×

Hal Yang Harus Diajarkan Ibu Kepada Anak Laki-lakinya

Bagikan Artikel :

Hal Yang Harus Diajarkan Ibu Kepada Anak Laki-lakinya

Tak hanya peran ayah saja yang penting saat kita membesarkan anak laki-laki. Figure ibu yang identik dengan kasih sayang dan kelemah lembutan juga dibutuhkan oleh anak laki-laki lho! Kita pasti mengharap si kecil nantinya bisa menjadi ayah serta suami yang penyayang bukan ? nah, ada hal yang sebaiknya diajarkan ibu untuk anak laki-lakinya.

Jangan Samakan Dengan Mendidik Anak Perempuan

Mendidik anak laki-laki tentunya tidak sama dengan mendidik anak perempuan. Anak laki-laki tidak boleh terlalu dimanjakan. Sebaliknya, mereka harus dilatih kemandirian sejak kecil. Hal ini karena seorang lelaki itu kelak menjadi pemimpin dalam rumah tangganya. Mereka memiliki tanggung jawab besar dalam melindungi sekaligus menjadi tulang punggung keluarga. Maka itu, mentalnya harus kuat.

Hal Yang Harus Diajarkan Pada Anak Laki-laki

  1. Anak laki-laki belajar kelembutan dan kasih sayang dari ibunya.
    Bukannya wanita itu adalah makhluk yang paling penyayang?. Apalagi dari seorang ibu ke anaknya. Wanita juga pandai mengekspresikan rasa kasih sayang itu pada orang yang disayanginya. Sehingga ibu berperan penting dalam mengajarkan kelembutan, kasih sayang, cinta dan perhatian.
  2. Berikan tanggung jawab agar ia tumbuh menjadi pekerja keras yang bertanggung jawab.
    Salah satu ciri laki-laki sejati adalah bertanggung jawab. Ajari anak soal nilai ini sejak dini. Misalnya dengan bertanggung jawab terhadap barang-barang miliknya seperti mainan. Sehingga saat ia besar, ia bisa bertanggung jawab terhadap segala pilihan yang dibuat, baik saat memilih sekolah, karier, hingga pasangan hidup. Juga pada hal-hal kecil seperti memilih kendaraan atau hewan peliharaan. Minta ia memikirkan matang-matang setiap keputusan yang diambil, lengkap dengan risiko di belakangnya.
  3. Ajarkan sopan santun, se simple membiasakan bilang maaf, terimakasih dan tolong.
    Pastikan si Kecil diajarkan soal pentingnya mengindahkan sopan santun. Tekankan juga pentingnya berbuat baik, karena perbuatan baik sekecil apa pun akan berarti besar bagi orang lain.
  4. Ajarkan si Kecil mengekspresikan emosinya dengan cara yang sehat.
    Kesabaran juga harus diajarkan sejak dini lho bun! Jangan sampai si Kecil tumbuh jadi anak yang pemarah dan menjadi laki-laki kasar.
  5. Basic life skill seperti urusan pekerjaan rumah juga penting untuk anak laki-laki
    Jangan sampai segela pekerjaan rumah Anda yang tanggung, yuk libatkan anak Bunda meskipun dia anak laki-laki. Ajarkan untuk mengerjakan pekerjaan rumah, tapi yang ringan-ringan ya!.
  6. Ingatkan cara yang baik memperlakukan perempuan
    Beritahu si Kecil bahwa perempuan memiliki hati yang sensitive. Bedakan cara bersikap, berinteraksi, bermain antara teman laki-laki dengan teman perempuan.
  7. Ajarkan cara merawat diri
    Anak laki-laki juga harus diajarkan merawat diri ya Bun. Minimal pentingnya mandi sehari 2 kali, sikat gigi, mencuci tangan dan kaki setelah bermain dan lain-lain.
  8. Ajarkan anak untuk berani dan berjiwa pemimpin
    Menumbuhkan jiwa pemimpin pada anak bisa dilakukan dengan cara mengembangkan rasa percaya dirinya sejak usia dini. Biasakan anak berani mengutarakan pendapat dan mengambil keputusan, tentunya dengan pendampingan Anda. Salah satu cara adalah dengan sering mengajaknya bersosialisasi atau bermain bersama teman-temannya. Dari sini Anda bisa melihat, bagaimana karakter kepemimpinan anak di dalam kelompok. Setelah itu tinggal Anda arahkan.
  9. Berhemat
    Beth Kobliner, penulis buku Get a Financial Life, mengatakan bahwa konsep berhemat sudah bisa dikenalkan kepada anak sejak usia 3 tahun. Saat mengajak anak belanja bulanan, misalnya. Biasanya anak akan minta dibelikan berbagai macam makanan. Katakan padanya bahwa uang yang Anda bawa terbatas, daftar kebutuhan yang akan dibeli pun banyak. Jadi Anda harus berhemat, dan balita hanya boleh beli satu jenis makanan saja. Harapannya, jika sudah besar nanti, ia akan lebih paham soal pengelolaan dan penggunaan uang dengan bijak.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 29, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Khitan

  • Oleh : yongstephensen3
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Pantangan makanan setelah sunat

    Tentang alat vagina

  • Oleh : Grace Dina
  • 7 bulan yang lalu

    Bu, saya kan sudah lama tidak datang bulan, tiba2 vagina saya gatal sekali , keputihan, dan saya baru menyadari bahwa di lubang vagina saya ada benjolan .dan itu terasa perih..

  • Oleh : Grace Dina
  • Program Hamil

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    Apakah Nyeri Haid Mempengaruhi Kesuburan ?

  • Oleh : Risky nur
  • 5 tahun yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan, saya sering mengalami sakit ketika sedang menstruasi, rasa sakitnya seperti di remas atau dililit dan ini selalu membuat tubuh saya lemas. Apa itu berbahaya ? Lalu apa ada pengaruhnya pada kesubura ? Makasih bu bidan sebelumnya.

  • Oleh : Risky nur
  • Berhubungan sehari setelah menstruasi

  • Oleh : Agus Putra
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat sore buk , saya mau bertanya seputar kehamilan,
    Jadi gini buk,saya mempunyai seorang pacar yang masih perawan,suatu hari saya ingin melakukan hubungan badan dengan pacar saya,kebetulan saya melakukan hubungan badan sehari setelah dia menstruasi(rada – rada masih haid ),jadi pas saya melakukan hubungan badan,saya sebelum sebelumnya itu sering sekali mengeluarkan sperma saya sehari bisa 1 smpek 2 kali,saya keluarin 3 hari berturut turut sebelum melakukan hubungan badan sama pacar saya,pas saat saya berhubungan badan,saya menyentuh vagina pacar saya dan saya merasakan kalau ada cairan yang kluar dari dalam vagina pacar saya,pas saya hirup baunya khas ( lendir ) perempuan,setelah itu saya cuma memasukan kemaluan saya ke vagina pacar saya sampai berbunyi ” krek “,dan itu pun saya cuma memasukannya,setelah itu langsung saya cabut,dan saya mengeluarkan sperma saya di luar vagina pacar saya,
    Pertanyaan saya,apakah dapat mengakibatkan kehamilan ?
    Dan seumpama kalau ada setetes sperma yg msuk kedalan vagina,apa dapat menyebabkan kehamilan pada saat mens/haid?

    Tanya Bidan