×

Anak Perempuan Dekat Dengan Ayah Apakah Termasuk Electra Complex?

Bagikan Artikel :

Anak Perempuan Dekat Dengan Ayah Apakah Termasuk Electra Complex?

Anak perempuan biasanya akan lebih dekat dengan ayahnya ketimbang dengan ibunya. Kedekatan ini bisa berupa ingin selalu pergi di antar ayah, ingin tidur ditemani ayah dan mengerjakan PR sekolah dengan ayah. Ini adalah hal yang normal. Tapi akan menjadi tidak normal apabila anak perempuan memiliki ketertarikan kepada ahah secara emosional dan seksual atau dalam kata lain electra complex.

Electra xomplex sama halnya dengan Oedipus complex (ketertarikan anak laki-laki kepada ibunya). Dalam teori baik oedipus complex maupun electra complex, semua orang akan melewati fase psikoseksual saat masih anak-anak. Tahap terpenting ini terjadi pada usia 3-6 tahun, disebut phallic stage.

Pada periode ini, anak laki-laki dan perempuan punya ketertarikan pada penis. Khususnya pada fase pertumbuhan anak perempuan, rasa tidak suka kepada ibunya bisa terjadi ketika menyadari bahwa dirinya tidak memiliki penis dan merasa hal itu terjadi karena sang ibu. Menurut Sigmund Freud, hal ini disebut “penis envy”.Ketidaksukaan kepada sang ibu membuat anak perempuan memilih dekat pada sang ayah. Semakin lama, muncul rasa ketakutan kehilangan rasa cinta dan kasih sayang dari sayang ayah. Dibandingkan dengan oedipus complex, electra complex bisa terjadi lebih intens.

Related Posts :

    Bagaimana jika anak perempuan tertarik pada ayah?

    Wajar jika ada kekhawatiran orangtua ketika anak perempuan mereka lebih tertarik pada ayah. Jika ketertarikan ini sudah mengarah ke aspek perilaku seksual, tak ada salahnya berkonsultasi dengan pakar mental profesional. Nantinya, akan ada penilaian perilaku dan rekomendasi perawatan tertentu jika memang diperlukan.

    Sebenarnya, ketika anak perempuan lebih mencari perhatian atau kasih sayang dari sang ayah ketimbang ibunya, itu hanya fase sesaat. Bahkan ketika anak berkata ingin menikah dengan ayahnya, bukan serta merta berarti hal yang buruk atau mengindikasikan ada yang tidak beres. Ayah akan selalu menjadi sosok role model terdekat bagi anak perempuan. Nantinya, ketika sosialisasi dengan anak seusianya lebih mendominasi, tendensi untuk lebih tertarik kepada sang ayah akan berangsur normal.

    Ketika anak berada di fase psikoseksual, mereka belajar hal-hal seputar seksualitas tak hanya dari satu sisi saja. Kedua orangtua baik ayah maupun ibu sama-sama berperan dalam memperkenalkan hal seputar seksual sejak dini kepada anak perempuan.

    Alasan Anak Perempuan Lebih Dekat Dengan Sang Ayah

    1. Ayah adalah laki-laki pertama dalam kehidupan anak perempuan. Tanggapan anak perempuan tentang lawan jenis dibentuk berdasarkan apa yang dia lihat dari ayahnya.
    2. Ayah adalah pelindung bagi anak perempuan. Secara umum, manusia memiliki naluri untuk melindungi. Pada umumnya, laki-laki mempunyai kekuatan fisik yang lebih besar daripada perempuan sehingga dianggap mampu melindungi anak perempuannya.
    3. Anak perempuan cenderung lebih perasa. Anak perempuan cenderung lebih ekspresif daripada laki-laki sehingga mereka selalu menunjukkan kasih sayang dan gerakan-gerakan yang menyenangkan bagi seorang ayah, seperti senyum atau sentuhan lembut.
    4. Kemudahan berkomunikasi. Secara statistik, 88 persen ibu mengaku memperlakukan anak laki-laki dan perempuan secara berbeda. Meski tidak tepat, mereka mengaku bahwa ikatan dengan anak laki-laki cenderung lebih mudah daripada dengan anak perempuan. Sebaliknya, seorang ayah cenderung lebih mudah berkomunikasi dengan anak perempuannya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 14, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Normalkah sering pipis saat hamil

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Bu bidan saya wanita usia 27 tahun, saat ini saya sedang mengandung usia 5 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah normal jika saya sering pipis dan bagaimana cara mengatasinya?

    ???

  • Oleh : Putri 428
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb. Nama saya Putri saya mempunyai adik berumur 14 tahun. Kemarin adik saya cerita ke saya bahwa di bibir vagina dalamnya ada sesuatu bentuknya kecil seperti jerawat di wajah, warnanya merah, rasanya gatal, ujungnya berwarna putih. Terus dia nangis karena takut kena kista/kanker. Itu apakah penyakit yg mematikan? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Oleh : Putri 428
  • Mencegah hamil BO

  • Oleh : Nini Andini
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Mlm dok, sy ingin brtanya
    7hari lalu sy kgguran karna BO, di usia 10w..
    Kapan waktu hamil yg tepat ya dok setelah kgguran? Agar di kehamilan selanjutnya tidak trjadi hamil BO lagi,
    Terimakasih sebelmnya

    Apa saja faktor yang dapat menghambat kehamilan

  • Oleh : laceyu4030243
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apa saja yang bisa menghambat terjadinya kehamilan karena saya sudah 1 tahun menikah namun belum juga dapat momongan. Mohon jawabannya

    Saya bulan april kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Sharah Desna
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Di bulan ke 5 saya mengajukan berenti kb kepada bu bidan, dan udah berjalan mau 3bulan saya masih belum haid, itu gmana caranya yah biar bisa cepet haid, karna ingin nambh anak lagi

  • Oleh : Sharah Desna
  • Tanya Bidan