×

Bunda Wajib Tahu, 6 Hal Sebelum Membeli Baju Bayi

Bagikan Artikel :

Bunda Wajib Tahu, 6 Hal Sebelum Membeli Baju Bayi

Baru dilihat saja baju bayi sudah menggemaskan, apalagi kalau sudah di pakai. Kadang para bunda doyan membeli pakaian bayi yang berjejer di toko karena lucu saja. Padahal sebenarnya membeli baju bayi tidak bisa sembarangn lho Bun, ada yang harus bunda tahu.

Yang Harus Bunda Pertimbangkan Sebelum Membeli Baju Bayi

  1. Minimalkan Aksesoris yang Menempel
    Pilih baju bayi yang memiliki sedikit kancing dan tali. Baju bayi dengan kancing kecil, hiasan manik-manik kecil juga bukan menjadi pilihan ya. Hal itu bisa menimbulkan risiko tersedak jika copot disaat dimainkan kemudian tertelan oleh bayi. Baju dengan tali yang panjang atau ornamen yang melekat erat di lengan, kaki, atau leher bayi juga tidak aman. Pilih baju bayi yang mudah dipakai dan dilepas. Ini akan sangat membantu.
  2. Belanja Berdasarkan Berat Bayi, Bukan Usia
    Saat ini, umur bukan lagi patokan saat hendak membeli baju bayi. Karena ukuran tiap bayi berbeda-beda setiap bulannya dan ukuran setiap merek pun akan berbeda, maka pilihan terbaik adalah mempertimbangkan berat badan Si Kecil.
    Berat badan adalah ukuran yang lebih baik. Beberapa bayi tidak cocok dengan ukuran baju newborn. Yang lain bahkan mungkin akan lebih membutuhkan baju berukuran 3 saat berusia 1 bulan. Jadi, beli baju dalam ukuran 6 bulan atau 1 tahun untuk dimiliki. Bukan ide bagus untuk membeli pakaian musiman, seperti pakaian renang atau mantel musim dingin jauh-jauh hari. Hal ini karena Moms tidak bisa memprediksi ukuran baju bayi.
  3. Pilih Model yang Simpel
    Baju bayi dengan leher yang lebih besar akan lebih baik. Ini akan mempermudah Bunda saat memakaikan atau membukanya. Namun, saat mau dipakai atau dibuka, lakukan yang cepat, karena bayi akan cepat panik ketika napasnya tersumbat atau ketika mereka tidak dapat melihat.
    Pilih juga baju yang memiliki ritsleting di bagian depan, karena akan lebih mudah dikenakan dan dilepas daripada yang ada di belakang. Jumper juga akan selalu jadi pilihan, karena akses membuka dan menutup pakaian dari arah bawah akan lebih cepat digunakan saat mengganti popok.
    Selain itu, jumper juga akan menghindari bagian perut bayi terbuka, sehingga meminimalisir terjadinya masuk angin. Manfaat utama adalah mereka akan tetap berada di tempatnya dan dapat menjaga punggung dan perut bayi Anda tidak terkena angina.
  4. Pakai Celana Tutup Kaki
    Ini adalah celana dengan kaki bawaan, dia akan menghilangkan kebutuhan kaus kaki atau sepatu bayi. Seperti Moms tahu, kaos kaki akan menjadi PR saat Si Kecil sudah bisa menendang. Apalagi saat Moms akan mengumpulkannya untuk dicuci.
    Dengan ini, selama Si Kecil nyaman mereka akan bisa digunakan lebih lama. Setelah itu, Bunda memotong bagian kaki dan menjahit bagian bawahnya. Dan voila, memiliki celana baru.
  5. Selalu Sedia Selimut
    Benda mungil ini akan selalu menjadi penolong. Saat salah kostum, saat cuaca berangin, saat hujan, dan dia akan sangat membantu saat Si Kecil harus keluar di malam hari. Bahkan, dia akan sangat berguna saat harus menyusui di luar ruangan.
    Selimut akan membuat bayi merasa nyaman dan terlindungi. Di musim panas, selimut ringan bisa digunakan. Pilihlah sesuatu yang lebih tebal saat hari semakin dingin. Bagaimana pun kondisinya, tutupi bayi dari jari kaki ke leher.
    Meski menyenangkan, bunda jangan sampai terlena saat masuk ke toko bayi. Jangan sampai ada terlalu banyak baju bayi yang tak terpakai. Sedikit berbelanja namun tepat fungsi juga akan membuat Bunda irit kan ?
  6. Pilih bahan yang lembut. Tidak semua baju bayi berbahan lembut. Kadan ada baju bayi yang terbuat dari jeans, jersy atau yang lainnya yang membuat bayi tidak nyaman, gerah dan susuah bergerak

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 25, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kesulitan hamil saat sdah kb

  • Oleh : Ulfha Arham
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok sya ingin bertnya

    Keputihan

  • Oleh : Fau Ziyah
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu akhir akhir ini saya keluar keputihan putih susu,berbau seperti tempe busuk,dan gatal Bu kira kira apa penyebab nya yah

    Agar tidak hamil.

  • Oleh : Sumarni
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Mat mlm dok.sya sdah mlahirkan anak pertama.cara agar untuk mnunda kehamilan saya,bagaimna dok

    Kehamilan

  • Oleh : dimas syahputra
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dan jika penis tidak berejakulasi apakah bisa hamil?(penis dan vagina bertemu 1 sama lain)

    Susah hamil setelah keguguran

  • Oleh : Sanesi Amida
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Siang Dok.
    Bulan 5 kemarin saya mengalami keguguran tanpa quret di usia kandungan yang memasuki usia 7minggu. Sekarang sudah bulan 12 kenapa susah untuk hamil lagi.
    Terimakasih

    Tanya Bidan