×

Cara Ampuh Mengajari Si Kecil Puasa Ramadhan

Bagikan Artikel :

Cara Ampuh Mengajari Si Kecil Puasa Ramadhan

Selain mesti sabar, saat mengajari si kecil puasa Bunda juga harus pandai memberikan semangat. Bunda juga tidak perlu memaksa si Kecil untuk berpuasa Ramadhan 1 bulan penuh karena puasa untuk si Kecil tidak sama dengan puasa orang dewasa. Bahkan di dalam Islam telah disabdakan oleh Rasul-Nya: “Tidak ada kewajiban syar’i bagi anak-anak yang belum baligh”.

Related Posts :

    Selain itu dalam melatih anak puasa, orangtua harus mempertimbangkan kondisi dan kemampuan mereka. Telah jelas bahwa Islam sendiri tidak menghendaki adanya unsur paksaan dalam mendidik anak.

    Cara Melatih Si Kecil Puasa

    1. Berikan contoh
      Mengajarkan si Kecil untuk ikut puasa sebaiknya dimulai dengan memberikan contoh. Hal ini akan membuat anak lebih mudah mempraktikkannya. Contohnya tentu saja dari Anda sendiri. Saat menjalankan ibadah puasa, pasti anak akan bertanya apa itu puasa, mengapa ibu atau bapak tidak makan, dan lain sebagainya. Hal ini akan menimbulkan rasa penasaran, sehingga anak ingin mencobanya sendiri.
    2. Jangan paksa si Kecil untuk berpuasa penuh
      Jika ini adalah tahun pertama mereka puasa, maka biarkan mereka berpuasa setengah hari atau beberapa jam saja. Ini sudah cukup untuk mereka berlatih puasa. Puasa setengah hari tidak akan memberikan beban berat pada mereka.
    3. Berikan hadiah saat puasa si Kecil berhasil
      Kamu wajib memberikan hadiah saat mereka berhasil berpuasa penuh. Hadiah juga bisa jadi motivasi terbesar bagi anak-anak, apalagi kalau hadiahnya itu barang kesukaan mereka.
    4. Membuat makanan sahur dan buka yang spesial
      Usahakan untuk memasak makanan dan minuman favorit mereka saat sahur dan buka puasa. Hal ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu ketika berpuasa. Sehingga, mereka selalu antusias berpuasa. Sesekali ajak pula berbuka di luar rumah.
    5. Libatkan anak-anak dalam berbagai tradisi Ramadan
      Ajak mereka untuk membuat takjil, membersihkan, dan mendekorasi rumah untuk persiapan lebaran dan semacamnya. Melibatkan mereka dalam tradisi akan membuat mereka merasakan euforia Ramadan. Hal ini akan membuat mereka makin semangat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 9, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bahayakan minum vitamin B kompleks saat hamil?

  • Oleh : Diranan
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya lagi hamil dan memasuki trimester kedua. Namun, kebetulan kemarin ada teman saya yang bilang, bahwa vitamin B kompleks sangat baik bagi ibu dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Hanya saja saya takut dok, bukannya ibu hamil dilarang minum obat berbahan kimia yah dok? Mohon jawabannya.

    Ejakulasi

  • Oleh : Eddy Ningmabin
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Mba bagaimana memiliki ketahanan dari ejakulasi dini?

    Benjolan di area Miss v

  • Oleh : Fia Ana
  • 11 bulan yang lalu

    Selamat sore ibu bidan,saya FIA dari Jakarta mau bertanya.di Bagian tengah dekat lobang Miss v aku serasa kayak ada benjolan,dan setiap kalau akan berhubungan dengan suami agak terasa nyeri,tapi setelah selesai terkdang masih terasa nyeri kadang tidak dan hilang begitu berlalu.apakah itu berbahaya?

  • Oleh : Fia Ana
  • Keputihan

  • Oleh : Fau Ziyah
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu akhir akhir ini saya keluar keputihan putih susu,berbau seperti tempe busuk,dan gatal Bu kira kira apa penyebab nya yah

    Susah Hamil Setelah Mengalami Keguguran

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

    Tanya Bidan