×

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

Bagikan Artikel :

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

Ilmu parenting harus dimiliki oleh semua orang tua. Mendidik anak setiap usia tentu berbeda-beda. Untuk usia 2 tahun orang tua harus benar-benar sabar. Karena mendidik anak usia 2 tahun memang bukan perkara mudah dan seserhana. Hal ini dikarenakan nilai-nilai yang Anda terapkan pada mereka di usia ini akan menjadi pondasi saat mereka tumbuh besar nanti.

Di usia ini, anak telah mengalami perkembangan pesat, baik perkembangan fisik, kognitif, bahasa, sensorik dan motorik, maupun emosional. Di usia ini pula otak anak berkembang aktif. Ia akan menyerap semua informasi dan berbagai hal baru yang dialami. Karena itu, Moms harus bisa mendidik Si Kecil dengan cara yang tepat.

Related Posts :

    Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

    1. Tunjukkan Kasih Sayang
      Bersikaplah lemah lembut pada Si Kecil dan berikan kasih sayang secara tulus. Berikan ia ciuman dan pelukan setiap pagi saat ia baru bangun dari tidur. Dengan melakukan ini, Si Kecil akan nyaman dan selalu merasa dipenuhi cinta dan kasih sayang dari orang tuanya.
    2. Pancing Kreativitasnya
      Anak usia 2 tahun sudah mulai belajar untuk mandiri dan melakukan semuanya sendiri. Karena itu, ajarkan Si Kecil berbagai hal yang baru dan pancing kreativitasnya saat bermain dengannya. Bermain memang dunia anak-anak. Walaupun begitu, Moms tetap bisa menyelipkan berbagai pelajaran di dalam semua permainan yang Si Kecil lakukan. Dengan bermain, Si Kecil juga tidak akan merasa bosan saat ia harus belajar.
    3. Ajarkan Sopan Santun dan Etika
      Di usia ini juga Si Kecil sudah bisa Anda ajarkan berbagai macam etika dan sopan santun yang perlu ia ketahui, seperti perkataan “Terima kasih”, “Tolong”, “Maaf”, serta menghormati bukan hanya kepada orang tuanya, tetapi juga orang lain yang lebih tua serta teman-temannya.
    4. Bersikap Tegas
      Ketegasan bisa mempermudah seseorang untuk mulai belajar tentang peraturan. Anak usia 2 tahun bisa bingung jika sebuah aturan berubah-ubah, misalnya hari Anda melarang, tapi karena Si Kecil menangis, Anda lalu mengizinkannya. Ini juga bisa membuat Si Kecil mencari celah untuk memanfaatkan Anda, Moms. Selain itu, Anda juga mesti bersepakat dengan suami dalam memberikan sikap tegas pada anak.
    5. Sering Mengajak Ngobrol
      Mengajak Si Kecil berbincang mungkin terdengar sepele. Namun Moms perlu tahu bahwa aktivitas ini bisa melatih dan mengasah kemampuan anak dalam berbicara dan berkomunikasi serta menambah pengetahuan berbagai kosakata yang baru yang bisa ia tiru. Dengan demikian anak akan lebih lancar berbicara nantinya.
    6. Ajak Membaca
      Meskipun belum bisa membaca, mengajak Si Kecil untuk mulai mengenal buku dan membaca akan memberikan stimulasi yang baik untuk perkembangan otaknya. Menurut penelitian, mengajak anak membaca buku cerita yang berwarna-warni mampu menstimulasi kemampuan membacanya sejak dini. Saat membaca, Si Kecil tak hanya melihat visual buku tapi juga mendengar kata-kata yang diucapkan Moms yang akan terekam dalam memori otaknya.
    7. Ajarkan Berpendapat
      Pada usia 2 tahun, Si Kecil sudah mulai punya keinginan sendiri. Ajarkan ia untuk mengutarakan keinginannya. Dengan melatih kebiasaannya untuk selalu mengutarakan pendapat atau keinginannya, balita akan mampu memahami apa yang dimaksud dengan sebab dan akibat.
    8. Tidur Tepat Waktu
      Tidur memiliki peranan penting dalam membantu tumbuh kembang anak lebih optimal. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab balita susah tidur malam dan hal ini bisa mengurangi kualitas tidurnya. Karena itu, dengan membiasakan anak tidur tepat waktu, selain melatih disiplinnya juga membuatnya tumbuh menjadi anak yang sehat.
    9. Jangan Membohongi Anak
      Moms sebaiknya tidak membohongi anak dengan alasan apa pun. Walaupun Anda mungkin berpikir bahwa kebohongan yang dilakukan tidak seberapa, suatu saat Si Kecil pasti akan menyadari bahwa yang Anda lakukan adalah sebuah kebohongan. Dan hal ini bisa menjadi sebuah alasan dan kebiasaannya untuk melakukan kebohongan di masa depan nanti.
    10. Jangan Menakuti Anak
      Banyak orang tua yang sering menakuti anaknya dengan berbagai tujuan, contohnya agar Si Kecil berhenti menangis atau mau makan. Cara ini sekilas cukup efektif, namun tetap salah. Perilaku ini bisa menjadikan semacam trauma saat anak mulai tumbuh. Jika Si Kecil terlalu sering ditakuti karena banyak hal, kreativitasnya bisa berkurang dan anak tidak akan bisa mandiri.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 28, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    BB anak tidak naik2

