×

Cara Aman Memasak Sambil Momong Bayi Dan Balita

Bagikan Artikel :

Cara Aman Memasak Sambil Momong Bayi Dan Balita

Seorang ibu pasti tidak akan jauh dari urusan memasak untuk menyiapkan makanan keluarga. Meskipun memiliki asisten rumah tangga, tentu seorang ibu tidak akan lepas dari urusan dapur karena ART sifatnya hanya membantu. Lalu bagaimana dengan ibu yang harus memasak tapi tidak punya ART dan memiliki anak bayi atau balita? Mau tidak mau, memasak dilakukan sambil mengasuh anak.

Agar lebih efisien, lakukan beberapa kegiatan sekaligus saat sedang memasak di dapur. Misalnya, mememotong sayur sambil merebus kuah daging, menggoreng sambil mencuci beras, dan sebagainya. Jika punya bayi, waktu yang paling tepat memasak adalah saat si kecil sedang tidur. Lantas, kalau kebetulan bayinya tidak mau tidur bagaimana? Masa tidak jadi memasak? Nggak mungkin, kan. Mau tidak mau kegiatan memasak dilakukan sambil mengasuh bayi.

Related Posts :

    Begitu pula jika memiliki anak batita yang masih perlu pengawasan ekstra. Saat memasak sambil mengasuh si kecil, kita tidak boleh lengah. Capek memang, bolak-balik mengecek aktivitas anak saat kita sedang memasak. Namun itu wajib dilakukan agar tidak terjadi sesuatu pada anak saat kita sedang asyik memasak.

    Tips Masak Sambil Mengasuh Bayi

    1. Ditaruh di stroller (kereta dorong bayi)
      Untuk bayi yang belum merangkak maka ditidurkan di stroller, dan beri mainan supaya anteng. Tapi jika bayi yang sudah duduk dan merangkak maka dudukkan dan pasang tali pengikat di stroller, dan beri mainan. Jika bayi bayi mulai terlihat bosan, ganti mainannya, atau gendong sebentar lalu taruh kembali di stroller. Jika menangis, hentikan kegiatan memasak sampai bayi tenang dan mau ditaruh di stroller lagi. Jangan lengah. Selalu awasi bayi jangan sampai dia merosot dari posisinya yang bisa membuatnya terjatuh.
    2. Ditaruh di lantai
      Di biarkan main di lantai hanya dilakukan untuk bayi yang sudah bisa duduk tegak, sudah merangkak, dan merambat. Bila menumpahkan air segera dibersihkan agar bayi tidak terpeleset. Berikan mainan supaya bayi tidak bosan. Selain itu, biarkan si kecil membuat dapur anda berantakan dengan bahan masakan atau alat masak yang aman. Awasi jangan sampai dia bermain dengan benda yang bisa melukai atau berbahaya.
    3. Digendong
      Ketika di gendong bunda harus ekstra hati-hati apalagi ketika menggoreng. Gunakan face shield dan baju yang panjang sehingga apabila terkena percikan minyak tidak langsung terkena kulit anak.
    4. Ditaruh di ayunan
      Gunakan ayunan model kain yang dikat tali atau model per. Jangan gantung ayunan terlalu tinggi.
      Jangan lupa letakkan kasur di bawah ayunan. Fungsinya untuk mencegah seandainya bayi terjatuh dan tidak langsung membentur lantai.

    Tips Menyambi Memasak Sambil Mengasuh Batita

    1. Berikan mainan kesukaan. Bisa boneka, pasel, balok, mobil2an, dll.
    2. Menyetel acara kartun atau vcd animasi yg mendidik. Misalnya Upin dan Ipin di televisi atau menyetel vcd barney, dsb.
    3. Ajak anak ikut membantu kegiatan memasak di dapur. Beri tugas yang ringan dan menyenangkan. Biarkan daput berantakan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 16, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kesehatan vital

  • Oleh : Putra Inhil
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Permisi buk bidan, saya pernah baca artikel yang menjelaskan tentang bahaya masturbasi pada pria, saya sering melakukan masturbasi, tetapi jika saya berhenti masturbasi, apakah semua akan kembali normal?

    Impotensi

  • Oleh : Eko Priono
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, saya kalo pagi hari ereksi, tp kalo kalo udah sore ereksi tp cuma sebentar, untuk obat yang aman menyembuhkan impoten apa dok

    Keputihan

  • Oleh : indah nian lestari
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya , saya slalu keputihan setiap hari , sebenernya yang keluar dr vagina itu keputihannya warna putih pekat tp kelamaan dicelana dalam berubah jd warna kuning tp entah lah sebenernya warna apa saya juga bingung . Dan kemaren vagina sayaa terasa gatal sekali dan akhirnya saya berobat kepuskesmas terdekat dan saya dikasih obat metronidazol dan chlorphenamine maleate . Saya merasa sudah baikan setelah minum obat itu sekali dan karena merasa sudah sembuh saya tidak melanjutkan meminum obat tersebut . Dan hari ini gatal nya kambuh lagi . Sebenernya saya tuh sakit apa ya dok ? Apakah saya terkena kanker servik?

    Haid tidak lancar

  • Oleh : Naisyabilla Sutarno
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Saya mahasiswi usia 18 tahun. Siklus menstruasi saya tidak lancar, terkadang 4 bulan bahkan lebih tidak menstruasi. Apakah seperti itu normal atau ada gangguan? Saya belum periksa ke dokter. Jika ingin lancar menstruasi itu caranya seperti apa?

    Terimakasih

    Mansturbasi.

  • Oleh : Arif Pratama
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat malam ibu dokter. Saya mewakili teman saya ingin bertanya.
    Masalah nya temen saya hampir setiap 2 minggu sekali onani dan itu rutin . Dan dia sudah melakukan onani ini sudah dari 3 tahun yang lalu . Dan sekarang setiap menonton film porno alat kelamin nya ngga ereksi nya ga sekeras yang dulu.
    Pertanyaan nya. : apakah dampak terlalu sering onani dapat menyebabkan penurunan ereksi ?
    Dan adakah cara untuk membuat si alat kelaminya itu keras lagi seperti dulu ?
    Terima kasih dokter . . 🙏🏻

    Tanya Bidan