Pahami Tanda Saat Menstruasi Dan Cara Mengatasinya

Menstruasi atau Haid tidak hanya menjadi siklus bulanan tubuh, tapi juga bisa mengindikasikan kesehatan tubuh anda. Langkah awal yang bisa dilakukan menurut spesialis kandungan dan kebidanan, Sara Twogood dengan mencari tau siklus haid yang normal menurut tubuh anda dan seperti apa ciri-cirinya.

Selain itu, anda juga bisa memperhatikan seberapa banyak pembalut yang anda butuhkan dan seberapa lama siklus menstruasi juga seberapa sering anda mengalami siklus tersebut. Pada kali ini situs Curhat Bidan akan membantu anda dalam Memahami Tanda Saat Menstruasi Dan Tindakan Yang Harus Dilakukan, seperti:



Saat Darah haid berwarna merah terang

Ketika darah haid yang anda alami berwarna merah terang, artinya siklus haid anda baru saja dimulai dan akan semakin banyak darah dalam beberapa hari kedepannya

Darah haid yang berwarna merah kecokelatan
Selanjutnya jika Darah berwarna merah kecokelatan berarti anda akan memasuki akhir siklus haid. Anda bisa menggunakan pembalut yang lebih ringan atau tipis.

Jika aliran darah menjadi sedikit
Penggunaan alat kontrasepsi hormonal bisa menjadi salah satu penyebab aliran darah yang menjadi sedikit. Tapi anda tidak usah khawatir jika penggunaan alat kontrasepsi ini yang menjadi penyebabnya, kecuali jika mengalami sakit kepala tanpa sebab atau mengalami perubahan mood, maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Jika anda sedang tidak menggunakan alat kontrasepsi hormonal tapi darah menstruasi tiba-tiba menjadi sedikit, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendeteksi gangguan kesehatan lain seperti ketidakseimbangan tiroid. Karena menurut beberapa ahli, aliran darah yang berkurang merupakan hal yang biasa pada mereka yang mengalami gangguan makan dan akan kembali normal setelah gangguan tersebut diobati.

Aliran darah yang menjadi banyak
Penggunaan alat kontrasepsi juga bisa menyebabkan aliran darah haid menjadi banyak. Selain itu, polip atau fibroid dan pertumbuhan sel yang tidak normal tapi jinak pada lapisan rahim juga bisa menjadi penyebab lain dari aliran darah yang menjadi banyak. Pada umumnya polip akan sembuh dengan sendirinya. Sedangkan untuk fibroid membutuhkan penanganan medis. Ketika berkonsultasi dengan dokter, jangan lupan untuk menjelaskan gejala yang dirasakan tersebut agar dilakukan pemeriksaan terkait anemia.

Muncul gumpalan darah

Anda tidak perlu khawatir selama gumpalan darah tersebut berukuran kecil. Tapi jika gumpalan darah cukup besar dan disertai dengan rasa kram, dianjurkan untuk segera berkonsultasi dan periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui apakah anda terserang polip atau fibroid. Penyebab yang lainnya bisa karena sindrom ovarium polikistik.

Muncul rasa kram yang berlebihan
Rasa kram yang berlebihan bisa disebabkan karena endometriosis (akibat jaringan yang seharusnya berada di dalam rahim, kini tumbuh diluar rahim) yang diikuti dengan aliran darah yang besar, rasa mual, dan sembelit. Dan anda tidak usah khawatir karena endometriosis ini bisa disembuhkan dengan berkonsultasi pada dokter.

Amenorrhoea

Amenorrhoea merupakan istilah medis dimana menstruasi terhenti sama sekali. Kondisi ini bisa terjadi dengan alami atau diakibatkan oleh penyakit dan konsumsi obat tertentu. Dan faktor alami lain yang bisa menyebabkan masalah ini termasuk kehamilan, menyusui, menopause, beberapa penyakit yang menyerang indung telur juga bisa mengakibatkan Amenorrhoea. Jika semua penyebabnya sudah diatasi, menstruasi bisa kembali normal.

Itulah mungkin hal-hal yang terjadi saat menstruasi yang seringkali membuat para wanita menjadi panik karena hal tersebut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat:)

Citra Dewi Amd.Keb - December 15, 2016
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI
apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan?
bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
Diskusi Dari:
Anonymous

Bagaimana mengatasi stres saat hamil

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
juwita

Siang Bu Bidan, saya mau tanya, pada bayi usia 7 bulan berapa kali frekuensi BAB yang normal ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan mengalami BAB yang tidak lancar. Apakah aman jika saya mengkonsumsi obat pencahar dan apakah akan ada efeknya bagi janin? trims mohon jawabannya bu bidan

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Iphunk Charger

Selamat sore bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 4 bulan ? apakah bisa dengan bedak tertentu atau diberikan bahan-bahan agar terlihat aman ? mohon jawabannya. Terimakasih

Perlu Jawaban