×

Ini Tanda-tanda Bunda Perlu Istirahat

Bagikan Artikel :

Ini Tanda-tanda Bunda Perlu Istirahat

Mau itu berkarir atau menjadi ibu rumah tangga. Seorang istri bahkan seorang ibu akan menguras tenaga setiap harinya. Bayangkan saja bangun tidur paling awal lalu mengerjakan pekerjaan rumah yang tiada hentinya hingga tidur paling terakhir.

Pasti Bunda akan merasa lelah karena telah bekerja keras selama ini. Kami yakin Bunda ingin memberi yang terbaik untuk keluarga sampai-sampai kelelahan setiap hari. Meski lelah, tapi namanya istri maunya terus bekerja sampai lupa sama tubuh sendiri. Padahal tubuh manusia bukan mesin yang bisa terus dipaksa kerja. Semua orang butuh istirahat, termasuk Bunda. Jangan terus-terusan memaksakan diri kalau tubuh sudah terasa sangat lelah. Ada saatnya badan perlu diistirahatkan, bahkan dimanjakan dengan perawatan agar semangat datang lagi.

Related Posts :

    Oleh karena itu bunda perlu mengetahui beberapa tanda-tanda jika bunda kelelahan. Yuk simak penjelasan di bawah ini.

    Tanda-tanda Bunda Butuh Istirahat

    1. Bunda sering panic
      Baik ibu rumah tangga maupun ibu yang bekerja, pekerjaan menumpuk sering bikin panik. Keadaan itu umumnya karena terlalu banyak pekerjaan yang ditanggung. Memang wajar kalau manusia merasa panik. Tapi kalau panik sepanjang hari, bahkan sampai waktu tidur, itu sudah kelewatan. Saatnya Bunda tidur malam hari malah kepikiran pekerjaan. Bahkan enggak tahu mana yang harus dikerjakan dulu saking banyaknya. Saat Bunda merasa panik, bingung mengerjakan tugas, maka tenangkan pikiran sejenak. Bisa dengan minum teh hangat yang membuat pikiran rileks atau menyendiri di tempat yang sunyi.Tenangkan pikiran, ambil nafas dalam-dalam, lalu susun kembali pikiran. Jika sudah tenang dan tahu mana pekerjaan yang paling penting, mulailah kembali bekerja.
    2. Berat badan turun drastis. Padahal enggak diet atau ngurangin makanan.
      Jangan langsung merasa senang kalau bobot badan turun drastis dengan sendirinya. Meski selama ini gelisah karena badan melar, tapi berat badan yang terjun bebas bukan hal baik. Banyak pakar kesehatan bilang, kalau itu berhubungan dengan pikiran yang stres. Stres ringan yang tak kunjung hilang membuat bobot badan turun drastis. Dalam jangka panjang, stres ringan bisa menjurus pada depresi. Berbahaya, tentu saja. Maka kurangi beban pekerjaan, entah berbagi dengan suami atau mengambil cuti bagi wanita karir. Menenangkan pikiran dan menjauh dari hiruk pikuk keseharian itu sangat penting untuk mengembalikan tenaga yang dikuras habis karena banyaknya pekerjaan. Buat diri Bunda nyaman. Apalagi yang lebih penting dari pikirian yang jernih dan tubuh yang sehat.
    3. Rambut sering rontok sendiri. Itu tanda kelelahan.
      Rambut Bunda, meski sudah diberi sampoo terbaik dan cocok tetap saja rontok. Memang siapa yang senang kalau rambut pada rontok? Enggak ada. Nah, rontok bukan hanya soal perawatan rambut yang buruk, tapi juga pikiran yang stres. Apalagi kalau Bunda sibuk di luar rumah. Hmm badan lelah ditambah kena polusi udara, biasanya sih rambut jadi pada berontokan sendiri. Ini kan masalah. Ya, masalah. Saat itu terjadi, sungguh, Bunda butuh istirahat dan menyenangkan diri. Bisa dengan belanja atau makan enak. Sayang sama tubuh sendiri, kan?
    4. Sering Diare padahal tidak makan banyak sambel. Pencernaan yang bermasalah adalah tanda seseorang tengah banyak tekanan.
      Tanpa sebab, pencernaan Bunda bermasalah. Sering kena diare setiap hari meski tidak makan makanan pedas sekalipun. Tentu diare yang seperti ini tidak bisa diobati dengan obat diare. Melainkan dengan penyegaran pikiran. Betul, sebab diare seperti ini disebabkan beratnya tekanan yang bunda rasakan. Pikiran terus berputar-putar karena beratnya tekanan pekerjaan.
    5. Sering melamun
      Semua manusia pasti pernah melamun, tapi kalau keseringan melamun itu tanda terlalu banyak pikiran. Akibat banyaknya pekerjaan di luar kemampuan, pikiran jadi tidak fokus dan akhirnya sering melamun. Ya, alih-alih menyelesaikan pekerjaan, Bunda malah banyak melamun saking bingungnya mau mengerjakan yang mana dulu. Ini berbahaya dan sebaiknya jika ada masalah dibicarakan dengan suami. Ya, bicaralah, jangan sampai pekerjaan membuat Bunda sering melamun sendirian. Wajah yang cantik bisa berubah jadi suram kalau Bunda terlalu sering melamun. Ya, jangan biarkan 5 tanda di atas menguasai Bunda. Bunda berhak bahagia sebagaimana semua wanita yang bahagia. Ajak suami bekerjasama untuk memecahkan masalah. Jangan sampai Bunda merasa sendirian seakan hidup ini sangat berat. Suami wajib membantu istri yang tengah memiliki banyak tekanan dan dirundung kesedihan. So, harus kuat ya Bun.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 1, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    cesar

  • Oleh : Tania
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    makanan

  • Oleh : arizka fabianti
  • 2 tahun yang lalu

    Dok mau tanya … sya hamil anak ke 2 ini kalau makan yang gizi gizi malah membuat mual tp kalau makan makanan tanpa kuah sama mie instan mau …kadang makan sayur keluar lagi….liat sayur aja mual….gmn mengatasinya dok biar saya gk bergantung makanan nggak sehat…sedangkan makanan tidak sehat tidak membuat nafsu makan sy …mohon jawabannya …trima kasih

    Pijat Bayi

  • Oleh : alberta6265
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang bu bidan. Saya mau tanya, bayi saya usia 6 bulan apa sudah boleh dipijat ? Bagaimana langkah-langkah memijat bayi yang benar ?

    Wasir / Ambeien Saat Hamil

  • Oleh : Opik Taufik
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

    cara menjaga kehamilan

  • Oleh : nana sutyana
  • 4 tahun yang lalu

    bu bidan, bagaimana cara menjaga kehamilan supaya baik dan tetap sehat hingga tiba waktu kelahiran?

    Tanya Bidan