×

Cara Ampuh Mengajarkan Si Kecil Membaca Alquran

Bagikan Artikel :

Cara Ampuh Mengajarkan Si Kecil Membaca Alquran

Selain memberikan pendidikan umum, si Kecil juga perlu diberikan pendidikan agama, terutama dalam hal membaca alquran. Membaca alquran adalah salah satu ibadah yang memiliki amalan yang banyak. Oleh karena itu anak-anak perlu diajarkan membaca alquran mulai dari iqro. Iqro biasanya lebih mudah untuk dipahami karena bacaannya cenderung sederhana. Namun, tetap diperlukan cara khusus agar anak dapat lancar membaca huruf-huruf Arab dalam Iqro.

Mengajarkan amalan atau cara beribadah dalam agama Islam perlu dilakukan sejak usia anak-anak. Hal ini karena saat kecil, belajar bagaikan menulis di atas batu, diserap dengan baik dan akan selalu diingat. Tapi bagaimana nih mengajarkan iqro pada anak dengan tepat? Yuk simak di bawah ini!

Related Posts :
    1. Kenalkan huruf hijaiyah dengan cara menyenangkan
      Suatu hal yang dimulai dengan cara menyenangkan akan disukai oleh anak-anak. Jadi, sebaiknya Bunda mengenalkan huruf-huruf hijaiyah dengan metode yang seru. Misalnya, menggunakan gambar-gambar huruf hijaiyah beragam warna. Lalu menempelkannya di dinding kamar atau ruang bermain sehingga anak mudah mempelajarinya.
      Selain itu, bangun komunikasi secara perlahan mengenai pentingnya mengaji atau membaca Iqro. Setelah mengetahui semua itu, si Kecil akan lebih bersemangat dalam belajar.
    2. Ulangi huruf-huruf hijaiyah setiap hari
      Biasanya, anak-anak perlu belajar sesuatu secara berulang. Untuk itu, Bunda perlu mengulangi setiap huruf hijaiyah agar si Kecil dapat membacanya dengan lancar. Buatlah jadwal khusus belajar Iqro atau siasati waktu bermain anak untuk membaca huruf hijaiyah. Misalnya, dengan tiba-tiba menunjukkan huruf hijaiyah dan meminta anak untuk menebaknya. Lakukan secara berulang setiap hari.
    3. Menggunakan istilah unik saat belajar
      Istilah unik yang dimaksud dalam hal ini, yaitu menggantikan bunyi huruf hijaiyah dengan kata benda atau kata kerja. Misalnya, huruf a (ا) diganti menjadi awan, huruf ba (ب) untuk balon, atau ta (ت) menjadi tali.
      Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan perumpaan sesuai deskripsi, seperti huruf a (ا) bentuknya seperti tiang listrik atau huruf jim (ج) yang mirip dengan perut gendut, dan beragam narasi kreatif lainnya.
      Penggunaan istilah atau kata ganti pada setiap huruf hijaiyah ini dapat membantu anak lebih fokus dan mudah diingat. Apabila saat belajar mengaji anak lupa, Bunda bisa mengingatkannya dengan istilah atau kata gantinya.
    4. Buat metode belajar yang seru untuk anak
      Cara belajar yang seru dapat membuat anak lebih bersemangat, lho. Jadi, belajar mengaji Iqro yang biasanya dilakukan serius atau kaku dapat anak jalani dengan menyenangkan.
      Bunda dapat mengajarkan anak mengaji menggunakan metode kuis. Dengan cara menunjukkan huruf hijaiyah dan bertanya pada si Kecil bagaimana pelafalannya. Ulangi beberapa kali, koreksi jawaban yang salah, dan berikan hadiah pada jawaban yang benar.
      Teruslah mencari dan mencoba beragam metode belajar hingga menemukan yang paling sesuai dan nyaman bagi anak.
    5. Memanfaatkan teknologi untuk belajar mengaji
      Kehadiran teknologi dapat membantu beragam kegiatan sehingga lebih mudah dilakukan. Tak terkecuali dalam hal pembelajaran anak. Bunda bisa memanfaatkan gadget untuk mengajarkan bacaan Iqro pada si Kecil.
      Misalnya, dengan mengunduh aplikasi Iqro digital yang memiliki beragam ilustrasi menarik sehingga anak dapat belajar huruf hijaiyah secara menyenangkah. Pada aplikasi tersebut juga biasanya terdapat beberapa pilihan mainan untuk mengasah kemampuan mengaji anak.
      Selain itu, telah banyak pilihan video edukasi di internet tentang huruf-huruf hijaiyah. Dengan ilustrasi dan iringan musik yang disukai anak. Namun, tetap beri pendampingan saat anak menggunakan gadget, ya. Beri juga batas waktu sehingga anak tidak ketergantungan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 6, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang flek

  • Oleh : Arvindy Vindy
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok saya kan kemarin sempet telat haid 3 hari tapi sudah mengeluarkan flek dikit setetes, lalu ke 4 hari nya saya keluar darah lumayan lalu 5 – 8 hari balik sedikit keluarnya itu pun sekali kadang di singa hati aja, lalu ke 9 gak keluar lalu saat saya kerja keluar lagi darah sedikit pada siang hari dan ke 10 juga gitu , lalu ke 14 nya saya udah gak keluar ya dok, saya berhubungan sama suami saya pada pagi hari gpp kok siang balik keluar flek coklat lagi dok kenapa ya dok

    Fases bayu berwarna gelap cenderung kehitaman

  • Oleh : destiana
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin konsultasi nih saya punya anak usianya baru 4 bulan ketika buang air besar fasesnya berwarna gelap, mulanya berwarna hijau gelap makin kesini fasesnya cenderung kehitaman. Apakah itu normal bu bidan dan kebetulan anak saya minum sufor sama ASI cuma lebih banyak minum sufor daripada ASI. Mohon jawabannya

    Kesehatan reproduksi

  • Oleh : Nur Wahyuni
  • 4 hari, 18 jam yang lalu

    Dok apa penyebab nya setelah haid belum sampai 2 minggu haid lagi

  • Oleh : Nur Wahyuni
  • Telat haid 9 hari

  • Oleh : Muhammadfadly Kadir
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selama 9 hari lewat 1 bulan saya belum haid dokk, apakah tanda lambat haid selama 9 hari itu tanda kehamilan,, tolong jelas kan

    Terima kasih

    Tentang kehamilan

  • Oleh : Martins Varela
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Halo matsore ibu bidang..
    Ini aku varela istri aku baru lahir 2 bulan tpi kami uda beraktifitas hubungan intim lagi..dan saat berhubungan intim kurasa uda sedikit sel sperma yg uda masuk ..kira2 uda 2 kali begini …apakah istri saya bisa terjadi kehamilan lagi ya ibu bidan…tolong masukannya ya ibu bidan…
    Makasih buat curhat bidan.🙏🙏🙏

    Tanya Bidan