×

3 Pelecehan Orang Tua Terhadap Anak Tanpa Disadari

Bagikan Artikel :

3 Pelecehan Orang Tua Terhadap Anak Tanpa Disadari

Orangtua sering sekali merasa perlakuan mereka kepada anak sudah benar. Padahal jika kita kaji, ada beberapa perlakuan orangtua yang melecehkan anak tanpa disadari. Apa sih arti melecehkan?

Definisi melecehkan KBBI adalah memandang rendah (tidak berharga), menghinakan, mengabaikan. Sekarang sudah mulai kebayang gak bun, kira-kira apa saja bentuk pelecehan kita selama ini? banyak gak bun? Ayo kita berbenah! Meminta maaf lalu perbaiki.

Related Posts :

    Perlu diketahui Bun, sejatinya anak lahir sebagai pribadi utuh. Bukan sekedar “anak kecil” yang lahir dan bisa dibesarkan sesuka hati kita sebagai orangtua. Yuk belajar menghargai mereka sebagai pribadi sempurna dengan potensi luar biasa di dalamnya. Banya yang tak terlihat oleh mata dan hati kita, karena sibuk dengan dunia nyata pun dunia maya, sampai tak peka dengan anak yang lahir dari Rahim kita sendiri.

    Macam-macam Pelecehan Kepada Anak

    1. Memandang rendah kemampuan otaknya
      Orang tua biasanya hanya focus pada apa-apa yang tampak dari luar seperti tinggi badan, berat badan, warna kulit, bentuk rambut, pakaian dan lain-lain. Sampai abai dengan apa-apa yang tumbuh pesat dalam dirinya seperti otak, jiwa, akal pun iman. Seperti contohnya “kamu masih kecil gak akan ngerti, udah diam saja”.
    2. Mengabaikan celoteh dan karya mereka
      Misalnya, celotehan berulang yang menjemukan, karya yang biasa saja bagi kita orang dewasa, atau pertanyaan yang malah untuk dijawab saksama. Pernah gak Bun ketika anak menanyakan hasil karyanya seperti “bagus gak gambarku Bunda?” (bertanya dengan mata berbinar). “iya bagus” (hanya melihat sipintar,muka datar, dan tetap sibuk)
    3. Menghinakan fisik dan kecerobohan mereka
      Hayo siapa yang suka melabeli dengan body shaming. Si gendut, si hitam, si keriting, si sipit, si kurus, si cebol dan lain-lain. Atau jika si kecil salah dan ceroboh, orang tua menanggapi dengan emosi berlebihan. “kamu tuh bodoh banget gak ngerti-ngerti dikasih tahu! Makanya pakai otak dong, kamu tuh udah gendut, bego lagi” duh bun mudah-mudahan gak ada orangtua yang begini ya.

    Jika para induk hewan tak sekadar memberi makan anak-anaknya, melainkan melatih kemandirian mereka tuk bertahan hidup di alam bebas. Apalah kita yang sama-sama memberikan makanan bagi pertunya tapi mengabaikan asupan jiwa, akal dan iannya. Kita ini yang memiliki ekspektasi setinggi langit tntang masa depan anak-anak kita. Tapi paling enggan turun tangan membesarkan mereka dengan penuh perhatian, kasih sayang dan kucuran iman, ilu pun gagasan pemantik nalar.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 7, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tidak bisa ereksi di pagi hari

  • Oleh : Ario Hanindito
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat sore curhatbidan, saya mau nanya ini saya pada tgl 12, hari sabtu,minggu dan senin saya keluar air mani tanpa disadari. dan saya merasa nyeri pada bagian kantung kemih, esokannya saya meriang dan pergi ke dokter ternyata saya infeksi kantung kemih setelah itu paginya saya merasa tidak bisa ereksi pada pagi hari apakah saya impotensi atau karena infeksi ya?

    Pertanyaan

  • Oleh : Ganda Yana
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok,apa emng bener kalo penis bersentuhan dengan vagina bisa hamil?

  • Oleh : Ganda Yana
  • Seputar kehamilan

  • Oleh : Puput88
  • 1 tahun yang lalu

    Saya sedang telat menstruasi 8 hari tapi di tespeck hasil negatif,kalau di usg apakah sudah bisa terlihat

  • Oleh : Puput88
  • menstruasi tidak lancar

  • Oleh : Peggy Shintya
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Hallo dok, perkenalkan nama saya peggy.usia saya 22 tahun.saya mengalami menstruasi yang tidak lancar.saya tidak menstruasi paling lama selama 6 bulan. sekarang sayang sudah tidak menstruasi selama 4 bulan.saya ingin menanyakan apa itu bahaya atau tidak?dan apa yang saya harus lakukan.sedang kan saya lihat dan baca info di media internet selalu yang sudah menikah.sedangkan saya belum menikah.terima kasih

    Apakah masturbasi mempengaruhi kesuburan?

  • Oleh : teenasuttor096
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan saya mau tanya apakah onani atau masturbasi bisa mempengarhi kesuburan? Mohon jawabannya

    Tanya Bidan