×

Benarkah Menggosok Bawang Merah Ke Tubuh Bayi Bisa Turunkan Demam?

Bagikan Artikel :

Benarkah Menggosok Bawang Merah Ke Tubuh Bayi Bisa Turunkan Demam?

Banyak ibu yang mengoleskan bawang merah kepada bayi saat demam dengan tujuan demam bisa turun. Tapi benarkan demikian? Faktanya Tidak hanya di Indonesia, t bawang merah juga dijadikan sebagai pengobatan tradisional untuk demam dan batuk pilek di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Namun, mungkin aplikasinya sedikit berbeda. Bawang merah bisa diiris, ditumbuk, atau diparut, lalu dicampurkan dengan minyak (minyak telon, minyak kayu putih, atau minyak zaitun), dan digosok ke tubuh. Selain itu, ada pula yang mengaplikasikannya langsung setelah dipotong lalu digosokkan ke tubuh. Di negara-negara lain, pengobatan demam dengan bawang merah adalah dengan memasukkannya ke dalam kaus kaki, yang kemudian dipakai anak saat tidur atau beristirahat.

Related Posts :

    Manfaat Bawang Merah

    1. Menjaga Kesehatan Jantung
      Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Thrombosis Research tahun 2002 menyebut, kandungan sulfur pada bawang merah bertindak sebagai pengencer darah alami. Itu sebabnya, bawang merah bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung dengan cara menurunkan tekanan darah.
    2. Menurunkan Risiko Kanker
      Menurut World’s Healthiest Foods dari George Mateljan Foundation, makan tujuh siung bawang per minggu dapat membantu mengurangi risiko kanker kolorektal, kanker laring, dan kanker ovarium.
      Sementara itu, studi dari University of Maryland Medical Center (UMMC), AS, mengungkapkan, zat kuersetin yang terdapat pada bawang merupakan agen antikanker yang baik karena dapat menghambat sel kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, kanker endometrium, dan kanker paru.
    3. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
      Bawang merah kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan rambut.
    4. Baik untuk Sistem Pencernaan
      Serat dalam bawang merah mampu meningkatkan proses pencernaan, sehingga buang air besar jadi teratur. Bawang mengandung jenis serat larut khusus yang disebut oligofruktosa, yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.
      Selain itu, sebuah studi tahun 2005 di dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Herepatology menemukan, oligofruktosa dapat membantu mencegah dan mengobati diare.
    5. Menyehatkan Ibu Hamil dan Janin
      Kandungan asam folat dalam bawang merah juga penting bagi kesehatan janin pada ibu hamil dan dapat menurunkan risiko depresi.
    6. Menurunkan Demam
      Bawang merah juga memiliki kandungan antibakteri dan anti-peradangan. Nah, mungkin manfaat inilah yang berkaitan dengan khasiat bawang merah untuk menurunkan demam pada anak.
      Demam pada anak biasanya disebabkan oleh infeksi yang menyebabkan peradangan dalam tubuh. Bisa jadi, efek antibakteri dan anti-peradangan inilah yang menjadi mekanisme mengapa pada anak demam bisa diturunkan dengan menggosokkan bawang merah.
    7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
      Polifenol dalam bawang merah berperan sebagai antioksidan yang bertugas melindungi tubuh dari radikal bebas. Fungsi tersebut tentunya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
      Menurut studi dari UMMC, senyawa kuersetin pada bawang dapat mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh memproduksi histamin.
    8. Mengatur Gula Darah
      Kromium dalam bawang merah dapat membantu mengatur gula darah, sedangkan sulfur bisa membantu menurunkan gula darah dengan cara memicu peningkatan produksi insulin. Sebuah penelitian di jurnal Environmental Health Insights tahun 2010 mengungkapkan bawang merah mungkin mendatangkan manfaat bagi penderita diabetes.
      Sementara itu, sebuah analisis tahun 2014 di jurnal Nutrition menemukan, pasien dengan diabetes tipe 2 memiliki kadar glisemik yang lebih rendah saat mengonsumsi bawang.
    9. Menguatkan Tulang
      Sebuah studi di jurnal Menopause tahun 2009 menyebut, konsumsi bawang merah setiap hari dapat meningkatkan kepadatan tulang wanita yang mengalami menopause.
      Disebutkan bahwa wanita yang makan bawang merah memiliki risiko patah tulang pinggul 20 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak pernah makan bawang merah.

    Cara Mengaplikasikan Bawang Merah untuk Turunkan Demam Anak

    1. Siapkan 3-5 butir bawang merah, kupas, dan cuci bersih.
    2. Gerus, iris, atau parut bawang merah, tetapi jangan sampai halus.
    3. Tambahkan sedikit minyak (minyak telon, minyak kayu putih, minyak zaitun, atau minyak lainnya) lalu aduk.
    4. Balurkan campuran tersebut ini ke badan anak seperti ubun-ubun, perut, dada, lipatan lengan, paha, dan telapak kaki.
    5. Saat membalurkan, Anda juga bisa memberikan pijatan halus.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 26, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apa mungkin hamil?

  • Oleh : Dila pertiwi
  • 1 minggu, 4 hari yang lalu

    Dok saya Hpht tgl 20 juni 2021.
    Tgl 23 juli 2021 saya menikah. Sampai hari ini tgl 14 september saya belum haid sama sekali. Apakah mungkin saya hamil bu?. Tp saya tespek negatif hasilnya.

  • Oleh : Dila pertiwi
  • Penyebab Terjadinya Pendarahan

  • Oleh : Riana
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya sedang hamil usia kandungan 27 minggu, dengan usia kandungan saya yang masih muda saya menghawatirkan terjadinya pendarahan. yang ingin saya tanyakan apa penyebab terjadinya pendarahan ? Terimakasih

    Kram Saat Hamil

  • Oleh : Intan Royana
  • 4 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya sedang hamil 7 bulan dan saya sering merasakan kram, saya mau bertanya apakah kram bisa dihindari ? bagaimana caranya kalau memang kram bisa dihindari ?

  • Oleh : Intan Royana
  • mengatasi gatal pada puting saat menyusui

  • Oleh : Rhiyad Suhpriatin
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang bu, saya mau tanya. Saya adalah seorang ibu menyusui, terkadang puting saya terasa sangat gatal serta timbul bercak putih pada puting payudara saya, apakah ini termasuk kanker atau bagaimana bu? bagaimana cara menanganinya?

    Benjolan di area miss v

  • Oleh : Erind Dwi
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Hallo, dok.
    Perkenalkan nama saya Erin, saya berusia 20 tahun, pelajar.
    Saya mau tanya dok, kenapa ya di area miss v saya ada benjolan sebelah kiri arah bawah yang kira-kira sebesar 1 butir kacang tanah, tapi saya tidak merasakan keluhan apapun dok, jika saya mengalami bisul di area miss v saya maka itu terasa sakit, tapi ini saya tidak merasakan apapun dok. Jika diraba agak terasa keras seperti bisul. Dan saya tidak pernah melakukan hubungan intim dok.
    Mohon bantuannya dok agar rasa cemas saya bisa sedikit terobati.
    Terimakasih, dokter.

    Tanya Bidan