Panduan Menjaga Penis Tetap Sehat

Sebagian wanita mengungkapkan bahwa penis dalam keadaan ereksi, adalah simbol maskulinitas. Mengingat konteks historis itu, mungkin tidak mengherankan jika saat ini banyak orang sangat mementingkan ukuran penis mereka. maskulinitas hegemonik didefinisikan oleh atribut seperti kekuatan fisik, heteroseksualitas dengan otoritas atas perempuan dan laki-laki, tidak menunjukkan emosi (seperti penyesalan dan ketidakpastian yang mungkin menyarankan kerentanan), kemandirian ekonomi, dan kemampuan untuk menunjukkan penaklukan seksual.

Hal ini mungkin menyatakan bahwa pria dengan penis yang lebih besar, panjang, memiliki citra tubuh yang lebih baik dan memiliki kecenderungan seksual yang lebih besar serta dapat memberikan kepuasan yang lebih terhadap pasangannya. Kebanyakan wanita yang menyampaikan bahwa penis pasangan mereka yang kecil tidak puas dalam hubungan seksual. Pria juga menyampaikan lebih besar dari rata-rata penis dinilai penampilan mereka yang paling menguntungkan.

Memang, bagi sebagian orang, ukuran kelamin bukanlah sebuah masalah. Akan tetapi bagi sebagian yang lain, itu bisa menjadi masalah, apalagi jika memang alat vitalnya lebih kecil dari ukuran normal pada umumnya.

Metode Pembesaran Penis

Ada beberapa metode pembesaran penis yang menyediakan berbagai tingkat keberhasilan. Berikut adalah penjelasan singkat dari masing-masing metode tersebut

a) Metode fisik Untuk meningkatkan ukuran alat vital pria, pembesaran penis alami hanya menggunakan beberapa latihan setiap harinya. Sebagai jaringan perlahan mengembang, kapasitas darah keseluruhan penis juga mengalami perkembangan, dan hasil ini biasanya dicapai pembesaran permanen baik dalam panjang penis dan diameter. Salah satu metode fisik adalah menggunakan metode JILQ. Jilq adalah teknik-terapi fisik, dimaksudkan untuk mencapai “pembesaran penis alami” dengan meningkatkan tekanan darah dan sirkulasi. Hal ini dilakukan dengan berulang kali membelai penis dalam gerakan meremas dari dasar poros ke korona dari kepala penis perangkat juga telah dibuat untuk mencapai efek yang sama. gerak dapat digambarkan sebagai memerah.

b) Metode obat merupakan suatu cara yang digunakan oleh sebagaian pria untuk mempesar alat vitalnya dengan cara mengkonsumsi obat-obatan. Bentuk pil atau tablet obat pembesar penis mengandung berbagai prosexual yang memiliki dua efek utama. Pertama, mereka mengembangkan sirkulasi dan meningkatkan aliran darah ke penis dan kedua, mereka merangsang tubuh untuk memproduksi hormon seks ke tingkat yang lebih tinggi seperti testosterone.

c) Metode operasi. Menambah panjang dan diameter penis dengan operasi adalah dengan memberi sayatan pada daerah yang disebut suspensory ligament. Jaringan ini mengikat penis pada tulang pinggul. Sebenarnya setengah dari total panjang alat vital pria tertanam di dalam tubuh, yang kita lihat sehari-hari hanyalah separuh dari panjang keseluruhan penis, dan separuhnya lagi tertanam di dalam tubuh dan terikat jaringan suspensory ligament. Ligament ini bertugas agar penis tetap ditempatnya. Jika dipotong maka penis bagian dalam akan keluar dari tunuh sehingga terlihat bertambah panjang. Setelah proses operasi dilakukan, maka penis akan bertambah panjang sekitar 1–7 cm. Prosedur ini tidak dianjurkan untuk semua orang dan umumnya dilakukan hanya pada pria dengan penis saat ereksi kurang dari 7 cm.

