×

Cara Mengatasi Kakak Beradik Yang Sering Rebutan

Bagikan Artikel :

Cara Mengatasi Kakak Beradik Yang Sering Rebutan

Si sulung dan si bungsu selalu dibelikan mainan yang sama dan sesuai keinginan masing-masing. Tapi tetap saja selalu rebutan. Padahal, adem sekali hati ini kalau melihat keduanya bisa akur. Kadang jika hal ini terjadi sebagai orang tua merasa bingung cara Mengatasi dan melerainya. Membela si Bungsu, tentu akan membuat kecemburuan untuk si sulung. Atau jika membela si sulung, tentu si bungsu akan merasa terasingkan. Yuk simak di bawah ini Bun!

Dampak Kakak Beradik Yang Selalu Rebutan

Meski banyak orang tua berpikir pertengkaran antarsaudara bisa memberi dampak positif pada proses pendewasaan si anak, tapi tampaknya hal ini justru dapat memberi implikasi serius terhadap kesehatan mental si anak. Peneliti menyimpulkan agresi seperti serangan fisik antarsaudara memberikan beban yang sama terhadap kesehatan mental seorang anak, seperti halnya seorang anak yang mengalami bullying dari rekan-rekan sebayanya.

Artinya, studi ini menunjukkan bahwa agresi antarsaudara bukanlah hal sepele bagi anak-anak maupun remaja, tak peduli seberapa parah atau seberapa seringnya hal ini terjadi pada mereka. Jika dua bersaudara memukul satu sama lain, maka reaksinya akan berbeda dibanding kan jika hal itu terjadi diantara rekan-rekan sebaya.

Bertengkar dengan kakak atau adik gara-gara berebut mainan memang biasa dalam keluarga. Namun, sebuah studi menyatakan pertengkaran antarsaudara bisa mengakibatkan gangguan mental pada si anak di kemudian hari, Bun.

Cara Mengatasi Rebutan Pada Kakak Dan Adik

Sebetulnya hal yang paling tepat ketika anak rebutan mainan adalah mengetahui perasaan anak lebih dulu ketika dia enggak mau berbagi mainannya. Lalu, hormati apa respons yang diberi anak saat si saudara hendak meminjam mainannya. Bantulah anak dalam mencari solusi dan keduanya bisa baikan lagi. Memberikan hukuman untuk keduanya bisa saja diperlukan agar anak mengetahui bahwa saling rebutan antar sodara bukanlah hal yang baik. Jangan sampai rebutan mainan antar saudara membuat kakak dan adik saling membenci dan tidak mau main bersama lagi.

Related Posts :

    Setelah itu, baru perlahan beri pengertian pada anak tentang aktivitas berbagi dengan sesama, terutama saudara. Ya, walaupun bagi anak balita berbagi memang tak mudah dilakukan, namun bisa kita latih kok, Bun.

    Jika kita menyangkal perasaan anak, otomatis mereka akan melakukan upaya melindungi diri melawan rasa sedih karena merasa diabaikan dan emosinya tak dianggap. Semangat bunda, hadapi masalah-masalah parenting dengan hati tenang dan bijaksana ya

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 11, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • Susah Ereksi

  • Oleh : Muhammad Risku
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok saya berumur 21 thn knapa y, beberapa hari ini penis syg susah bangat untuk ereksinya dok,,

    Tolong Jawaban nya segara dok,,saya sngat cemas dngan keaadaan sy yg skarang ini dok

    Tips bagi ibu menyusui yang berpuasa

  • Oleh : ii ihah
  • 5 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu, saya mau konsultasi nih saat ini anak saya baru saja menginjak usia 6 bulan dan saya sudah berniat mau puasa. Apakah ada dampaknya jika saya puasa sama produksi ASI saya dan apa ada tips bagi ibu menyusui yang berpuasa? mohon penjelasannya trims

    Wasir / Ambeien Saat Hamil

  • Oleh : Opik Taufik
  • 6 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

    Apakah wajar usia kehamilan 4w belum terlihat kantung janin?

  • Oleh : Anisa Azzahra
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Malam.. saya mau tanya. HPHT saya tgl 19 mei dengan siklus yg tidak teratur dan panjang. Ketika tgl 19 juni saya keluar bercak darah saya kira haid. Tanggal 20 nya pun sama keluar bercak darah sedikit. Tapi ketika tgl 21 bercak darah hilang total dan saya coba tespack hasilnya positif tgl 23 juni saya usg transvaginal dan dokter bilang bahwa kantung janin belum terlihat, dokter bilang ada cairan diluar rahim dan saya divonis hamil diluar kandungan. Padahal saya tdk ada nyeri perut sama sekali dan keluar bercak darah pun hanya tgl 19 dan 20 juni saja.

    Yang mau saya tanyakan apakah benar cairan diluar rahim itu sudah pasti hamil diluar kandungan? Dan apakah siklus haid yang tdk teratur dan panjang mempengaruhi usia kehamilan sehingga kantung janin belum terlihat pada saat itu? Terimakasih

  • Oleh : Anisa Azzahra
  • Tanya Bidan