuh ganda, dan ada penelitian yang menunjukkan bahwa asam lemak yang penting untuk transmisi sinyal antara sel-sel saraf dan regulasi sinyal sistem di otak,” kata Johnson.

**Bonus

1. Berikut makanan yang mengandung oemga-3 dan baik dikonsumsi anak-anak :

Ikan tuna, Ikan sarden, ikan salmon, ikan air tawar,  telur ayam dan bebek, kacang-kacangan (kacang hijau, kacang merah, kacang almond), sayur bayam, kangkung, brokoli, kembang kol, selada susu kambing, susu sapi, daging sapi,  hewan laut (udang, kerang, kepiting).

2. Berikut buah-buahan yang kaya akan omega-3 :

Jambu biji, blewah, kismis, ceri, mangga, alpukat, pepaya, kiwi, blueberry, blackberry, strawberry.

Terimakasih sudah berkunjung 🙂

Baca juga : Gejala Dan Pengobatan Penyakit Autoimun Pada Anak

Citra Dewi Amd.Keb - February 6, 2017
Diskusi Dari:
Pipit Winartii

Selamat Siang Dok,

Istri saya seblumnya mempunyai siklus menstrusai 28 hari
namun ini sudah lewat dari 28 hari apakah istri saya hamil

salam,

Dijawab Oleh : Pipit Winartii
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya destian saya saat ini mempunyai bayi yang berumur 1 bulan setengah, katanya sinar matahari memiliki manfaat yang baik ya bagi bayi. Namun ada juga yang mengatakan saat bayi di jemur jangan langsung terkena sinar matahari. Yang sanya mau tanyakan bagaimana cara menjemur bayi yang benar ya mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Indri Ekawaty

Salamualikum
Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

Dijawab Oleh : Indri Ekawaty
Diskusi Dari:
uye (wanita)

Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
uye (wanita)

selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya, saya baru saja menikah bulan maret kemarin. Dan setelah menikah hingga sekarang saya hanya mengalami satu kali datang bulan yaitu pada tanggal 15 april lalu. kemudian saya mencoba tes menggunakan tespack. Namun hasilnya negatif. Saya dan suami masih penasaran. Hingga seminggu kemudian kamipun tes ulang menggunakan tespeck, namun hasilnya masih negatif. apa yang terjadi pada saya bu bidan? apa saya hamil? tetapi mengapa hasil di tespeck negetif? mohon jawabannya bu bidan..

Dijawab Oleh : uye (wanita)