Karakteristik fisik dari penis yang sehat

Sebuah penis yang sehat tidak hanya dapat dinilai pada seberapa baiknya performa seorang pria saat berhubungan seksual, tetapi dari seberapa baik fungsinya sehari-hari. Sensitivitas penis, ukuran, dan ereksi semua ini berhubungan dengan keseluruhan kesehatan tubuh pria dalam hal yang normal. Jika penis tidak bisa ereksi, misalnya, hal ini dapat mencerminkan masalah kesehatan yang mendasari, melampaui isu gairah dan seksual.

a) Warna

Pada umumnya, penis yang sehat memiliki warna yang sama dengan rona kulit tubuh seseorang. Namun, seorang pria dapat memiliki penis yang berwarna 1-2 tingkat lebih gelap, lebih cokelat, atau kemerahan bahkan lebih terang dari pada bagian tubuh lainnya. Beberapa pria memiliki bintik-bintik hitam pada penis mereka. Bagi sebagian pria, hal ini merupakan bagian normal dari kulit mereka. Namun, segera konsultasikan ke dokter jika timbul bercak atau noda yang baru muncul dan tidak kunjung menghilang. Walaupun tidak terlalu umum, namun bukan tidak mungkin untuk penis memar. Memar yang hilang dengan cepat, relatif tidak berbahaya. Namun, memar berwarna ungu atau biru gelap yang menyebar, terutama muncul setelah cedera, memerlukan perhatian medis segera karena dapat menandakan kerusakan jangka panjang pada ereksi.

b) Tekstur

Kebanyakan penis tidak mulus. Normal bagi pembuluh darah pada penis dapat terlihat dan bahkan sedikit timbul di permukaan, terutama jika terangsang. Banyak penis yang sehat juga memiliki folikel rambut pada batangnya, yang terasa seperti benjolan kecil. Selama ukuran benjolan tidak mengkhawatirkan dan memerah, atau teriritasi, benjolan ini mungkin merupakan bagian dari kulit alami Anda, seperti pearly penile papules (PPP) atau bintik Fordyce. Pearly penile papule (PPP) adalah kutil kecil, halus seperti mutiara di kepala penis yang umumnya hadir di usia dewasa muda. PPP sama sekali tidak berbahaya dan tidak menular; sekitar 25 % dari populasi laki-laki di dunia memilikinya. Bintik Fordyce adalah benjolan kecil berwarna merah terang atau senada dengan rona kulit Anda pada batang penis atau buah zakar. Benjolan ini timbul setidaknya pada 50 persen dari populasi pria. Bintik Fordyce merupakan kondisi alami dan tidak memerlukan kekhawatiran khusus, tidak berbahaya dan tidak menular. Namun demikian, benjolan yang besar dan teriritasi dapat memberikan sinyal untuk penyakit kelamin menular, seperti kutil penis bernanah. Anda harus temui dokter jika memiliki ini. Seorang pria juga mungkin untuk mendapatkan ruam kemerahan pada penisnya. Selain akibat penyakit kelamin, kulit penis dapat memerah teriritasi dari reaksi alergi sabun mandi, deterjen, atau dari terlalu banyak gesekan dari seks maupun masturbasi.

c) Ukuran

Ukuran penis bervariasi, begitu pula dengan ukuran buah zakar. Di Indonesia, rata-rata panjang ukuran penis pria dewasa saat ereksi 12-19 centimeter. Saat tidak ereksi, panjang penis pada umumnya berkisar 5-10 centimeter. Beberapa orang dapat memiliki tambahan beberapa centimeter yang signifikan saat ereksi, sementara yang lainnya hanya mendapat tambahan panjang 1-2 centimeter. Saat kedinginan atau berenang di air dingin (atau bahkan grogi), penis dapat mengerut ke dalam tubuh, tetapi akan memanjang kembali saat mendapat kehangatan. Semua ini normal. Hal ini diakibatkan setengah panjang dari penis yang sebenarnya berada di dalam tubuh seperti sebuah pohon besar dengan akar kokoh di dalam tanah. Anda tidak dapat melihat pangkal penis Anda tertanam dalam panggul dan menempel di tulang kemaluan Anda. Penis yang sedang ereksi, sebenarnya, memiliki bentuk seperti bumerang.

d) Bentuk

Beberapa penis dapat menggantung ke satu sisi atau lainnya. Beberapa penis juga dapat memiliki sedikit lekukan, bahkan saat ereksi. Kondisi ini termasuk umum dan tidak memerlukan kekhawatiran besar, terutama jika lekukan ini telah ada sejak bayi. Namun, jika penis Anda tiba-tiba bengkok akibat Peyronie’s disease, yang merupakan penumpukan plak jinak dan menimbulkan nyeri saat seks, hubungi dokter. Setiap kali Anda mengalami ereksi di pagi hari atau masturbasi, sebenarnya hal ini adalah cara tubuh untuk menjaga kebugaran bentuk penis. Otot penis harus tetap menerima oksigen melalui aliran darah yang dapat menyebabkannya membesar dan ereksi. Jika seorang pria tidak mengalami ereksi normal, jaringan penis dapat menjadi kurang elastis dan menyusut, yang dapat membuat penis 1-2 cm lebih pendek. Tapi tenang, jika Anda secara fisik masih bisa ereksi namun tidak mengalaminya dalam sehari, otak memiliki program pemeliharaan penis otomatis.

