×

Ayo Ajari Si Kecil Bermain Musik, Banyak Manfaatnya Lho!

Bagikan Artikel :

Ayo Ajari Si Kecil Bermain Musik, Banyak Manfaatnya Lho!

Music bukan hanya sekedar menyenangkan, tapi juga memiliki banyak manfaat salah satunya kesehatan emosional. Banyak orangtua yang mengabaikan music untuk buah hatinya. Padahal anak juga perlu diajarkan untuk bermain music.

Hal ini karena orang tua yang menganggap akademik akan jauh lebih bermanfaat daripada bermusik, tapi banyak juga yang menganggap sebaliknya, yang mana si Kecil mulai diperkenalkan dengan musik, bahkan ikut les musik, dari usia dini. Nyatanya, belajar musik bisa memberikan manfaat yang luas pada si Kecil, mulai dari menunjang kemampuan akademiknya maupun soft skill lainnya.

Related Posts :

    Mengenalkan musik kepada si Kecil dapat memberinya manfaat yang lebih besar dari sekadar menghiburnya. Percayalah, musik juga bisa berkontribusi terhadap tumbuh kembangnya. Berikut ini adalah berbagai manfaatnya:

    Manfaat Bermain Musik Untuk Si Kecil

    1. Meningkatkan kemampuan memori
      Mempelajari instrument musik bisa mengajarkan si Kecil cara membuat, menyimpan, dan menggunakan memori secara efektif. Kemampuan memori yang lebih baik berarti performa akademik juga akan lebih baik.
    2. Mengajarkan kesabaran
      Belajar musik membutuhkan banyak waktu, kesabaran, dan latihan. Itulah sebabnya belajar musik dapat melatih anak menjadi sabar dan giat dalam berusaha untuk mendapatkan sesuatu.
    3. Meningkatkan koordinasi
      Bermain instrumen musik membutuhkan otak untuk bekerja cepat. Selain itu, menerjemahkan nada musik menjadi gerakan fisik untuk memainkan alat musik sesuai nada di partitur juga membutuhkan kerja otak dan koordinasi antara mata dan tangan. Ini akan melatih koordinasi motorik si Kecil.
    4. Meningkatkan kemampuan matematika
      Bermain musik dan matematika berkaitan. Dengan belajar musik, si Kecil akan mengerti ketukan, ritme, dan skala sehingga secara tak langsung ia sekaligus belajar membagi, membuat fraksi, dan mengenali pola sehingga ini bisa membantunya lebih mudah memahami matematika.
    5. Meningkatkan kemampuan memahami secara komprehensif
      Belajar dan bermain musik membutuhkan kemampuan untuk membaca nada dan mengenali nada yang harus dimainkan pada instrumen musik, mengetahui jari mana yang harus memainkan nada, seberapa lama petikannya, dan seberapa keras musik dimainkan. Hal ini akan melatih kemampuan si Kecil untuk memahami hal secara komprehensif saat membaca sesuatu.
    6. Meningkatkan kemampuan mendengar
      Bermain alat musik membutuhkan kemampuan si Kecil untuk mendengar secara saksama dengan konsentrasi penuh untuk mengetahui ritme, nada, dan kecepatan musik. Hal ini akan melatih kemampuan konsentrasi si Kecil dalam proses belajar di sekolah.
    7. Meningkatkan kemampuan sosial
      Jika si Kecil belajar musik dalam grup atau berkolaborasi dengan band, orkestra, atau paduan suara, ia akan terbiasa berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain. Ini bisa meningkatkan kemampuan sosialnya sehingga ia akan lebih mudah bergaul.
    8. Menjaga kesehatan emosional
      Percaya gak kalau si Kecil juga bisa mengalami stress? Nah music adalah salah satu cara untuk mendapatkan ketenangan dari berbagai persoalan yang sedang di hadapi si Kecil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 18, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Gatal pada vagina

  • Oleh : Tristi Garneta
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok mau tanya vagina saya gatal ketika malam hari, kemudian saya baca di google katanya diberi baby oil ketika malam vaginanya.. setelah beberaha minggu saya beri baby oil ketika mai tidur kog setiap malam tambah gatal dan bulu kemaluan saya jadi banyak sampek di dalam pinggir vagina. Samapi sekarang masih gatal” kalau malam hari.. di garuk” kadang sembuh tapi meninggalkan rasa panas dvagina. Kemungkinan kenapa ya dok. Obat untuk menyembuhkannya apa yg alami? Terimakasih

    Kehamilan

  • Oleh : Alex Alex
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dok kmrn saya main dan saya keluar di dalam. Bagai mana cara mengatasinya agar tidak hamil

    Susah Hamil Setelah Mengalami Keguguran

  • Oleh : Siti Rohmah
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

  • Oleh : Siti Rohmah
  • Jerawat di vagina

  • Oleh : Agustina Effendi
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat malam dok. Mau bertanya, kmrn di vagina saya daerah tumbuhnya rambut ada satu jerawat, jerawat ini muncul beberapa hari setelah saya mencukur bulu, dan berbarengan jg dgn kemunculan jerawat di wajah.
    Jerawat yg di vagina td seperti pecah dan mengeluarkan darah. Kira2 berbahaya atau tidak ya?

    Sakit di vagina

  • Oleh : Zuratul Aini
  • 2 minggu, 4 hari yang lalu

    Assalamualaikum dok, saya mau nanya
    Saya sering merasa sakit di vagina bagian kiri terutama pas melihat atau mendengar hal yang berbau porno
    Dan tekadang juga membengkak
    Kenapa ya dok

  • Oleh : Zuratul Aini
  • Tanya Bidan