×

Cara Ampuh Mengajari Si Kecil Puasa Ramadhan

Bagikan Artikel :

Cara Ampuh Mengajari Si Kecil Puasa Ramadhan

Selain mesti sabar, saat mengajari si kecil puasa Bunda juga harus pandai memberikan semangat. Bunda juga tidak perlu memaksa si Kecil untuk berpuasa Ramadhan 1 bulan penuh karena puasa untuk si Kecil tidak sama dengan puasa orang dewasa. Bahkan di dalam Islam telah disabdakan oleh Rasul-Nya: “Tidak ada kewajiban syar’i bagi anak-anak yang belum baligh”.

Related Posts :

    Selain itu dalam melatih anak puasa, orangtua harus mempertimbangkan kondisi dan kemampuan mereka. Telah jelas bahwa Islam sendiri tidak menghendaki adanya unsur paksaan dalam mendidik anak.

    Cara Melatih Si Kecil Puasa

    1. Berikan contoh
      Mengajarkan si Kecil untuk ikut puasa sebaiknya dimulai dengan memberikan contoh. Hal ini akan membuat anak lebih mudah mempraktikkannya. Contohnya tentu saja dari Anda sendiri. Saat menjalankan ibadah puasa, pasti anak akan bertanya apa itu puasa, mengapa ibu atau bapak tidak makan, dan lain sebagainya. Hal ini akan menimbulkan rasa penasaran, sehingga anak ingin mencobanya sendiri.
    2. Jangan paksa si Kecil untuk berpuasa penuh
      Jika ini adalah tahun pertama mereka puasa, maka biarkan mereka berpuasa setengah hari atau beberapa jam saja. Ini sudah cukup untuk mereka berlatih puasa. Puasa setengah hari tidak akan memberikan beban berat pada mereka.
    3. Berikan hadiah saat puasa si Kecil berhasil
      Kamu wajib memberikan hadiah saat mereka berhasil berpuasa penuh. Hadiah juga bisa jadi motivasi terbesar bagi anak-anak, apalagi kalau hadiahnya itu barang kesukaan mereka.
    4. Membuat makanan sahur dan buka yang spesial
      Usahakan untuk memasak makanan dan minuman favorit mereka saat sahur dan buka puasa. Hal ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu ketika berpuasa. Sehingga, mereka selalu antusias berpuasa. Sesekali ajak pula berbuka di luar rumah.
    5. Libatkan anak-anak dalam berbagai tradisi Ramadan
      Ajak mereka untuk membuat takjil, membersihkan, dan mendekorasi rumah untuk persiapan lebaran dan semacamnya. Melibatkan mereka dalam tradisi akan membuat mereka merasakan euforia Ramadan. Hal ini akan membuat mereka makin semangat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 9, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Lendir saat berhubungan

  • Oleh : Majid Jid
  • 11 bulan yang lalu

    Halo dok, mau bertanya. Lendir apakah yg dikeluarkan miss v saat berhubungan. Dengan ciri kental dan licin. Awalnya menganggap sperma yg sudah keluar. Tetapi rasanya sperma belum dikeluarkan. Dan masih awal berhubungan

  • Oleh : Majid Jid
  • Kurang berat badan

  • Oleh : Dewi Okriyaningsih
  • 7 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok sy mau tanya sy kan dari gadis sdh kurus tapi sekarang sy sdh hamil knp ngk naik berat badan nya ya dan berat badan ideal hamil di semester 3 itu brapa takut baby nya kurang nutrisi

  • Oleh : Dewi Okriyaningsih
  • Haid Lama, Tapi Hanya Flek

  • Oleh : Yayu Yu
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu Bidan, izin bertanya. Usia saya 19 tahun, sudah sekitar satu tahun lebiy saya haid selalu 15 hari, tapi hanya keluar flek saja, tidak pernah keluar darah. Waktu saya usia 17 tahun kemaluan saya mengeluarkan darah segar setiap saat sampai beberapa hari, tapi setelah pergi ke dokter pendarahannya berhenti. Bagiamana ya bu bidan? Saya sudah pergi ke dokter hingga ke bidan untuk mengonsultasikan hal ini, tapi ujung-ujungnya hanya diberi obat saja, dan tidak kunjung sembuh. Apa sangat di perlukan untuk pergi ke spesialis bu bidan, mohon jawabannya bu bidan. Terima kasih banyak.

    bahaya dari placenta previa

  • Oleh : Alesha Zahra
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Pagi ibu bidan, saya mau tau apa sih bahaya dari placenta previa pada kehamilan?ditunggu jawabannya, terima kasih

    Mioma

  • Oleh : Dian Puspita sari
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat malam,bu
    Bu,sy dian..sy mau tanya seputar kehamilan yg ada miom nya bu. Usia kandungn sy skrg 22 mgg,tapi ketika kemarin usg ada miom berukuran 13 cm,kira2 upaya apa yang harus sy lakukan y bu?

  • Oleh : Dian Puspita sari
  • Tanya Bidan