×

Cara Menyajikan Susu Formula Yang Benar

Bagikan Artikel :

Cara Menyajikan Susu Formula Yang Benar

Banyak orang tua yang belum mengetahui cara menyajikkan susu formula yang benar. Padahal penyajian susu formula sama seperti ASI, tidak boleh sembarangan. Maka itu, penting bagi Anda untuk menyajikkan atau menyeduh susu formula bayi dengan cara yang benar, aman, dan higienis.

Penyajian susu formula yang kurang tepat bisa membuat kandungan susu formula rusak hingga bayi mengalami gangguan pencernaan. Oleh karena itu team curhat bidan kali ini akan share cara penyajian susu formula yang benar. Simak di bawah ini ya Bun.

Related Posts :

    Cara Menyajikan Susu Formula Bayi Yang Baik Dan Benar

    1. Cuci tangan
      Langkah pertama yang terlihat sepele tapi kerap diabaikan adalah mencuci tangan. Pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu sebelum mulai menerapkan cara membuat susu formula yang benar.
    2. Bersihkan dan siapkan botol susu bayi
      Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam cara membuat atau menyeduh susu formula yang benar yakni selalu jaga kebersihan botol susunya. Ini penting karena botol susu yang kurang bersih bisa saja menyimpan bakteri di dalamnya.
      Bersihkan botol susu dengan mencucinya di bawah air mengalir dan pakai sabun. Gunakan sikat khusus botol agar Anda bisa menjangkau seluruh bagian botol dengan mudah. Lihat juga kebersihan sikat khusus botol yang Anda gunakan. Sebaiknya, bersihkan sikat tersebut terlebih dahulu sebelum Anda mencuci botol susu bayi. Pastikan semua bagian botol sudah bersih dari sisa susu, lalu bilas dengan air mengalir sampai tidak ada lagi busa sabun yang tertinggal. Kemudian sterilkan dengan merebus botol susu selama 10 menit.
      Selain itu, Anda juga bisa mensterilkan botol susu menggunakan alat khusus sterilizer botol bayi.
    3. Masak air panas
      Selanjutnya yaitu merebus air yang akan digunakan untuk menyajikan susu. Rebus air minum sampai mendidih selama 10 menit dalam panci tertutup. Setelah mendidih biarkan air di dalam panci tertutup selama 10-15 menit agar suhunya turun menjadi tidak kurang dari 70 derajat celcius. Setiap kali membuat susu, selalu gunakan air matang bersuhu tidak kurang dari 70 derajat Celcius dengan jumlah secukupnya sesuai takaran. Hindari cara membuat susu formula bayi dengan mencampurkan air bersuhu 70 derajat Celcius dengan air dingin. Jadi, suhu air memang harus matang sempurna.
      Setelah itu, aduk rata atau Anda bisa mengocoknya (pada botol yang sudah ditutup) sampai bubuk susu larut sempurna.
    4. Dinginkan sampai suhunya sesuai
      Sebelum memberikannya kepada bayi, turunkan suhu susu yang masih panas dengan meletakkan botol pada wadah berisi air dingin. Anda juga bisa meletakkan botol di bawah air mengalir agar suhunya turun. Kemudian keringkan botol susu dengan tisu atau lap bersih.
    5. Cek sebelum diberikan kepada bayi
      Sebelum diberikan periksa suhu susu formula dengan meneteskan di kulit. Rasakan apakah suhu susu masih terlalu panas atau sudah cukup untuk diminum bayi.
    6. Buang susu jika lebih dari 2 jam
      Jika bayi tidak menghabiskan susu formula yang telah Anda buat setelah lebih dari 2 jam, sebaiknya buang susu tersebut.
    7. Simpat di tempat tertutup
      Simpanlah susu formula bubuk yang belum diseduh dalam wadah tertutup rapat dan tidak lembap.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 30, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pusar bayi yang bernanah

  • Oleh : audrycolunga4
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan saya mau bertanya nih bayi saya baru 3 hari tali pusarnya udah putus namun hingga saat ini pusarnya bernanah sudah di periksa ke bidan namun bidan hanya membersihkannya dengan kain kasa yang di basahi alkohol. Dan saat ini pusar bayi saya masih bernanah dan berair. Apakah ini infeksi ya bu bidan dan bagaimana cara mengobatinya. Mohon jawabannya bu trims

    hamil 2 bulan

  • Oleh : donnairish
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

    Haid

  • Oleh : Nurlialah Alawiyah
  • 7 bulan yang lalu

    Dok saya umur 19 tahun,udah dua bulan saya tidak haid,bagaimana ya caranya? Solusinya,smga d jawab ya,,makasih dok sebelumnya

  • Oleh : Nurlialah Alawiyah
  • Kb

  • Oleh : Mukrima Mukrima
  • 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu bidan,, saya mau nanya kenpa ya kalo kita KB 3 bulan selalu haid sdikit2

  • Oleh : Mukrima Mukrima
  • Cara atasi mentruasi dan penyebab pms lambat

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    saya baru usia 15 tahun pas tangal 25 November 2020 nah saya terhakir pms bulan Desember 2020 nah awal bulan Januari 2021 saya sebulan belom pms itu kenapa y k berat badan saya 40 kilogram pas terus juga gak napsu makan saya makan sehari 1 kali itu juga gak napsu makan itu penyebab nya ap Y k tolong jawab?….

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • Tanya Bidan