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi, Bu.. Saya mau bertanya beberapa hal mengenai anak sy yg BBnya tdk pernah lagi naik. Sekarang anak usia 2th…
    1. Apakah anak sy kena TB/kurang gizi? Krn adik sy ada yg riwayat TB. Ortu sy juga batuk tidak kunjung sembuh. Anak kakak ipar sy juga abis pengobatan TB.
    2. Apa sebenarnya faktor pemicu TB dan cara mengatasinya?
    3. Apakah TB menular ke ibu hamil? Dan bagaimana ciri serta mengatasinya?
    4. Sebaiknya anak dibawa ke ahli gizi atau ke dokter anak?
    Terima kasih

    Perbedaan darah haid sama keguguran

  • Oleh : Altapi Altapi
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok kenapa suka kram perut sma kram pinggang mual² pusing lelah ngantuk kenapa klo misalkan hamil kan dok saya kan sudah haid tapi darah nya ngegumpal seperti orang keguguran kenapa itu dok

  • Oleh : Altapi Altapi
  • Tentang kehamilan

  • Oleh : Osaka Areanne
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Permisi bu bidan , saya kemarin dinyatakan hamil 1 bulan oleh dokter tapi selama itu saya merasa perut saya sakit seperti nyeri bagian bawah lalu beberapa hari kemudian saya mengalami pendarahan tapi hanya sebentar setelah saya melakukan hubungan intim , saya kira itu keguguran bu benarkah? Lalu beberapa hari kemudian saya sering ngeflek tapi dikit sekali , dan sekarang saya baru tes lg ternyata masih positif tapi garis kedua agak pudar , itu kenapa ya bu bidan

  • Oleh : Osaka Areanne
  • Seputar kehamilan

  • Oleh : Puput88
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Saya sedang telat menstruasi 8 hari tapi di tespeck hasil negatif,kalau di usg apakah sudah bisa terlihat

  • Oleh : Puput88
  • Berat badan anak

  • Oleh : Dica Rustiana
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu bidan anak saya sekarang usia 5 buln tapi BB dia rendah cuma 5,6 asi saya cuma keluar dikit apa yg harus saya lakukan ??
    Saya kasih sufor tapi dia gk bisa pake botol dotnya kalo kasih bubur instan sudah boleh belum ya Bu ??
    Kalo sudah boleh bubur instan apa untuk penambah berat badan ank ??
    Mohon bantuannya Bu bidan terimakasih..

  • Oleh : Dica Rustiana
  • Tanya Bidan