×

Cara Sehat Penggunaan Gedget Untuk Balita

Bagikan Artikel :

Cara Sehat Penggunaan Gedget Untuk Balita

Tidak hanya orang dewasa yang senang dan terbiasa memainkan gadget. Kini anak-anak bahkan balita pun senang memainkan gadget. Apalagi jika waktu makan tiba, gadget sangat membantu agar si Kecil mau makan. Meski sudah dianggap normal, ada pentingnya juga untuk membatasi dan membiasakan penggunaan gadget secara sehat untuk balita. Ini karena anak usia balita membutuhkan stimulasi untuk berbagai inderanya untuk berkembang. Untuk itu kali ini curhat bidan akan share tips memakai gadget dengan sehat untuk balita.\

Cara Sehat Penggunaan Gedget Untuk Balita

  1. Pastikan isi dan durasi penggunaan gadget sesuai dengan anak
    Orangtua perlu memastikan konten dari gadget yang hendak diberikan pada anak terlebih dahulu. Dengan kata lain, orangtua juga perlu memiliki literasi digital yang cukup ketika memberikan anak gadget.
    Bahkan game sekalipun sebenarnya memberitahu mana room yang dapat diakses anak dan mana yang tidak, tapi kadang orangtua memang tidak sempat belajar banyak. Begitu pula dengan film untuk anak. Mungkin memang visual film tersebut bagus, namun orangtua perlu memastikan kalau film tersebut memiliki nilai yang sesuai atau tidak.
    Selain itu, orangtua juga perlu memerhatikan jenis konten yang diberikan pada anak sebenarnya sudah sesuai dengan tumbuh kembangnya atau malah kurang sesuai.
  2. Pilih konten yang pergantian antar scene tidak terlalu cepat
    Ketika menonton film atau video, seringkali ada pergantian antara satu posisi kamera ke posisi kamera lainnya. Pergantian posisi ini dapat disebut sebagai pergantian scene. Durasi pergantian scene yang ideal bagi anak adalah sekitar 4-8 detik. Dalam tontonan anak, tak jarang dapat temukan karakternya memiliki jeda untuk menunggu respon anak, misal dengan bertanya tentang apa yang penontonnya sudah lihat.
    Anak perlu diberikan tontonan dengan pergantian scene yang tidak terlalu cepat untuk memberikan anak waktu untuk berpikir mengenai apa yang sudah dia lihat. Kalau pergantian tiap scene terlalu cepat, anak mungkin akan tetap lengket dengan layar karena selalu ada yang baru untuk dilihat dan dapat terlihat fokus.
    Meski begitu, yang dikatakan sebagai fokus adalah bertahan pada satu hal ataupun kegiatan yang sama. Anak yang diberikan tontonan dengan pergantian scene yang cepat tidak dapat dikatakan fokus.
  3. Hindari anak mengakses konten pada saat waktu makan dan menjelang tidur
    Ada baiknya untuk melatih anak untuk menjadi lebih sadar tentang apa yang sedang dilakukannya, termasuk ketika sedang makan. Selain itu, anak yang diberikan tontonan ketika sedang makan terkadang malah membuat makanannya diemut dan bukan dikunyah. Seringkali anak yang diberikan gadget juga mogok makan ketika berusaha diberikan makan tanpa gadget.
    Tidak dibiasakan saja bisa mogok makan, apalagi kalau terbiasa. Begitu pula ketika anak mau tidur. Kalau Anda memberikan gadget, otak anak malah makin aktif untuk memerhatikan apa yang terjadi dalam tontonan gadget.
  4. Seimbangkan bermain gadget dengan aktivitas fisik
    Saat anak terbiasa menggunakan gadget, mungkin Anda akan mengalami kesulitan untuk membuat anak berhenti. Meski begitu, Anda dapat mengalihkan perhatian anak dengan kegiatan lain. Misalnya anda dapat memberikan anak berbagai aktivitas fisik seperti berolahraga bersama, berkeliling komplek, atau sekadar bermain di rumah.
    Anak perlu dibiasakan untuk bergerak aktif setidaknya 3 jam sehari. Selain bergerak aktif, anak juga dapat diberikan berbagai mainan atau printables yang dapat mendorong perkembangan fisik serta pemecahan masalah anak.
    Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan adalah menyusun balok, melatih menggambar dan menulis, atau belajar menggunting dan mengelem kertas yang dibentuk. Semua kegiatan pengganti gadget ini juga perlu diulang kembali dengan alat atau cara mengerjakan yang lain agar anak tetap mengingat apa yang sudah dipelajari. Jika Anda merasa bingung kegiatan apa yang perlu dilakukan dengan anak, Anda dapat mencoba bertanya pada anak bagaimana ia mau melakukan kegiatan tertentu.
  5. Orangtua perlu menjadi contoh untuk menggunakan gadget dengan sehat
    Anak balita ataupun yang sudah di atas 6 tahun sekalipun umumnya akan mengikuti perilaku orangtuanya di rumah, termasuk juga perilaku serta kebiasaan bermain gadget. Mungkin memang tips ini adalah yang paling sulit, terutama jika pekerjaan Mama dan Papa perlu menggunakan gadget. Namun, penting bagi orangtua untuk menjadi model yang baik dari anak.
    Dengan begitu, Anda juga perlu membatasi pemakaian gadget setidaknya di depan anak supaya anak dapat memiliki kebiasaan penggunaan gadget yang sehat.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 6, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Manfaat Persalinan Normal

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan. Saat ini usia kandungan saya sudah semakin membesar, namun saya masih bingung untuk proses persalinan. Hal yang saya ingin tanyakan, persalinan seperti apa yang harus saya lakukan, dan apa manfaat yang bisa di dapatkan ketika saya melakukan persalinan dengan cara itu?

  • Oleh : Gigin Gumay
  • Hubungan intim

  • Oleh : Sefty Liani
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb! bu bidan ..saya mo tanya, saya kan pengantin baru tapi sampai saat ni penis belum masuk sepenuhnya kedalam vagina sehingga membuat suami saya merasa kesal dan marah kpd saya. Dia mengira saya ad penyakit n dia curiga sy mnyembunyikan sesuatu darinya. Bagaimana solusinya bu bidan?😊

  • Oleh : Sefty Liani
  • Haid dan Datang Bulan

  • Oleh : Diajeng Dwi Putri
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualikum dok. Dok saya mau tanya bulan kemaren datang bulan nya tanggal 15 desember dok sekarang udah lewat tanggal 15 januari belum juga datang bulan dok. Pas saya tetspack garis nya ada 2 apakah itu hamil dok?

  • Oleh : Diajeng Dwi Putri
  • Hamil

  • Oleh : Obey Hungkul
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang dok saya mau bertanya, saya telat haid 4hari tapi setelah di test pack hasilnya negatif dok, apa ada kemungkinan untuk saya hamil ? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih

    ingin tahu masa kesuburan

  • Oleh : ludiana nisa
  • 1 tahun yang lalu

    dok saya ingin tanya saya haid tgl 25 masa subur saya tanggal berapa ya tolong bimbingan ny ya dok terimalasih

  • Oleh : ludiana nisa
  • Tanya Bidan