e) Kulit kulup

Beberapa pria di sunat (sirkumsisi) beberapa lainnya tidak dan masih memiliki kulit kulup utuh. Keduanya merupakan hal yang umum di kebudayaan Indonesia. Kulit kulup adalah lapisan kulit tipis yang menutupi kepala penis pada pria yang tidak disunat. Saat terangsang, kulit kulup akan menarik diri yang akan memperlihatkan kepala penis. Yang penting untuk diingat, selalu jaga kebersihan
kulit kulup. Minyak, keringat, kotoran, dan kulit mati dapat menumpuk di bawahnya, Minimal bersihkan saat Anda mandi untuk menghindari infeksi ragi.

f) Ejakulasi

Ketika seorang pria mendapatrangsangan, ia akan mengalami ejakulasi dan mengeluarkan air mani. Jumlah air mani saat satu kali ejakulasi biasanya kurang dari satu sendok teh, tetapi hal ini bervariasi antar pria. Cairan ejakulasi biasanya berwarna putih susu, meski sebagian pria memiliki cairan yang berwarna sedikit kekuningan. Jika ejakulasi terasa sakit atau Anda tidak bisa ejakulasi, hubungi dokter. Cairan ejakulasi yang mengandung darah juga harus diperiksa.

g) Sensitivitas

Penurunan sensitivitas penis merupakan hal yang normal seiring dengan bertambahnya usia, meskipun seberapa banyak derajat penurunannya tidak dapat dijelaskan secara rinci. Umumnya, sensitivitas sebuah penis diukur oleh sedikitnya jumlah stimulasi yang bisa dirasakan yang disebut ambang sensorik.

Cara Merawat Penis

1. Bersikap lembut

Untuk menjaga organ seks tetap bersih, bersihkan secara lembut. Hindari Menggosok terlalu semangat menggunakan sabun.

2. Setelah buang air kecil atau besar

Usahakan untuk selalu mencuci bagian luar alat kelamin dengan air bersih dan sabun. Pria umumnya tidak suka menggunakan handuk kering pada tubuh, terutama penis. Berpakaian tanpa mengeringkan dengan handuk, dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dan mengakibatkan infeksi

3. Kebersihan pakaian dalam

Minimal mengganti pakaian dalam sebanyak dua kali untuk menjaga kebersihan. Selain itu pilihlah bahan celana dalam yang dapat mudah menyerap keringat, karena jika tidak jamur bisa menempel di alat kelamin. Hindari untuk saling bertukar pakaian dalam dengan orang lain bahkan itu keluarga sendiri, karena setiap orang memiliki kondisi kelamin yang berbeda. Penggunaan parfum, sabun, atau deterjen untuk pakaian dalam dapat menyebabkan iritasi. Jadi, hindari penggunaan parfum sebisa mungkin.

4. Menggunakan toilet umum

Siramlah sebelum menggunakan (flushing), hal ini untuk mencegah penularan jika ada pengguna lainnya adalah penderita penyakit kelamin. Sebaiknya gunakan selalu air yang keluar melalui keran atau tissu dan hindari penggunaan dari bak/ember, karena menurut penelitian air yang tergenang di toilet umum mengandung 70% jamur candida albicans (penyebab keputihan dan rasa gatal pada alat vital).

5. Merawat rambut yang tumbuh disekitar penis

Hindari mencukur habis rambut di daerah kemaluan dengan cara mencabut karena akan ada lubang pada bekas bulu kemaluan tersebut dan menjadi jalan masuk bakteri, kuman, dan jamur. Selanjutnya dapat menimbulkan iritasi dan penyakit kulit. Perawatan rambut itu disarankan untuk dirapikan saja dengan memendekkan, dengan gunting atau dicukur tetapi sebelumnya menggunakan busa sabun terlebih dahulu dan menggunakan alat cukur khusus yang lembut, dan sudah dibersihkan dengan sabun Rambut-rambut tersebut berfungsi untuk kesehatan alat kelamin, yaitu berguna untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik yang melawan bakteri jahat serta menghalangi masuknya benda asing kecil, menjaga alat kelamin tetap hangat dan merupakan bantalan ketika berhubungan seksual dan melindungi dari gesekan. Sehingga perlu rajin menjaganya agar tidak menjadi sarang kutu dan jamur.

