×

BAB Berdarah Setelah Operasi Caesar, Bahayakah?

Bagikan Artikel :

BAB Berdarah Setelah Operasi Caesar, Bahayakah?

BAB berdarah tidak selalu disebabkan karena wasir, bisa saja disebabkan karena BAB keras. Karena BAB keras maka bisa melukai anus sehingga keluar darah dan nyeri saat BAB.

Related Posts :

    Mengapa BAB keras dan sulit setelah operasi Caesar? Terjadinya sulit BAB setelah operasi caesar pada umumnya merupakan hal yang wajar. Sulit BAB bisa saja disebabkan efek dari obat bius sebelumnya atau obat yang saat ini sedang Anda konsumsi seperti zat besi, dehidrasi, otot-otot panggul yang melemah, kurangnya mobilisasi juga dapat mempengaruhi sulit BAB.

    Setelah pemberian obat merangsang BAB atau obat pencahar memang BAB akan lebih mudah keluar dan tidak perlu mengejan. Penggunaan obat pencahar bisa diminum apabila memang diperlukan, tidak perlu dikonsumsi setiap hari. BAB masih dikatakan normal apabila masih keluar 3 kali dalam seminggu.

    Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

    • Bergerak
    Anda disarankan banyak bergerak untuk mengatasi susah buang air besar setelah melahirkan, karena banyak duduk atau berbaring dalam waktu lama dapat membuat risiko konstipasi lebih tinggi.
    • Konsumsi makanan berserat tinggi
    Selain itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti gandum atau biji-bijian utuh, beras merah, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran setiap hari. Jus apel dan anggur dapat meringankan sembelit, karena kedua buah ini kaya akan kandungan sorbitol, yakni pencahar alami yang dapat mengatasi susah buang air besar.
    • Minum air hangat
    Minum air hangat juga dapat mengatasi masalah sembelit. Anda bisa mencampurkan air hangat dengan perasan lemon, teh herbal, atau teh chamomile. Perbanyak minum air dapat membuat kotoran Anda menjadi lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan.
    • Hindari stres
    Istirahat dan melakukan relaksasi setelah melahirkan adalah hal yang penting dilakukan. Stres dan rasa cemas dapat menyebabkan lebih sulit untuk BAB.

    Sudah Melakukan Tips Di Atas Tapi Tetap Berdarah

    Apabila setelah melakuakan cara di atas namun BAB tetap keras dan berdarah atau berdarah terus menerus walaupun tidak BAB segera konsultasikan kembali kepada dokter kandungan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 8, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mister V

  • Oleh : Emilia
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Ibu bidan saya merasa aneh dengan mister V saya, terkadang di saat saya lagi kencing atau buang air besar mister V saya tengahnya tuh keluar seperti balon menonjor keluar dari mulut vagina saya. Tetapi si kulit yang kayak balon itu kadang mengecil juga atau gak ada sama sekali kadang ada lagi. Itu kenapa yaa?

    Keputihan selama kehamilan berbahayakah

  • Oleh : Vina
  • 4 tahun yang lalu

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

    Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 1 tahun yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    Amankah berhubungan intim saat hamil

  • Oleh : jasperdoolan1
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 27 tahun dan saat ini sedang hamil 6 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah aman berhubungan intim saat usia kehamilan 6 bulan? apakah ada efeknya sama janin? trims mohon jawabannya

    virus toksoplasma pada kehamilan

  • Oleh : debbyaprilyulia
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    apakah bahaya dari ibu hamil yang baru terdeteksi virus toksoplasma?

    Tanya Bidan