×

BAB Berdarah Setelah Operasi Caesar, Bahayakah?

Bagikan Artikel :

BAB Berdarah Setelah Operasi Caesar, Bahayakah?

BAB berdarah tidak selalu disebabkan karena wasir, bisa saja disebabkan karena BAB keras. Karena BAB keras maka bisa melukai anus sehingga keluar darah dan nyeri saat BAB.

Mengapa BAB keras dan sulit setelah operasi Caesar? Terjadinya sulit BAB setelah operasi caesar pada umumnya merupakan hal yang wajar. Sulit BAB bisa saja disebabkan efek dari obat bius sebelumnya atau obat yang saat ini sedang Anda konsumsi seperti zat besi, dehidrasi, otot-otot panggul yang melemah, kurangnya mobilisasi juga dapat mempengaruhi sulit BAB.

Related Posts :

    Setelah pemberian obat merangsang BAB atau obat pencahar memang BAB akan lebih mudah keluar dan tidak perlu mengejan. Penggunaan obat pencahar bisa diminum apabila memang diperlukan, tidak perlu dikonsumsi setiap hari. BAB masih dikatakan normal apabila masih keluar 3 kali dalam seminggu.

    Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

    • Bergerak
    Anda disarankan banyak bergerak untuk mengatasi susah buang air besar setelah melahirkan, karena banyak duduk atau berbaring dalam waktu lama dapat membuat risiko konstipasi lebih tinggi.
    • Konsumsi makanan berserat tinggi
    Selain itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti gandum atau biji-bijian utuh, beras merah, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran setiap hari. Jus apel dan anggur dapat meringankan sembelit, karena kedua buah ini kaya akan kandungan sorbitol, yakni pencahar alami yang dapat mengatasi susah buang air besar.
    • Minum air hangat
    Minum air hangat juga dapat mengatasi masalah sembelit. Anda bisa mencampurkan air hangat dengan perasan lemon, teh herbal, atau teh chamomile. Perbanyak minum air dapat membuat kotoran Anda menjadi lebih lunak dan lebih mudah dikeluarkan.
    • Hindari stres
    Istirahat dan melakukan relaksasi setelah melahirkan adalah hal yang penting dilakukan. Stres dan rasa cemas dapat menyebabkan lebih sulit untuk BAB.

    Sudah Melakukan Tips Di Atas Tapi Tetap Berdarah

    Apabila setelah melakuakan cara di atas namun BAB tetap keras dan berdarah atau berdarah terus menerus walaupun tidak BAB segera konsultasikan kembali kepada dokter kandungan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 8, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kapan ita melakukan tespek yg akurat?

  • Oleh : Nenih Nurjanah
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok selamat pagi ,saya ai nenih dok mau bertanya kapankah melakukan tespek agar hasil lebih akurat ?

    Sedikit cerita saya haid tnggl 29 desember nah pas masa subur setelah selesai haid saya rajin 2x sehari kadang 3xsehari melakukan HB ..
    Nah ini sudah satu minggu dan malam saya tiba tiba mual ntah saya masuk angin atau apa tpi tdi subuh saya iseng iseng tespeck tpi hasilnya agak samar banget garis kedua, dan d fto gak kelihatan bangt klw d fto hasilnya negatif tpi pas d terawang sma saya ada garis tipis bnggt yg satunya pekat.. apakah akurat klw ditespek seminggu setelah berhubungan atau ada baiknya nunggu sampe akhir bulan ? Gmna dok minta infonya trmkasih wasalam

    Fungsi dari air ketuban

  • Oleh : Mohammad ikhsan
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya suliani. saya masih awam tentang kehamilan tapi penasaran dengan ketuban. apa sih sebenarnya fungsi dari ketuban itu? terima kasih saya tunggu jawabannya bu

    Kelenjar Getah Bening

  • Oleh : Riri
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang dok, saya penderita masalah kesehatan kelenjar getah bening, apakah penyakit ini bisa mematikan?

    Cara Menjaga Kehamilan Tetap Sehat Bagi Wanita Karir

  • Oleh : Ocha Setiani
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan,
    Saya sedang mengandung dan usia kandungan saya menginjak trimester 2. Namun, saya masih sibuk bekerja disalah satu perusahaan. Apakah hal ini bisa mempengaruhi kehamilan saya? Lantas bagaimana cara saya menjaga kehamilan dan janin tetap sehat?

    Telat menstruasi

  • Oleh : Sulis Setyawati
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanya saya kn gk pernah telat menstruasi.tapi bulan ini saya gk menstruasi sama sekali..dan saya tes kok hasilnya garis satu

    Tanya Bidan