×

Bunda Perlu Tahu Tanda-tanda Bayi Yang Bahagia

Bagikan Artikel :

Bunda Perlu Tahu Tanda-tanda Bayi Yang Bahagia

Semua orang tua ingin anaknya hidup bahagaia. Termasuk anak yang masih bayi. Memang bayi belum bisa mengunkapkan apa yang diinginkan dan apa yang dirasakan. Tapi bayi yang bahagia memiliki tanda-tandanya lho Bun. dan pasti bisa dibedakan bayi yang bahagia dan bayi yang tertekan. Ngomong-ngomong bayi bunda bahagia gak? Yuk kenali tanda-tandanya.

Tanda-tanda Bayi Bahagia

  1. Bayi Memiliki Perkembangan yang Baik
    Saat bayi memiliki perkembangan yang baik, hal tersebut bisa menjadi salah satu tanda bayi bahagia. Tumbuh kembang yang baik dapat dicontohkan dengan kemampuan untuk memegang lehernya dengan baik saat usianya menginjak tiga bulan, atau dapat berguling di lantai dengan perutnya. Kedua hal tersebut merupakan bukti bahwa bayi sudah memiliki kontrol yang cukup pada tubuh, serta otot-otot yang juga berkembang dengan cepat.
  2. Bayi Sering Menatap Mata Ibu
    Seiring berjalannya waktu, mereka akan satu-persatu mengekspresikan hal-hal kecil sebagai ungkapan rasa bahagianya. Salah satunya dengan menatap mata ibu. Meski di usia dini bayi belum mampu melihat dengan baik, mereka sudah bisa fokus terhadap karakter dan ciri wajah ibu. Jika Si Kecil melihat ibu dan melakukan kontak mata yang cukup lama, artinya mereka bahagia.
  3. Bayi Buang Air dengan Teratur
    Ketika sistem pencernaan Si Kecil bekerja dengan baik, hal tersebut menjadi tanda bayi bahagia. Normalnya bayi akan buang air besar dan kecil sebanyak 8-10 kali sehari. Hal tersebut membuktikan bahwa Si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya. Jika Si Kecil tidak buang air kecil dan air besar secara teratur, ini menjadi salah satu tanda jika ada yang tidak beres terhadap kesehatan tubuhnya.
  4. Bayi Merespons Suara
    Ketika bayi lahir, kemampuan pendengarannya tidak setajam kemampuannya untuk mendengar suara-suara di sekitarnya. Saat bayi berusia sebulan ke atas, kemampuan pendengarannya akan meningkat seiring waktu. Dia akan bereaksi terhadap berbagai suara di sekitarnya, serta mampu memperhatikan semua gerakan yang ada di sekitarnya. Hal tersebut menjadi salah satu tanda bayi bahagia.
    Bukan itu saja, Si Kecil akan menatap ibu saat ibu lewat di hadapannya dan akan terus menatap ibu menghilang dari pandangannya. Si Kecil juga sudah mulai merespons musik yang menenangkannya, serta mencoba mencari sumber atau arah dari mana suara itu berasal.
  5. Bayi Mencoba Berkomunikasi
    Tanda bayi bahagia selanjutnya adalah mulai merespons reaksi ibu saat berbicara. Biasanya hal ini terjadi saat bayi berusia 4 bulan ke atas. Mereka akan berkomunikasi dengan ibu melalui teriakannya. Tugas ibu adalah membalas suara dengan cara yang sama, sehingga Si Kecil akan merasa terhubung dengan ibu.
  6. Bayi Tidur Nyenyak
    Mendisiplinkan waktu tidur bayi merupakan salah satu rutinitas yang sulit dilakukan, karena pada awal kelahirannya mereka akan suka sekali begadang dan tidur di sepanjang siang. Saat mereka tumbuh, pola tidurnya akan ikut berubah. Hal tersebut merupakan pertanda baik untuk perkembangan fisiknya. Bayi yang tidur nyenyak juga menjadi tanda bayi bahagia. Pada usia sekitar 4 bulan, mereka akan mengalami jadwal tidur yang teratur.
  7. Mata yang berbinar
    Mata merupakan jendela hati. Begitu pula dengan apa yang bayi rasakan. Bayi yang bahagia terlihat dari wajahnya yang berseri-seri dan matanya berbinar-binar. Hal tersebut berasal dari suasana hatinya yang baik dan didukung oleh tubuh serta mata yang sehat.
  8. Bersikap ramah
    Bayi yang ramah mudah untuk berinteraksi dengan orang lain sekitarnya. Bila disenyumi ia akan membalas, jika diajak bicara ia akan merespon, tidak mudah merasa takut dan cepat untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Ia juga mudah terhubung dan memiliki relasi yang cukup baik dengan orang yang ada di sekitarnya. Inilah modal untuk berbahagia.
  9. Bayi Sering Tertawa
    Saat ibu mencoba berkomunikasi dengan mengajaknya berbicara, mereka akan merespons rasa bahagia dengan memberikan senyum atau tawanya. Bayi baru lahir biasanya tersenyum ketika mereka sedang tidur. Dalam sehari, bayi bisa tersenyum sampai 300 kali, sama seperti orang dewasa. Jika bayi lebih banyak menangis dan muram, itu menandakan bahwa Si Kecil tengah gelisah dan tidak bahagia.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 26, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Setelah melahirkan caesar

