×

Cara Mengatasi Kutu Rambut Di Kepala Si Kecil

Bagikan Artikel :

Cara Mengatasi Kutu Rambut Di Kepala Si Kecil

Selucu dan semenggemaskannya si Kecil, jika di rambutnya terdapat kutu tentu akan memberikan kesan jorok. Hal ini tentu akan membuat para bunda mencari cara untuk mengatasi kutu rambut pada kepala si Kecil. Untuk menghilangkan kutu rambut di kepala si Kecil, Anda kamu harus menghilangkan organisme dan telur yang bertelur di kepala. Kutu rambut berukuran sangat kecil, kira-kira sebesar ketombe. Kutu umumnya ditemukan di kulit kepala, garis leher, dan di belakang telinga.

Bahayakah Kutu Rambut Bagi Si Kecil?

Meski terkesan jorok, tapi ternyata kutu tidak berbahaya. Kutu bukan pertanda kepala kotor. Karena siapa pun yang memiliki rambut, dapat dihinggapi kutu saat kontak langsung dengan kutu atau telur kutu. Penyebarannya bisa terjadi di mana saja, termasuk bagian belakang kursi bioskop dan pesawat terbang.

Related Posts :

    Mengatasi Kutu Rambut Bayi

    1. Menyisir Rambut Si Kecil
      Menyisir rambut dengan sisir bergigi halus untuk mencari kutu adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi kutu di rambut bayi. Biasanya, metode lain hanya akan membuat proses menyisir lebih mudah. Bunda bisa menyiapkan sisir kutu bergigi halus, semangkuk air bersih yang ditambahkan sabun, semprotan yang diisi detangler alami seperti cuka sari apel, kertas tisu, dan jepitan rambut jika diperlukan.
      Caranya, semprotkan detangler atau cuka sari apel ke seluruh rambut Si Kecil, kemudian sisiri seluruh bagian rambut. Mulai dari kulit kepala, gunakan sisir kutu dan tarik sisir dari kulit kepala ke ujung. Mungkin Moms akan melihat adanya kutu dan telur.
      Kemudian celupkan sisir ke dalam mangkuk air atau bersihkan dengan tisu. Ulangi setiap bagian beberapa kali. Sisir setiap bagian sampai Moms tidak lagi melihat kutu yang muncul di sisir. Ulangi proses ini untuk setiap bagian rambut.
    2. Matikan Kutu dengan Minyak
      Minyak kelapa lebih efektif dalam membunuh kutu daripada kebanyakan obat bebas. Untuk mengatasi kutu di rambut bayi dengan minyak kelapa, bunda harus membiarkannya menempel di rambut Si Kecil semalaman.
      Caranya, cuci dan bilas rambut Si Kecil sampai kering. Kemudian oleskan minyak kelapa ke seluruh bagian rambut dan tutupi dengan shower cap plastik. Biarkan selama 8 jam atau semalaman. Setelah itu, ikuti metode menyisir seperti poin sebelumnya.
    3. Gunakan Bawang Putih
      Bawang putih adalah salah satu pengobatan alternatif dan alami yang paling tua untuk mengatasi kutu rambut bayi. Bawang putih telah digunakan sejak tahun 600-an. Caranya, cukup oleskan minyak bawang putih pada kulit kepala untuk membantu membunuh kutu hidup. Untuk kasus yang ekstrem, bunda bisa mencoba masker rambut bawang putih yang lebih manjur daripada minyak.
      Untuk membuat masker rambut bawang putih, Bunda bisa menghancurkan sepuluh siung bawang putih. Lalu, tambahkan tiga sendok makan jus lemon atau jeruk nipis untuk membuat pasta, dan oleskan di helaian rambut sebagai masker, kemudian diamkan selama 30 menit.
    4. Gunakan Sampo Khusus
      Gunakan sampo dan lotion khusus yang dibuat untuk membunuh kutu rambut. Bunda tetap harus memperhatikan keamanan sampo sebelum membelinya.Ada sampo yang aman digunakan untuk bayi berusia 2 bulan, tapi ada juga sampo yang hanya boleh dipakai anak berusia 2 tahun atau lebih.
      Supaya lebih aman, Bunda juga bisa ke dokter anak untuk meminta rekomendasi sampo anti kutu. Bila masalah kutu lebih sulit dari yang diperkirakan, dokter juga akan meresepkan obat oral.

    Hindari Hal Ini untuk Mengatasi Kutu Rambut Bayi

    • Jangan gunakan hair dryer setelah mengaplikasikan perawatan kulit kepala. Sebab beberapa produk memiliki kandungan yang akan bereaksi terhadap api.
    • Jangan gunakan semprotan serangga karena berbahaya bagi Si Kecil.
    • Jangan gunakan minyak esensial seperti ylang ylang atau tea tree oil untuk mengobati kutu rambut. Minyak esensial dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit buah hati.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 17, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Perlengkapan Yang Harus Di Bawa

  • Oleh : Nurfah Putriie Sopiant
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang ibu bidan, nama saya aisyah. Saya mau bertanya tentang perlengkapan apa saja yang harus di persiapkan dan harus di bawa ke Ruma Sakit atau Bidan ketika saya melahirkan. Jujur saja, saat ini saya masih bingung perlengkapan bayi apa saja yang harus saya bawa saat melahirkan nanti. Mohon jawabannya dok 🙂

  • Oleh : Nurfah Putriie Sopiant
  • Apakah saya hamil?

  • Oleh : Desy Silvy
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok Bln 1 tgl 1-5 sya m dan BulN 1 tgl 28-1 m lgi. BulN 2 tgl 14 15 sy berhubungan tgl 24-27 saya m. Sampek bulan 4 tgl 3 sy blm dpt tadi pgi saya test gari dua. Pa itu positif

  • Oleh : Desy Silvy
  • Program Hamil

  • Oleh : Fajar
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Saya sudah menikah kira kira 5 bulanan. Saat ini saya sedang melakukan program hamil. Saya dan suami berharap segera memiliki keturunan. Namun sayang, suami saya merupakan perokok aktif dan sangat susah untuk berhenti merokok. Yang saya mau tanyakan apakah program hamil saya akan terjadi meski sang suami merupakan perokok aktif?

    Bingung hamil atau tidak

  • Oleh : Canti Cintia
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan. Saya mau nanya. Saya udah 6 lebih ngga haid. Saya tes hasilnya negatif terus. Saya usg di bidan juga samar2 bidannya gk mau mesmastikan entah itu apa katanya bukan kista bukan penggumpalan darah dan bukan penebalan dinding rahim. Saya binggung soalnya udah pindah2 bidan katanya juga ga hamil tp perut saya makin membesar sekarang kaki bengkak. Pas 4 bulan sering kedutan. perut saya sekarang beda lagi rasanya lebih kayak gerakan. Kadang suka kenceng. Itu knp ya bu soalnya kalo kata tukang urut saya memang hamil tp kok gitu ya

  • Oleh : Canti Cintia
  • Bayi Gelisah Saat Akan BAK

  • Oleh : Diranan
  • 3 tahun yang lalu

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya
    Bayi saya umur 4 bulan setiap mau pipis gelisah dan kadang menangis dulu, baru setelah itu dia pipis, tapi tidak diserta demam. Apa kondisi ini normal ?

    Tanya Bidan