×

6 Hal Penting Yang Harus Diajarkan Kepada Anak Usia 3 Tahun

Bagikan Artikel :

6 Hal Penting Yang Harus Diajarkan Kepada Anak Usia 3 Tahun
Children socializing

Memiliki anak dengan karakter positif tentunya dambaan bagi setiap orangtua. Untuk mencapai hal itu maka orangtua perlu terlebih dahulu memahami tahapan perkembangan anak di setiap usianya.

Seperti saat anak memasuki usia 3 tahun , bunda dan ayah sudah memahami apa saja pencapaian yang bisa anak lakukan di usia ini. dengan begitu ayah dan bunda bisa mengajarkan berbagai hal sebagai bekal pembentukan karakter positif pada dirinya.

Beberapa Hal Penting Yang Perlu Diajarkan Pada Anak Usia 3 Tahun

  1. Mengajarkan Anak untuk Mengendalikan Emosinya
    Cara mendidik anak yang baik usia 3 tahun yang pertama adalah dengan cara mengajarkan si Kecil untuk mengendalikan emosinya. Memasuki usia 3 tahun si Kecil sudah bisa mengekspresikan apa yang ia rasakan dan terkadang si Kecil akan mengeluarkan ledakan emosi yang lebih dikenal dengan nama tantrum. Mama tidak perlu khawatir karena tantrum adalah sebuah hal yang normal dalam tahap perkembangan si Kecil.
    Tahapan emosi si Kecil belum berkembang dengan baik, jadi si Kecil belum bisa membedakan mana cara yang benar untuk mengekspresikan perasaannya. Nah, jika si Kecil memiliki intensitas tantrum yang tinggi, ada beberapa cara yang Mama bisa lakukan seperti menghabiskan waktu bersama ketika si Kecil dalam keadaan tenang, berikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang, berikan waktu dan perhatian yang cukup kepada si Kecil serta beri pengertian bagaimana cara mengendalikan emosinya. Hal-hal di atas akan sangat membantu si Kecil dalam mengendalikan emosinya.
  2. Ajarkan Kedisiplinan
    Pada Usia 3 tahun si Kecil sudah dapat membedakan benda yang ia miliki dengan benda orang lain. Cara mendidik anak balita usia 3 tahun adalah dengan cara mengajarkannya si Kecil kedisiplinan. Mama bisa mulai mengajarkan si Kecil untuk merapikan mainannya sendiri ketika selesai digunakan, mulai mengajarkan si Kecil untuk dapat makan sendiri menggunakan alat makan sederhana, dan memberikan jadwal tidur.
    Cara mendidik anak usia 3 tahun seperti di atas terlihat sederhana, namun mengajarkan kedisiplinan sejak dini dapat membuat anak Mama berperilaku dengan baik sesuai dengan ajaran yang sudah diajarkan Mama.
  3. Ajarkan Berbagi dengan Orang Lain
    Anak umur 3 tahun belajar apa dan harus bisa apa? Cara mendidik anak usia 3 tahun yang baik lainnya adalah dengan cara mengajarkan si Kecil berbagi dengan orang lain. Perkembangan anak usia 3 sampai 4 tahun si Kecil sudah memiliki empati dan mulai memikirkan perasaan orang di sekitarnya. Terlebih, si Kecil akan ikut bersedih jika temannya sedih.
    Mama bisa mengajarkan si Kecil untuk berbagi dengan temannya dengan cara sederhana seperti ketika Mama memberikan si Kecil biskuit bawakan dengan porsi lebih dan bimbing si Kecil untuk membagi biskuitnya kepada teman-temannya
  4. Ajarkan untuk meminta maaf dan memaafkan
    Latihlah mereka untuk minta maaf bila salah. Bila hal ini sulit dilakukan, mungkin ia belum siap. namun sikap Bunda harus menjadi tladan. Jangan lupaa meminta maaf kepadanya bila Bunda salah.
  5. Ajarkan untuk berterimakasih
    Belajar mengucapkn terimakasih seharusnya sudah mulai diajarkan sejak 2 tahun, bila ia sudah bisa bicara saat itu. Ia pun akan menjadi pribadi yang penuh rasa syukur.
  6. Mengajarkan empati
    Jika si kecil sudah mengenal rasa empati pada orang lain maka lebih mudah baginya ketika diajarkan untuk tidak memukul orang lain. Berempati sebenarnya mengajarkan seorang anak untuk peduli terhadap sesama dan lingkunganya. Mengingat biasaynya ada anak yang tumbuh tanpa rasa peduli, hal ini terjadi karena ia tidak dipupuk sedari kecil.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 27, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kesehatan

  • Oleh : Mingsar Mingsar
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Saya mao tanya tentang Tip buat menambah tinggi badan dok umur saya udh 21

    sudah lebih dari satu bulan tidak menstruasi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 6 tahun, 6 bulan yang lalu

    saya mau tanya ni bu bidan, sudah lebih dari satu bulan ini saya tidak menstruasi, apakah ini awal mula tanda-tanda kehamilan ?

    Makanan sehat untuk ibu hamil trimester 1

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 6 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi
    Saat ini saya tengah hamil anak pertama, sehingga saya belum memiliki banyak pengalaman di kehamilan ini. Untuk menjaga kehamilan saya tetap sehat dan tumbuh kembang janin saya tetap terjaga. Nutrisi baik apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan dan menu makanan apa yang bisa memenuhi asupan nutrisi tersebut? Terimakasih.

    Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    Mister V

  • Oleh : Emilia
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Ibu bidan saya merasa aneh dengan mister V saya, terkadang di saat saya lagi kencing atau buang air besar mister V saya tengahnya tuh keluar seperti balon menonjor keluar dari mulut vagina saya. Tetapi si kulit yang kayak balon itu kadang mengecil juga atau gak ada sama sekali kadang ada lagi. Itu kenapa yaa?

    Tanya Bidan