×

Cara Bunda Mengetahui Bakat Anak

Bagikan Artikel :

Cara Bunda Mengetahui Bakat Anak

Setiap anak memiliki bakatnya sendiri. bakat adalah dasar (kepandaian, sifat, dan pembawaan) yang dibawa sejak lahir. Sementara minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Jadi dapat disimpulkan bahwa bakat merupakan potensi yang ada dalam diri masing-masing anak sejak lahir yang biasanya merupakan kemampuan orangtua yang menurun pada anaknya, namun bisa jadi bakat tersebut muncul secara alami dan bukan karena faktor keturunan. Sementara minat adalah kecenderungan ataupun keinginan anak terhadap sesuatu yang ia sukai.

Bakat pada anak dapat terlihat sejak kecil. Ada anak yang menyukai keteraturan yang terlihat dari kebiasaannya membereskan dan menyimpan mainan pada tempatnya. Tetapi ada pula yang tidak rapi menyimpan sesuatu namun senang tampil di depan umum maupun memecahkan teka-teki.. Meski demikian bakat pada anak akan lebih terlihat sekitar umur 10 tahun dimana ia sudah mengeksplorasi banyak hal. Pada usia ini Mama sudah dapat melihat minat anak di beberapa bidang yang ia gemari. Dari bidang-bidang tersebut akan ada suatu bidang dimana ia tampak paling menonjol dibanding teman-temannya, itulah yang dinamakan bakat.

Related Posts :

    Bagi sebagian anak mereka akan berbakat di bidang olahraga, menyanyi, menggambar, menari maupun berbicara di depan umum dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Bakat dapat meliputi kemampuan dalam mengerjakan sesuatu maupun sikap dasar yang dimiliki anak sejak lahir.

    Cara Mengetahui Bakat Anak

    1. Mengamati kebiasaan dan kesukaan anakPexels/rawpixel.com
      Bunda dapat mengetahui minat dan bakat si Kecil dengan cara mengamati kegemaran anak akan sesuatu maupun kebiasaannya sehari-hari. Hal-hal yang mencakup kesenangan anak merupakan minat. Dari beberapa minat yang ditunjukkan oleh anak itulah Mama dapat melihat bakatnya ada pada bidang apa.mBila sudah mengetahui bakat anak, maka Bunda dapat mengarahkannya untuk mendalami bakatnya tersebut dan mencari sarana yang tepat agar bakat tersebut dapat berkembang dan terasah dengan baik di tangan orang atau pelatih yang tepat.
    2. Membiarkan anak mengeksplorasi kemampuannya
      Cara kedua yang dapat Bunda lakukan untuk menemukan minat dan bakat anak adalah dengan membiarkan anak mengeksplorasi kemampuannya dengan cara mencoba berbagai hal yang berbeda. Apresiasilah keinginan anak saat ia hendak mencoba sesuatu yang baru karena itu merupakan caranya dalam menemukan bakat terpendamnya. Yang dapat Bunda lakukan adalah mendukung, mengarahkan dan tidak lupa mengawasi dengan baik.
    3. Mengikutkan anak dalam berbagai perlombaan
      Alangkah baiknya apabila Bunda dapat mengajak si Kecil untuk berpartisipasi dalam berbagai perlombaan. Dengan mengikuti berbagai macam perlombaan maka Bunda akan dapat melihat minat dan bakat anak. Perlombaan dengan hasil terbaik yang ditunjukkan anak menandakan ia berbakat dalam bidang tersebut. Tetapi jangan lupa untuk selalu meminta persetujuan anak saat hendak mendaftarkannya pada suatu perlombaan. Apabila anak tidak berminat maka tidak perlu memaksanya.
    4. Menempatkan anak pada posisi yang terdesak
      Pada beberapa anak, bakat dapat terlihat setelah ia ditempatkan pada posisi yang terdesak. Pada dasarnya setiap manusia apabila ditempatkan pada posisi terdesak tersebut pasti akan menggunakan segala kemampuannya dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Bunda dapat meminta anak mengerjakan PR dalam jangka waktu tertentu karena akan pergi ke tempat bermain. Dengan begitu anak akan termotivasi bermain dan segera menyelesaikan PR sebaik dan secepat mungkin.
    5. Membangun komunikasi positif
      Dalam hubungan orangtua dan anak sudah semestinya memiliki komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik bukan hanya berdasar pada syarat komunikasi dua arah, tetapi juga bagaimana cara membangun komunikasi yang positif. Komunikasi yang positif dapat ditandai dengan pemilihan kalimat positif, bukan kalimat negatif. Dengan begitu anak akan merasakan dukungan Bunda dalam segala kegiatannya. Jangan lupa untuk menanyakan cita-cita anak maupun target yang ingin diraihnya. Dari komunikasi yang baik dan positif Bunda akan mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus Bunda lakukan untuk mengarahkan dan mendorong minat dan bakat si Kecil.
    6. Memberikan waktu untuk bersosialisasi
      Slate.com
      Hal penting lainnya yang perlu Bunda lakukan adalah memberikan waktu bagi anak untuk bersosialisasi dengan teman-temannya. Anak-anak saat berkumpul biasanya akan saling mempertunjukkan kebolehannya maupun bercerita dan melakukan aktifitas yang digemarinya. Dengan memperhatikan anak saat bersosialisasi dengan temannya maka Bunda akan dapat mengetahui minat dan bakat si Kecil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 27, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tanda kehamilan

  • Oleh : Marya Mariya ulfa
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Kak sya kputihan putih bnget kentel pdal blm mnjalng mau haid

  • Oleh : Marya Mariya ulfa
  • Bercak Hitam Saat Menstrulasi

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya. Biasanya kan tanggal sekarang ini saya jadwalnya menstrulasi, namun 2 hari belakang ini saya melihat di celana dalam saya ada bercak hitam sering sekali membuat gatal bagian miss V saya, mau tau dong apa sih penyebabnya itu?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • Botol asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Aisyah Putri Setiawan

  • Oleh : Bunga Handayani
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

    Frekuensi BAB Pada Bayi

  • Oleh : juwita
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Siang Bu Bidan, saya mau tanya, pada bayi usia 7 bulan berapa kali frekuensi BAB yang normal ?

    Tanya Bidan