×

Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar, Hindari Pantangan Ini Ya!

Bagikan Artikel :

Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar, Hindari Pantangan Ini Ya!

Pasca operasi Caesar memang harus sabar sama masa pemulihanya. Nah, agar pemulihan lebih cepat tentu Anda harus menghindari beberapa pantangannya dong. Sudah tahu belum apa saja pantanganya? Oke kali ini Bidan Citra bakalan share mengenai pantangan bagi ibu pasca operasi Caesar.

  1. Makanan dan minuman mengandung zat berbahaya
    Setelah menjalani operasi caesar dan memasuki masa menyusui, Anda sebaiknya lebih memerhatikan pola hidup sehari-hari agar tidak mudah sakit. Sebab di waktu ini konsumsi obat sebaiknya dihindari.
    Jadi, perhatikan komposisi dan kandungan makanan serta minuman yang dikonsumsi. Hindari dulu jenis makanan dan minuman yang bisa memicu penyakit seperti batuk atau pilek.
    Misalnya seperti makanan dan minuman dingin dengan pemanis buatan, pewarna buatan hingga pengawet. Lebih baik ganti dengan jenis camilan yang alami seperti buah-buahan,
  2. Melakukan aktivitas fisik yang berat.
    Tentu, Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang berat, seperti senam aerobik, bersepeda, dan mengangkat benda berat dan lain-lain. Tapi, bukan berarti Anda boleh duduk atau berdiam seharian di rumah. Anda bisa melakukan aktivitas fisik yang membuat tubuh Anda tetap bergerak seperti jalan kaki.
  3. Berhubungan seksual dengan pasangan.
    Para ahli menganjurkan untuk tidak melakukan hubungan seks dalam waktu 6 minggu setelah operasi. Ketika itu, rahim telah pulih kembali dan biasanya perdarahan sudah berhenti sepenuhnya. Selain itu, perubahan hormon yang terjadi setelah operasi caesar akan membuat Anda kurang bergairah. Maka dari itu, tubuh Anda butuh waktu untuk mengembalikannya menjadi normal.
  4. Kurang istirahat
    Meski memang sulit untuk mengatur waktu tidur karena Anda harus merawat bayi Anda yang baru lahir dan memberikannya ASI eksklusif, namun Anda harus pinta-pintar mencari waktu luang untuk beristirahat sendiri.
  5. Membasahi luka bekas operasi.
    Biasanya, jahitan operasi caesar akan dicabut 2-3 miggu kemudian. Hal ini membuat Anda harus menjaga agar jahitan tetap kering, sehingga pemulihan luka akan cepat terjadi.
  6. Diet ketat
    Sebenarnya, tak ada makanan atau minuman yang benar-benar harus Anda hindari. Tetap melakukan diet yang sehat sudah cukup membantu proses pemulihan. Hindari melakukan diet ketat setelah operasi caesar. Meskipun Anda menginginkan berat badan Anda kembali normal, tetapi menjalani diet ketat tidak hanya membuat proses pemulihan semakin lama, tetapi juga memengaruhi kualitas ASI Anda.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 2, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Fitriani Ani
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum ,,nama saya fitriani usia 24 thn suami 25 thn ,saya menikah sudah 11 bulan tapi blm juga hamil ,semenjak saya nukah haid saya tidak teratur sampe 3 bln sekali haid nya ,,saya pingin sekali punya momongan kmrin saya cek ke dokter kandungan hasil nya rahim saya kecil 😢 apa saya bisa hamil bu bidan mohon untuk penjelasan nya
    Trimakasih
    Wassalamualikum

    Tentang siklus haid

  • Oleh : Yolan Prastika
  • 2 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya mau menanyakan setiap kali saya haid siklus haid saya suka tidak teratur kadang lebih dari 35 hari, kadang kalo sudah lebih dari 35 hari saya sering mengompres bagian perut bawah saya menggunakan air hangat apa itu membahayakan atau tidak ya dok? Saya mohon solusinya

  • Oleh : Yolan Prastika
  • Olahraga yang tepat dan aman dilakukan oleh ibu hamil

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • IUD yang Masih Terpasang Saat Hamil, Bahayakah ?

  • Oleh : Jenni
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

    Terimakasih

    Menambah berat badan bayi dalam kandungan dengan posisi bayi yang sungsang

  • Oleh : tylermcphillamy
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

    Tanya Bidan