Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil MudaBidan Online,- Saat hamil tentunya asupan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi sangat di perlukan karena nyatanya sangat bagus untuk kesehatan ibu dan janin. Selain sayuran nyatanya buah-buahan menjadi salah satu komponen yang tidak boleh terlupakan. Buah kaya akan kandungan vitamin dan mineral tidak hanya membuat tubuh lebih sehat namun juga bugar. Namun tentunya pada saat hamil kita tidak boleh sembarangan mengkonsumsi buah-buahan meskipun pada dasarnya semua buah bisa di konsumsi oleh ibu hamil namun dalam porsi yang pas tidak berlebihan.

Mungkin tidak jarang ibu hamil mendengar beberapa pantangan buah yang tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil salah satunya buah nanas. Namun perlu anda tahu jika semua buah dapat di konsumsi oleh ibu hamil namun dengan syarat harus menghinadri buah yang masih muda, buah yang mengandung alkohol, juga buah yang memiliki sifat panas di dalam perut. Kondisi saat hamil muda menjadi pantangan tersendiri bagi para ibu hamil berbagai asupan buah yang di konsumsi haruslah yang matang sempurna karena kondisi janin dalam kandungan yang masih lemah.

Berikut ini beberapa pantangan buah yang harus di hindari oleh ibu hamil untuk mencegah gangguan pada kehamilan:

Nanas muda
Sudah disebutkan seblumnya jika buah yang masih muda dapat berbahaya bagi ibu hamil apalagi saat hamil muda. Nyatanya buah nanas muda dapat meningkatkan resiko keguguran untuk ibu hamil pada trimester awal Tentu saja hal tersebut bukan hanya isapan jempol semata karena buah nanas muda mengandung enzim bromelain tinggi  dengan efek dapat membuat leher rahim menjadi semakin melunak hingga mendorong terjadinya persalinan dini.

Anggur
Buah anggur memang sangat enak di konsumsi apalagi saat cuaca panas, namun para ibu hamil harus mengurnagi porsi mengkonsumsi buah anggur. Apa sebabnya? nyatanya kanduangan gula pada buah anggur dapat berubah menjadi kandungan alokol di dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena kandungan gula pada anggur mengalami proses fermentasi pada lambung dan menghasilkan kandungan alkohol. Tentu saja anda tahu jika alkohol memiliki efek yang sangat buruk bagi kehamilan sepert dapat mengganggu prose pertumbuhan dan perkembangan janin karena sensasi panas dari kandungan alkohol pada anggur.

Durian
Durian
nyatanya mengandung alkohol dan asam arachidonat yang sangat berdampak
buruk bagi kesehatan. Dimana alkohol dapat menghambat pertumbuhan janin
hingga meningkatkan resiko bayi lahir prematur. Sedangkan asam
arachidonat merupakan senyawa kimia yang dapat meningkatkan
prostaglandin dimana senyawa tersebut dapat meningkatkan kontraksi rahim
hingga meningkatkan resiko keguguran apalagi untuk ibu hamil yang
memiliki riwayat darah tinggi.

Pepaya muda
Sudah
disebutkan sebelumnya jika buah yang masih muda harus di hindari ibu
hamil selain nanas muda, pepaya muda juga harus dihindari oleh ibu
hamil. Pepaya muda mengandung  lateks atau getah yang tinggi dimana
lateks bisa meningkatkan kontraksi rahim hingga keguguran.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Tidur Nyenyak dan Pulas Saat Hamil Trimester Tiga
Tips Mengatasi Stres Saat Hamil Yang Tepat dan Benar
Tips Cara Merangsang Kehamilan Yang Efektif
Bahaya Ibu Hamil Marah-marah Bagi Perkembangan Janin
Tips Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Citra Dewi Amd.Keb - April 19, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

bu bidan saat ini saya hamil 7 bulan, saya sering mengalami sakit di bagian bokong,pinggang,paha sama perut bagian bawah.. itu kenapa ya bu? apakah berbahaya apa tidak ?perut saya pun suka terasa kencang dan keras

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
emilia

Dok saya may tanya, kan saya punya ade yang masih berusia 2 bulan. Awalnya adik saya lahir dengan normal dan juga mata yang normal. Tapi setelah usia adik saya menginjak 1 bulan, tiba tiba saya perhatikan ada warna putih pada bagian mata bagian tengah yang biasanya hitam, itu kira kira kenapa ya dok? jenis penyakit apa kira kira?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Santana jaya

Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

Dijawab Oleh : Santana jaya
Diskusi Dari:
Anonymous

Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Riri

Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

Terimakasih sebelumnya.

Dijawab Oleh : Riri