  • Oleh : Dwi Mulyono
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Kenapa setelah istri saya habis melahirkan caesar setiap BAB keluar darah mohon penjelasanya

    Berapa lama bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik?

  • Oleh : Yuli Ani
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

  • Oleh : Yuli Ani
  • Berhubungan sehari setelah menstruasi

  • Oleh : Agus Putra
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore buk , saya mau bertanya seputar kehamilan,
    Jadi gini buk,saya mempunyai seorang pacar yang masih perawan,suatu hari saya ingin melakukan hubungan badan dengan pacar saya,kebetulan saya melakukan hubungan badan sehari setelah dia menstruasi(rada – rada masih haid ),jadi pas saya melakukan hubungan badan,saya sebelum sebelumnya itu sering sekali mengeluarkan sperma saya sehari bisa 1 smpek 2 kali,saya keluarin 3 hari berturut turut sebelum melakukan hubungan badan sama pacar saya,pas saat saya berhubungan badan,saya menyentuh vagina pacar saya dan saya merasakan kalau ada cairan yang kluar dari dalam vagina pacar saya,pas saya hirup baunya khas ( lendir ) perempuan,setelah itu saya cuma memasukan kemaluan saya ke vagina pacar saya sampai berbunyi ” krek “,dan itu pun saya cuma memasukannya,setelah itu langsung saya cabut,dan saya mengeluarkan sperma saya di luar vagina pacar saya,
    Pertanyaan saya,apakah dapat mengakibatkan kehamilan ?
    Dan seumpama kalau ada setetes sperma yg msuk kedalan vagina,apa dapat menyebabkan kehamilan pada saat mens/haid?

    Kehamilan

  • Oleh : Atik Tika
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, maaf bu dokter saya mewakili teman saya mau bertanya, teman saya kan sudah tidak heid dari semenjak bulan mei 2019 setelah bulan juni akhir ternyata belum haid juga katanya, lalau pas tanggal 25 juni akhir teman saya melakukan test pack dan hasilnya negatif, tapi pas masuk bulan juli awal juga belum haid dan pas tanggal 9 juli di cek lagi hasilnya fositif, di tes lagi tanggal 12 juli juga masih fositif, dan di coba di tes lagi tanggal 23 juli juga masih fositif, tapi yg membuat anehnya kata teman saya dia sama sekalai tidak merasakan mual muntah atau tanda tanda hamil seperti biasanya yaitu perut buncit, sering pipis dll.hanya yg dirasakan yaitu tidak haid seperti biasanya saja. Yg mau di tanyakan jd sebenarnya teman saya itu sedang hamil atau tidak bu dokter, dan solusi nya apa untuk memastikan teman saya hamil atau tidak itu soalnya teman saya tidak mau di cek langsung ke dokter atau bidan dia orangnya penakut dokter. Terima kasih sekian pertanyaan saya mohon di jawab ya bu dokter.

    Bayi Sering Muntah Saat Diberikan ASI

  • Oleh : penneybolinger
  • 5 tahun yang lalu

    Halo bu bidan saya Delia usia 26 tahun. Saya mau tanya tentang soal bayi. Bayi saya jalan 7 minggu bu tapi kenapa bayi saya sering muntah kalau sedang di berikan asi.

    Tanya Bidan