×

Cara Ampuh Mengajari Si Kecil Puasa Ramadhan

Bagikan Artikel :

Cara Ampuh Mengajari Si Kecil Puasa Ramadhan

Selain mesti sabar, saat mengajari si kecil puasa Bunda juga harus pandai memberikan semangat. Bunda juga tidak perlu memaksa si Kecil untuk berpuasa Ramadhan 1 bulan penuh karena puasa untuk si Kecil tidak sama dengan puasa orang dewasa. Bahkan di dalam Islam telah disabdakan oleh Rasul-Nya: “Tidak ada kewajiban syar’i bagi anak-anak yang belum baligh”.

Selain itu dalam melatih anak puasa, orangtua harus mempertimbangkan kondisi dan kemampuan mereka. Telah jelas bahwa Islam sendiri tidak menghendaki adanya unsur paksaan dalam mendidik anak.

Cara Melatih Si Kecil Puasa

  1. Berikan contoh
    Mengajarkan si Kecil untuk ikut puasa sebaiknya dimulai dengan memberikan contoh. Hal ini akan membuat anak lebih mudah mempraktikkannya. Contohnya tentu saja dari Anda sendiri. Saat menjalankan ibadah puasa, pasti anak akan bertanya apa itu puasa, mengapa ibu atau bapak tidak makan, dan lain sebagainya. Hal ini akan menimbulkan rasa penasaran, sehingga anak ingin mencobanya sendiri.
  2. Jangan paksa si Kecil untuk berpuasa penuh
    Jika ini adalah tahun pertama mereka puasa, maka biarkan mereka berpuasa setengah hari atau beberapa jam saja. Ini sudah cukup untuk mereka berlatih puasa. Puasa setengah hari tidak akan memberikan beban berat pada mereka.
  3. Berikan hadiah saat puasa si Kecil berhasil
    Kamu wajib memberikan hadiah saat mereka berhasil berpuasa penuh. Hadiah juga bisa jadi motivasi terbesar bagi anak-anak, apalagi kalau hadiahnya itu barang kesukaan mereka.
  4. Membuat makanan sahur dan buka yang spesial
    Usahakan untuk memasak makanan dan minuman favorit mereka saat sahur dan buka puasa. Hal ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu ketika berpuasa. Sehingga, mereka selalu antusias berpuasa. Sesekali ajak pula berbuka di luar rumah.
  5. Libatkan anak-anak dalam berbagai tradisi Ramadan
    Ajak mereka untuk membuat takjil, membersihkan, dan mendekorasi rumah untuk persiapan lebaran dan semacamnya. Melibatkan mereka dalam tradisi akan membuat mereka merasakan euforia Ramadan. Hal ini akan membuat mereka makin semangat.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 9, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang benjolan di dalam selengkangan atas istri saya

  • Oleh : Sutan Rajab
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Benjolannya tidak ada rasanya cman besar sebesar kulit kacang..trus tu halus itu gmnbya bu???

  • Oleh : Sutan Rajab
  • Ejakulasi dini

  • Oleh : Hendra Pratama
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Halo dokter, saya mau bertanya, kenapa ya setiap kali saya berhubungan intim dengan istri, baru pemanasan saja rasanya penis mau mengeluarkan air mani, dan ketika penis penetrasi ke vagina istri, terkadang tidak sampai satu menit, sudah ejakulasi/keluar air mani, pertanyaannya apakah ini dikatakan ejakulasi yg cukup parah atau normal, dok, dan bolehkah berhubungan intim yg kedua kali dalam satu malam, karena yg kedua kalinya itu agak lama mencapai ejakulasinya, walaupun penis agak pegel?

    Keputihan

  • Oleh : Prihatin Susilowati
  • 3 minggu, 5 hari yang lalu

    Dok mau tanya saya tuh keputihan … keputihannya warnanya semu kuning gitu.. biar hilang gimna ya dok ? Terimakasih

  • Oleh : Prihatin Susilowati
  • Kesulitan hamil saat sdah kb

  • Oleh : Ulfha Arham
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok sya ingin bertnya

    Cara mengobati inpotensi

  • Oleh : Ario Hanindito
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saya mau menanyakan bagaimana cara mengobati impotensi dan bisakah ipotensi itu karena saraf yang putus?

    Tanya Bidan