×

Buah Naga Memiliki Banyak Manfaat Untuk Si Kecil

Bagikan Artikel :

Buah Naga Memiliki Banyak Manfaat Untuk Si Kecil

Buah naga yang lezat dan memiliki banyak vitamin ini bisa diolah menjadi beberapa makanan MPASI lho. Si kecil aman diberikan buah naga baik itu berwarna merah atau putih mulai usia 6 bulan. Bunda bisa mengolahnya menjadi pure buah naga, menjadi pudding atau salad buah.

Related Posts :

    Manfaat Buah Naga Untuk Anak

    1. Menjaga daya tahan tubuh
      Kandungan vitamin C di dalam buah naga berperan penting untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh anak, khususnya saat pandemi COVID-19 seperti saat ini. Selain itu, kombinasi vitamin C dan zat besi pada buah naga juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.
      Zat besi sangat penting bagi anak karena merupakan komponen utama untuk membentuk senyawa hemoglobin. Tanpa senyawa ini, tubuh Si Kecil bisa kekurangan oksigen, dan ini dapat membahayakan kesehatannya, Bun.
    2. Menjaga kesehatan mata
      Buah naga memiliki manfaat baik untuk mata dan kulit yang sehat. Hal ini karena buah naga memiliki banyak kandungan vitamin A. Di mana vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata anak dan dapat membantu ia dalam melawan segala jenis infeksi.
    3. Melancarkan pencernaan
      Serat yang terkandung dalam buah naga dapat melancarkan pencernaan anak dan menghindarkannya dari sembelit. Selain itu, mengonsumsi buah naga juga dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, sehingga kesehatan usus Si Kecil bisa terjaga dengan baik.
    4. Mencegah Smbelit pada si Kecil
      Buah yang dagingnya empuk ini ternyata juga memiliki kandungan serat. Sedangkan fungsi serat itu sendiri dapat membantu sistem pencernaan anak. Dengan mereka mengonsumsi buah naga, maka dapat membersihkan sistem pencernaannya. Selain itu ia pun terhindar dari yang namanya perut kembung atau sembelit. Sebab jumlah serat yang cukup tinggi pada buah naga mampu mencerna makanan dengan baik, yang tentunya melatih pergerakan usus anak. Untuk mendapatkan berat badan yang sehat pada si Kecil, bunda dapat mengandalkan serat yang terkandung dari buah naga. Tapi bunda jangan panik ketika air kecil dan besar berubah menjadi merah usai mengonsumsi buah naga ya.
      Hal ini disebabkan karena kandungan pigmen betahiasian atau pewarna makanan alami yang terdapat pada buah naga. Tubuh akan mengalami pseudohematuria atau pipis merah palsu, jadi tak perlu khawatir ya ketika melihat pipis si Kecil berubah warna usai menikmati buah naga. Bukan hanya si Kecil, ini juga kerap terjadi pada orang dewasa setelang makan buah naga merah.
    5. Mengurangi konsumsi camilan kurang sehat
      Serat yang terkandung dalam buah naga dapat membuat Si Kecil merasa kenyang lebih lama, sehingga keinginannya untuk makan camilan yang kurang sehat bisa berkurang.
    6. Menangkal radikal bebas
      Buah naga kaya akan antioksidan yang berperan penting untuk menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh anak dari kerusakan yang dapat memicu terjadinya beragam jenis penyakit kronis, seperti kanker.
      Selain menangkal radikal bebas, antioksidan dalam buah naga juga mampu mengurangi peradangan di tubuh anak.
    7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
      Kandungan kalsium dan magnesium di dalam buah naga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anak. Selain itu, magnesium pada buah ini juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah anak tetap normal dan menjaga kesehatan jantungnya.

    Kenali Alergi Buah Naga Pada Si Kecil

    Walau memiliki banyak manfaat, buah naga dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang. Bila Si Kecil mengalami gatal di kulit, ruam kulit, atau bengkak pada area mulut setelah mengonsumsi buah naga, segera hentikan pemberian buah ini dan bawa Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

    Apakah Biji Buah Naga Aman Bagi Si Kecil?

    Biji buah naga boleh dimakan dan tidak menimbulkan dampak buruk pada kesehatan anak, kok. Malahan, biji buah ini dipercaya mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sangat baik untuk tubuh dan perkembangan otak anak.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 20, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    tips kehamilan dengan diabetes

  • Oleh : francesca21c
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya mau tau dong ada ga tips sehat yang harus dilakukan ibu hamil penderita diabetes?

    Keguguran

  • Oleh : Linda Andriani
  • 10 bulan, 4 minggu yang lalu

    Sore…
    apakah keluar darah pada kehamilan 3 bulan itu keguguran?

  • Oleh : Linda Andriani
  • kehamilan

  • Oleh : leny agustini
  • 11 bulan yang lalu

    selamat pagi dok,, saya mau bertanya begini dok di desa saya masih ad dukun beranak dok nah krna kpercayaan ntah apa jadi saya ngikut2 sblumnya sya sudah pijat ke dukun itu sampai bulan lalu saya telmbat haid udh 2 bulan prutsya di pijit perlhan katanya sudah ad janin katanya perut saya sudah keras gitu dok trus sya coba tespack dan USG hasilnya negatif stlh itu saya dtang bulan lagi sya kira udah kguguran sya ke dukun itu lgi masih ada tp di usg hasil kosong sya merasa mual , perut sering sakit di bagian bawah kadang sampe ga bisa jalan dok itu gimana ya dok mohon pencerahannya … trimakasih

  • Oleh : leny agustini
  • Bayi Usia 2 Minggu Belum BAB 9 Hari

  • Oleh : Ivie Suci
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

    Tanya Bidan