6. Hindari menggunakan celana dalam dan celana jeans yang sangat ketat

Memakai celana dalam dan celana jeans yang terlalu ketat di wilayah selangkangan dapat menyebabkan kulit susah untuk bernafas dan akhirnya dapat menyebabkan daerah tersebut berkeringat, lembab, mudah terkena jamur dan teriritasi. Pemakaian celana ketat itu bagi pria dapat membuat peredaran darah yang tidak lancar dan membuat penis serta testis dalam keadaan panas. Panas yang berlebihan oleh suhu, keringat dan pakaian yang terlalu ketat, dapat menurunkan kualitas sperma.

7. Sirkumsisi (Sunat/khitan)

Menghilangkan sedikit kulit pada penis akan membantu menjaga organ tubuh sehat dan menurunkan risiko infeksi saluran kemih.

8. Setia pada satu pasangan

Hal ini juga merupakan salah satu tips menjaga dan merawat alat kelamin, hindari kebiasaan mengganti pasangan untuk melakukan hubungan seksual. Dan jagalah kebersihan saat berhubungan seksual, Ini sangat penting untuk tindakan pencegahan sebelum, selama, dan setelah berhubungan seks. Selalu memakai kondom selama beraktivitas seksual yang berisiko untuk mencegah risiko HIV dan penyakit menular seksual lainnya.

9. Berhenti merokok

Penis dapat mengecil karena beberapa alasan. Merokok, salah satunya. Merokok berdampak pada perkembangan aterosklerosis, alias penumpukan plak dalam arteri. Plak ini akan menyumbat pembuluh darah jantung, termasuk pembuluh darah yang bertugas mengirim darah ke penis selama ereksi. Penyumbatan pembuluh darah yang ditambah dengan racun bahan-bahan kimia dari rokok dapat merusak pembuluh darah, sehingga menyebabkan disfungsi ereksi. Hal ini dapat menyebabkan ukuran penis menyusut 1-2 centimeter akibat pengapuran pembuluh darah. Merokok juga dapat menyebabkan kerusakan jaringan penis yang dapat mempengaruhi kemampuan penis berfungsi secara normal.

10. Jaga suhu skrotum (kantong pelir) tetap stabil

Hal ini bisa dilakukan dengan melepas celana dalam saat kamu sedang dalam kondisi rileks atau menjelang tidur Suhu yang ideal untuk skrotum adalah 37°C. Ketika suhunya tetap normal, maka skrotum akan tetap sehat. Tapi, jika suhunya terlalu panas, kesehatan skrotum akan terganggu, kualitas sperma juga akan menurun,

11. Hindari alkohol

Alkohol bisa menghambat jalan pembuluh darah yang menuju ke penis. Akibatnya, pria mengalami disfungsi ereksi yang berdampak pada hubungan seksual.

Kebiasaan baik merawat penis sebaiknya diiringi dengan gaya hidup sehat seperti makan makanan bergizi, olahraga teratur dan hindari stress. Sama seperti wanita, pria harus mempunyai kesadaran untuk selalu membersihkan organ reproduksi. Hal ini agar mampu tetap harmonis bersama pasangan.

Citra Dewi Amd.Keb - July 23, 2018
Diskusi Dari:
Mocil Ngocol

Selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya nih apakah miom dan kista termasuk penyakit kanker? dan apakah keduanya merupakan penyakit yang sama atau berbeda? jika berbeda, apa perbedaannya?
Terimakasih bu bidan, mohon di jawab yah:)

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Debby

Siang Bu Bidan,
Bayi saya usia 4 bulan sering muntah kalau sudah minum ASI. Muntahnya kadang banyak dan kadang sedikit. Apa penyebab bayi saya sering muntah ? Apa bayi saya baik-baik saja kalau sering muntah ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
uye (wanita)

Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil memasuki trimester kedua akhir-akhir ini saya sering kali marah-marah dan mood saya pun gampang berubah-ubah. Apakah saat ini saya stres dan apakah ada dampaknya bagi janin dalam kandungan saya. Jika iya bagaimana cara mengatasinya mohon jawabannya

Dijawab Oleh :

Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

Perlu Jawaban