×

Begini Cara Menangani Anak Small Eater

Bagikan Artikel :

Begini Cara Menangani Anak Small Eater

Setiap anak itu unik dan berbeda-beda. Ada yang super aktif ada pula yang pendiam. Ada yang makanya lahap ada juga yang small eaters. Berbicara soal small eater ini, tentu akan membuat pada orang tua cemas. Karena tentu orang tua akan khawatir apabila nutrisinya tidak terpenuhi.

Anak small eaters jarang menunjukkan tanda lapar. Ia juga menolak makan dalam jumlah yang cukup selama lebih dari satu bulan. Anak small eater bisa mengalami growth faltering. Namun, kondisinya yang makan dalam jumlah sedikit tidak disebabkan oleh kondisi medis tertentu dan tidak ada riwayat kejadian yang membuat trauma. Dia bisa tetap berkembang dengan normal.

Tips Menangani si Small Eater

  1. Pastikan ada jeda selama tiga jam atau lebih di antara waktu makan dan kudapan.
  2. Mulailah proses makan dalam 15 menit setelah makanan ditawarkan dan batasi durasinya hingga 30 menit.
  3. Jika anak tidak memulai makan dalam 15 menit atau menyelesaikan makan dalam 30 menit, hentikan proses makan.
  4. Jangan tawarkan kudapan atau minuman lain di antara waktu makan yang telah diatur.
  5. Doronglah anak untuk makan sendiri.
  6. Hindari distraksi selama makan. Ajak anak untuk menikmati proses makan dan fokus menghabiskan makanannya.

Penyebab Small eater

Penyebab dari masalah makan pada anak pun beragam. Bisa karena cara kita dalam memberikan makanan yang salah, kelainan struktur anatomis, masalah interaksi antara anak dan orangtua atau pengasuh, perilaku makan anak, dan perilaku yang mungkin berhubungan dengan kondisi medis tertentu. Kita perlu mencari sumber masalahnya dengan secermat mungkin agar bisa menemukan solusinya yang lebih tepat. Selain itu, perlu juga berkonsultasi ke dokter spesialis anak bila ada kondisinya mengkhawatirkan.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 10, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : dimas syahputra
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Saya ingin bertanya apakah penis dimasukan ke dalam vagina hanya 1x(masuk langsung keluar)bisa menyebabkan kehamilan?

    payudara

  • Oleh : Puput Adenia
  • 10 bulan yang lalu

    assalamualaikum dok saya mau tanya, umur saya 17thn mau 18thn besok Januari tapi puting susu saya gak menonjol gitu gak bentuk gitu lah dok. apakah nanti itu masih bisa membentuk ya dok? dan umumnya puting susu itu membentuk pada umur berapa dok?

  • Oleh : Puput Adenia
  • mengenai seperti kutil yg ada di payudara

  • Oleh : zen retno
  • 1 tahun yang lalu

    bu bidan saya mau tanya diarea payudara saya ada seperti kutil di area puting bagaimana solusinya yaaaa

  • Oleh : zen retno
  • Program Hamil

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    ada benjolan di dekat anus

  • Oleh : Neng Atna Julianti
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan saya mau tanya, saya sedang hamil tapi ada benjolan di anus, tidak berdarah hanya terasa perih dan sering mulas saat babnya, ada ga obat yang bisa diminum tapi aman untuk ibu hamil? terima kasih, saya tunggu jawabannya 🙂

  • Oleh : Neng Atna Julianti
  • Tanya Bidan