×

BAB Berdarah Setelah Operasi Caesar, Bahayakah?

Bagikan Artikel :

BAB Berdarah Setelah Operasi Caesar, Bahayakah?

BAB berdarah tidak selalu disebabkan karena wasir, bisa saja disebabkan karena BAB keras. Karena BAB keras maka bisa melukai anus sehingga keluar darah dan nyeri saat BAB.

Mengapa BAB keras dan sulit setelah operasi Caesar? Terjadinya sulit BAB setelah operasi caesar pada umumnya merupakan hal yang wajar. Sulit BAB bisa saja disebabkan efek dari obat bius sebelumnya atau obat yang saat ini sedang Anda konsumsi seperti zat besi, dehidrasi, otot-otot panggul yang melemah, kurangnya mobilisasi juga dapat mempengaruhi sulit BAB.

Setelah pemberian obat merangsang BAB atau obat pencahar memang BAB akan lebih mudah keluar dan tidak perlu mengejan. Penggunaan obat pencahar bisa diminum apabila memang diperlukan, tidak perlu dikonsumsi setiap hari. BAB masih dikatakan normal apabila masih keluar 3 kali dalam seminggu.

Related Posts :

    Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

    • Bergerak
    Anda disarankan banyak bergerak untuk mengatasi susah buang air besar setelah melahirkan, karena banyak duduk atau berbaring dalam waktu lama dapat membuat risiko konstipasi lebih tinggi.
    • Konsumsi makanan berserat tinggi
    Selain itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti gandum atau biji-bijian utuh, beras merah, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran setiap hari. Jus apel dan anggur dapat meringankan sembelit, karena kedua buah ini kaya akan kandungan sorbitol, yakni pencahar alami yang dapat mengatasi susah buang air besar.
    • Minum air hangat
    Minum air hangat juga dapat mengatasi masalah sembelit. Anda bisa mencampurkan air hangat dengan perasan lemon, teh herbal, atau teh chamomile. Perbanyak minum air dapat membuat kotoran Anda menjadi lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan.
    • Hindari stres
    Istirahat dan melakukan relaksasi setelah melahirkan adalah hal yang penting dilakukan. Stres dan rasa cemas dapat menyebabkan lebih sulit untuk BAB.

    Sudah Melakukan Tips Di Atas Tapi Tetap Berdarah

    Apabila setelah melakuakan cara di atas namun BAB tetap keras dan berdarah atau berdarah terus menerus walaupun tidak BAB segera konsultasikan kembali kepada dokter kandungan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 8, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Nyeri Bagian Perut

  • Oleh : Lia Rachma
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Saya wanita beru,ur 21 Tahun, mau bertanya kenapa ya kalau saya telat makan atau makan pedas perut saya sering panas dan juga keras dibagian perut sebelah kanan dan juga pusar. Apakah ini merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang berbahaya?

    Keputihan

  • Oleh : Habibah Aini
  • 1 tahun yang lalu

    Bu Bidan, saya Habibah. Saya umur 21th.
    Saya sudah meninkah selama 7 bulan.. Tapi belum di kasih momongan. Nah, saya keputihan sudah lama, sejak waktu sekolah dulu. Keputihan saya setiap hari Bu Bidan, dan saya juga pernah usg rahim. Hasilnya baik baik saja tidak ada kista. Alhamdulillah sehat. Tapi kok saya keputihan terus gimana ya Bu solusinya.. Tapi seandainya saya habis kencing lalu saya lap sampai kering keputihan tidak pernah keluar, kalau keluar pun pasti cuma sedikit, namun seandainya saya pakai celana ketat atau habis kencing tidak saya lap sampai kering pasti keluar keputihan lumayan sihhh Bu. Mohon respons nya. Terimakasih

  • Oleh : Habibah Aini
  • Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Kehamilan

  • Oleh : Atih Susanti
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dokter saya sedang hamil muda, cuma ga pasti berapa usia kandungannya, saya belum sempet periksa ke bidan, di tespeck aku positive dok, nah selama itu aku ngerasa linu di pinggang sampai panggul, bahaya ga ya dok ?

    Tentang kehamilan

  • Oleh : Vianney Valista
  • 3 tahun yang lalu

    Selamat malam bu bidan..mohon pencerahannya ya.
    Saya baru saja menikah,pengetahuan saya tetang hubungan intim dan kehamilan msh sangat minim sekali.
    Saya dan suami ingin menunda kehamilan krn ada bbrp alasan perkerjaan.
    Tadi kami melakukan hubungan intim di H+2 setelah saya haid dan suami saya membuang diluar.itu tidak membuat saya hamil kan bu?mohon pencerahan dan penjelasannya?

    Tanya Bidan