×

Berapa Lama Si Kecil Boleh Screen Time?

Bagikan Artikel :

Berapa Lama Si Kecil Boleh Screen Time?

Memberikan screentime atau tontonan pada si Kecil baik berupa televisi atau youtube memang membuat bunda bisa mengerjakan pekerjaan lain karena si Kecil akan asik tanpa pengawan ekstra. tapi screen time untuk si Kecil ini harus dibatasi lho Bun! Kalau begitu berapa lama si Kecil boleh screen time? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini tentu akan dilontarkan para orang tua yang memiliki anak usia bawah lima tahun (balita).

Related Posts :

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak 2019 lalu telah mengeluarkan pedoman tentang “screen time” pada anak usia balita. Screen time adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan jumlah waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi dengan televisi, komputer, ponsel pintar, tablet digital, hingga permainan video.

    Menurut pedoman WHO tersebut, bayi di bawah usia 1 tahun tidak boleh terpapar layar elektronik. Sedangkan anak-anak antara usia 2 hingga 5 tahun tidak boleh melihat layar gawai selama lebih dari satu jam setiap harinya. Menurut WHO, membatasi atau bahkan dalam beberapa kasus menghilangkan waktu bermain dengan gawai pada anak-anak di bawah usia 5 tahun akan menghasilkan orang dewasa lebih sehat.

    Badan kesehatan milik PBB tersebut menegaskan bahwa membatasan pemakaian gawai hanya bagian kecil dari solusi untuk menghasilkan orang dewasa lebih sehat. WHO juga menyarankan anak-anak untuk lebih banyak berolahraga dan tidur. Menurut mereka, hal-hal tersebut akan membantu anak-anak mengembangkan kebiasaan yang lebih baik dan mencegah obesitas serta penyakit saat remaja dan dewasa.

    Mencapai kesehatan untuk semua berarti melakukan yang terbaik sejak awal kehidupan manusia. Anak usia dini adalah periode perkembangan yang cepat dan masa ketika pola gaya hidup keluarga dapat disesuaikan untuk mendorong peningkatan kesehatan.

    Pedoman Screen Time Dari WHO Untuk Anak Usia Balita.

    1. Bayi (kurang dari satu tahun) Melakukan aktivitas fisik beberapa kali sehari dengan berbagai cara, terutama melalui permainan interaktif berbasis lantai. Semakin banyak aktivitas fisik, semakin baik. Pada anak yang belum dapat berpindah tempat, setidaknya lakukan tummy time atau posisi tengkurap selama 30 menit yang tersebar dalam beberapa kali selama bayi terjaga. Tidak mengekang bayi selama lebih dari satu jam dalam satu waktu. Mengekang yang dimaksud adalah menggendong, meletakkan di kereta dorong, atau mendudukan di kursi tinggi. Screen time tidak disarankan pada usia ini. Saat bayi sedang diam, pengasuh disarankan membacakan dongeng. Bayi usia 0-3 bulan disarankan memiliki waktu tidur selama 14-17 jam, termasuk tidur siang. Bayi usia 4-11 bulan disarankan memiliki waktu tidur 12-16 jam, termasuk tidur siang.
    2. Anak usia satu sampai dua tahun Menghabiskan setidaknya 180 menit dalam berbagai jenis aktivitas fisik dengan intensitas apapun, termasuk aktivitas intensitas sedang hingga kuat yang tersebar sepanjang hari. Semakin banyak aktivitas, semakin baik. Tidak mengekang anak selama lebih dari satu jam dalam satu waktu. Mengekang yang dimaksud seperti mendudukan di kereta dorong atau kursi tinggi serta menggendongnya. Screen time yang membuat untuk anak usia satu tahun tidak banyak bergerak seperti menonton TV atau video tidak disarankan. Screen time yang disarankan pada anak usia 2 tahun tidak lebih dari satu jam, lebih sedikit lebih baik. Saat tidak banyak bergerak, pengasuh didorong untuk mendongeng atau mengajak anak membaca. Disarankan, anak-anak mendapatkan waktu tidur berkualitas selama 11-14 jam, termasuk tidur siang dengan waktu yang teratur.
    3. Anak usia 3- 4 tahun Menghabiskan setidaknya 180 menit dalam berbagai jenis aktivitas fisik dengan intensitas apapun. Setidaknya 60 menit melakukan aktivitas fisik intensitas sedang hingga kuat yang tersebar sepanjang hari. Tidak mengekang anak selama lebih dari satu jam dalam satu waktu. Mengekang yang dimaksud seperti mendudukan di kereta dorong atau kursi tinggi serta menggendongnya. Screen time yang disarankan tidak lebih dari satu jam, semakin sedikit semakin baik. Saat anak tidak banyak bergerak, pengasuh didorong untuk mendongeng atau mengajak anak membaca. Anak-anak disarankan mendapatkan waktu tidur 10-13 jam, termasuk tidur siang dengan waktu yang teratur.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 18, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    virus toksoplasma pada kehamilan

  • Oleh : debbyaprilyulia
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    apakah bahaya dari ibu hamil yang baru terdeteksi virus toksoplasma?

    bayi usia 2 bulan sudah 4 hari tidak mau pup

  • Oleh : samanthau51
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    bu bidan tolong saya, bagaimana caranya agar bayi saya mau pup? Sudah 4 hari ini dia tidak pup, apa yang salah? bagaimana baiknya?

    Masalah gigi bayi

  • Oleh : Reny Anggra
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

    Sperma Keluar Saat Sedang Cemas

  • Oleh : ANGGUN
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Halo Selamat Pagi Bu Bidan, saya Edhy Prayoga. Begini, saya sering mengalami kalau sperma saya itu keluar dengan sendirinya setiap saya sedang merasa cemas dan hal itu terjadi baik saat saya dalam keadaan sadar atau bahkan ketika sedang bermimpi. Bagaimana cara menyembuhkannya bu ? Saya merasa terganggu dengan kondisi seperti ini dan tolong segera dijawab ya. Terima kasih bu bidan.

    Apakah Perlu Bayi di Bedong ?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan,
    Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
    terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

    Tanya Bidan