×

Bunda, Lakukan Ini Jika Si Kecil Susah Mandi!

Bagikan Artikel :

Bunda, Lakukan Ini Jika Si Kecil Susah Mandi!

Si Kecil susah mandi adalah hal yang wajar dan sering terjadi. Nah jika Si Kecil sedang susah diajak mandi jangan memaksanya bahkan hingga mengamuk ya Bun! dan jangan juga membiarkan si Kecil beristirahat sebelum mandi. Hal ini akan mengundang bakteri yang ada pada keringatknya berkembang. Sehingga dikhawatirkan nanti si Kecil akan mudah sakit. Nah untuk membujuk si Kecil agar mau mandi bundan bisa lakukan tips di bawah ini.

Related Posts :

    Tips Agar Anak Mau Mandi

    1. Jadikan waktu mandi sebagai waktu yang menyenangkan. Gunakan mainan favoritnya atau gelembung sabun untuk menarik agar si Kecil mau masuk ke kamar mandi. Sebagai alternatif, Bunda juga bisa menyediakan peralatan mandi termasuk sabun dan sikat gigi dengan warna dan karakter yang disukai mereka yang memiliki kemasan bergambar karakter kartun yang menarik bagi anak-anak.
    2. Buat permainan kreatif di kamar mandi. Lakukan dan ajak anak bermain permainan kreatif dari media yang ada dikamar mandi, misalnya membuat gelembung dan balon dari sabun, menakar air, menyusun sikat gigi berdasarkan warna atau milik ayah-ibu-kakak-adik, bermain musik dari gayung-ember, bermain hujan-hujanan dengan tangan, bermain tutup odol timbul tenggelam dalam bak mandi, dan lain sebagainya.
    3. Anak mungkin tidak ingin sekedar mandi, tapi mereka ingin berendam dengan busa wangi yang melimpah sambil menggosok kaki dan badannya dengan sikat khusus.
    4. Mulai perkenalkan cara menggosok badan dengan sabun, sampo, dan menyikat gigi sendiri dengan cara yang menyenangkan.
    5. Jika si Kecil takut air atau takut matanya kemasukan sabun, Bunda bisa membelikan si Kecil kacamata berenang untuk melindungi matanya dari percikan sabun atau sampo.
    6. Bila saat waktunya mandi anak sedang bermain dengan temannya, berikan pengertian padanya bahwa permainan yang sedang dilakukannya tersebut akan lebih menyenangkan bila dimainkan setelah dia mandi. Bunda juga bisa menyertakan mainan kesukaan anak untuk ikut mandi bersamanya.
    7. Jika si Kecil benar-benar tidak mau mandi sampai menangis histeris dan tidak bisa dibujuk, sebaiknya bunda tidak memaksanya untuk tetap mandi. Jika diperlukan gunakan air hangat dan spons untuk menyeka si kecil sampai dia siap untuk mandi. Sebagai alternatif bisa juga mengajak si Kecil mandi bersama dengan kakak, adik atau teman-temanya untuk mengatasi ketakutan mereka terhadap air.
    8. Umumnya anak menolak mandi di saat-saat kita ingin mereka mandi. Jadi, ijinkan saja mereka memilih jam mandi mereka. Memiliki rutinitas mandi yang baik memang penting. Tapi bila hari itu si Kecil punya banyak waktu di rumah, tak mengapa mengijinkan anak mandi sedikit lebih siang atau lebih malam.
    9. Jika si Kecil menolak mandi karena mempunyai luka ringan karena takut perih, berikan pengertian bahwa bagian yang luka tidak perlu disiram air, atau gunakan plester atau plastik untuk menutup lukanya jika memungkinkan.
    10. Setelah selesai dia mengeringkan badannya dengan handuk kemudian memakai baju mandi satu set dengan gambar karakter kesukaannya seperti Barbie, spongebob, Hello Kitty, Naruto,dan lain-lain.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 24, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi yang terlalu lama

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

    Tanda awal kehamilan

  • Oleh : I made oka putra Wirawan
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi
    Saya mau tanya..tanda tanda awal kehamilan seperti apa.?
    Istri saya awal haid tgl 5januari 2020..siklus bisa 28 dan 30hari..pas tgl 16januari 2020 saya cek pakai alat ovulasi tetnyata positif..dan kami melakukan hub suami istri…
    Dari tgl 23 januari perut sebelah kiri bawah mulai kram2 sampai saat ini..kadang2 kram sampai ke punggung dan bagian tengah perut bawah..serta susah BAB dan sering buang gas..
    Tapi sampai sekarang belum ada nyeri d payudara..
    Apa mungkin istri saya hamil.?

    Terima kasih..

    Bercak darah

  • Oleh : Rara Erlyska
  • 7 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu. Maaf mau tanya. Saya hari ini keluar bercak darah segar warna kepink”an berair di sertai kram ringan di perut bagian bawah. Sementara saya haid kemarin di tanggal 15-20 november. Apakah itu normal bu? Saat ini saya sedang dalam masa subur. Dan haid yang akan mendatang masih 1 mingguan lebih tepatnya di tanggal 31 desember nanti

  • Oleh : Rara Erlyska
  • Puting susu pria

  • Oleh : Terima Harapan Zai
  • 11 bulan, 4 minggu yang lalu

    Cara mengatasi puting susu pria yang menonjol

    Benjolan di payudara

  • Oleh : Khoirun Nisa
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bismillah..
    Izin bertanya, saya sedang hamil 9bulan dan baru pertama kali saya di cek di bagian payudara, dan terdapat benjolan di bagian kanan bawah payudara saya, ciri ciri benjolannya agak kenyal, bisa bergeser geser jika di gerakan tidak terasa sakit juga.. Yg mau saya tanyakan apakah saya bisa menyusui anak saya ketika lahir nanti? Dan akan berdampak bagaimana jika saya menyusui anak saya dalam ke adaan seperti itu? Terima kasih dok

    Tanya Bidan