Orang Tua Wajib Tau! Inilah Tanda Stres Pada Anak

Ketika kita merasa stres, apa yang akan kita lakukan? mungkin hangout? jalan-jalan? atau pergi berbelanja? mengurung diri? ngomel-ngomel? atau hanya duduk di pojokan sambil menangis?. Lalu bagaimana jika anak-anak yang mengalami stres tersebut? Sebab tahukah anda, bahwa anak-anak usia dini juga bisa mengalami stres layaknya kita orang dewasa?

Tapi tentu saja kadar stres pada anak-anak berbeda dari stres yang terjadi pada orang dewasa. Tapi jika stres pada anak dibiarkan, atau tanpa disadari oleh orang tua, bukan tidak mungkin anak-anak akan mengalami gangguan kesehatan yang serius. Sudah tahukah bunda apa saja yang menjadi Tanda anak mengalami stres? Pada kali ini Bidan Online Akan memberikan informasi mengenai Tanda-tanda stres pada anak. Apa saja tandanya simak selengkapnya…

Tanda-Tanda Saat Anak Merasa Stres


1. Menangis
Biasanya orang tua langsung terpancing emosi jika anak mulai rewel dan menangis tanpa alasan yang jelas. Untuk hal ini, sebaiknya orang tua bicara dengan lembut dan tanyakan perasaan anak saat itu. Karena bisa jadi ada sesuatu yang membuat anak merasa tidak nyaman, tapi anak sulit mengungkapkannya.

2. Tidak Patuh
Jika saat bunda merasa kesal karena anak sering mengabaikan kata-kata bunda, atau anak pura-pura tidak mendengar, bisa jadi ini karena anak merasa sama kesalnya dengan anda. Stres pada anak bisa terjadi karena anak merasa jenuh dengan banyak aturan, larangan atau tuntutan dari orang dewasa atau lingkungan sekitarnya. Karena berpikir tidak ada yang mengerti perasaannya, jadi anak memilih untuk bersikap cuek dan semaunya sendiri, dengan harapan agar orang tua mau bersikap sedikit lunak padanya.

3. Mendadak hiperaktif
Kadang stres pada anak usia dini diekspresikan dengan cara yang disebut orang tua “nakal”. Anak kecil yang mengalami stres cenderung suka berteriak marah, sengaja menimbulkan keributan atau kekacauan, bersikap agresif, tapi sangat sensitif. Banyak stres yang dialami anak dengan sikap hiperaktif itu karena kurangnya perhatian dalam keluarga, lingkungan sekolah, atau kejenuhan pada suasana dan orang-orang disekitarnya. Jadi anak akan sengaja membuat gaduh atau bersikap lebih nakal karena berharap bisa lebih diperhatikan.

4. Murung
Ada juga anak-anak yang terlihat seperti tenang, tidak bertingkah, tapi sebenarnya sedang mengalami stres. Orang tua bisa mengenali tandanya dari ekspresi wajah yang sering murung, berkurang selera makan, atau tidur anak tidak nyenyak, bahkan beberapa anak juga bisa mengalami mimpi buruk. Kebiasaan dan sikap anak-anak yang sedang stres pada umumnya berubah-ubah. Mereka akan cenderung lebih bergantung pada orang tua dan tidak mau melakukan aktivitas dengan orang lain, bahkan teman sebayanya.

5. Sakit

Para orang tua pasti selalu berpikir bahwa anak-anak sakit kepala hanya karena kehujanan. Sama seperti orang dewasa pada umumnya, ketika anak merasa tertekan, anak juga bisa mengalami sakit kepala, sakit perut, atau merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya.

Nah bunda, itulah tanda-tanda anak mengalami stres. Setelah mengenal tanda-tanda stres pada anak usia dini, bunda bisa lebih memberikan perhatian lagi pada setiap perubahan sikap anak anda. Tidak ada gunanya sering memarahi anak. Karena akan lebih baik lagi jika bunda tetap berlaku lembut dan memberi rasa nyaman pada anak dengan selalu mengajak anak untuk berkomunikasi, bukan hanya memerintah, menggurui atau menasehati. Sehingga bunda akan lebih mengerti perasaan si kecil. Semoga Bermanfaat yah 🙂

Citra Dewi Amd.Keb - January 21, 2017
Diskusi Dari:
Alfiyah

Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Yuli Ani

Sore dok, adik saya usia 3 tahun sekarang ini sedang mengalami masalah pencernaan. Sering buang air besar, sudah diobati tapi belum juga sembuh. Kira – kira obat yang aman untuk mengobati diare pada anak usia 3 tahun apa dok ? Terima kasih dok sebelumnya.

Dijawab Oleh : Yuli Ani
Diskusi Dari:
Dwickadeck Doen

Saya mau tanya nih bu bidan seputar rambut bayi, anak saya berumur 1,5 tahun tapi pertumbuhan rambut nya kok sedikit sekali yah. Kira-kira penyeba nya apa saja yah ? saya lihat teman sebayanya rambutnya bagus semua bu bidan. saya khawatir sekali terlebih anak saya itu perempuan.

Dijawab Oleh : Dwickadeck Doen
Diskusi Dari:
Anonymous

Apa evidence base dari persiapan persalinan??

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Bunga Handayani

Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

Perlu Jawaban