×

Jangan Membentak Anak Saat Menangis Tengah Malam

Bagikan Artikel :

Jangan Membentak Anak Saat Menangis Tengah Malam

Ketika anak terbangun dari tidurnya. Ia menangis disebabkan ada beberapa hal. Pertama, karena kepanasan. Kedua karena haus atau lapar. Ketiga karena mengompol. Ke empat karena bermimpi buruk. Dan kelima mungkin anak sedang sakit.

“Kenapa nak?” tentu saja itu pertanyaan basa basi. “bu saya menangis karena gerah. Saya juga haus, ibu bisa tolong ambilkan saya minuman?”. Tapi tidak mungkin anak bisa bicara begitu bukan?

Pertanyaan itu, tak hanya sekedar untuk mengalihkan perhatian anak dari tangisannya. Ia berfungsi juga untuk menjalin kedekatan emosional saat anak menganis, bahwa “ibu selalu di sampingmu selalu nak”. Sembari bertanya cek kondisi ruangan panas kah? Cek apakah ngompol atau yang lainnya.

Ingatlah bahwa membentak anak yang menangis tak akan menyelesaikan masalah. Coba bayangkan, kita orang dewasa saaat nangis maunya diapain? Dibentak? Dibentak juga tidak akan berhenti menjadi diam justru anak malah merasa sakit hati.

Membentak anak yang menangis juga hanya akan menimbulkan luka psikologis dalam diri anak lho. Apalagi malam-malam. Bersabarlah namanya juga anak-anak. Wajar kalau ia rewel, wajar kalau masih suka nangis terus. Kita yang emak-emak aja kadang masih suka nangis.

Related Posts :

    Bu, kalau anak nangis terus, redam emosi kuasai diri coba ajak keluar kamar, gendong sambil jalan-jalan di dalam rumah, pokoknya asal jalan aja. Nah dengan perlahan-lahan anak akan lebih tenang. “oh ternyata anak ini pengen di gendong sambil jalan-jalan”. Tawarkan susu dan ajak kembali tidur. Biasanya ketika perutnya penuh anak akan mengantuk.

    Nah kesimpulannya kalau anak rewel tengah malam, segera saja gendong dia, atau peluk. Tanya padanya kenapa menangis dan segera cek apakah ada yang mengganggu kenyamananya. Yang paling penting ketika rewel dan nangis jangan membentaknya.

    Jika Sudah Terlanjur Membentaknya Saat Menangis

    1. Tarik napas dalam paling sedikit 3 kali
    2. Minta maaf dan disertai dengan sentuhan lembut (ini sangat penting)
    3. Mulai lagi dari awal percakapan yang baik
    4. Jangan memaksakan pembicaraan saat itu juga, ambil jeda dan tentukan waktu yang terbaik.
    5. Ingatkan anak bahwa Anda mencintai mereka

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 25, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    cara mengatasi alergi dingin

  • Oleh : lusia
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

    Kandungan

  • Oleh : Aldhinda Putrie
  • 8 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok mau bertanya saya sudah telat haid terakhir haid agustus tgl 25 agustus 2020 dan setelah itu saya tidak haid lagi dok dan pada tanggal 16 september muncul flek atau bercak darah yang sedikit dan hanya 2 hari . Tapi ketika di tespeck masih negatif , dan saya juga sudah mengalami gejala kehamilan sprti mual , sensitif , perubahan dan nyeri pada payudara
    Dok kenapa ya klo boleh tau?

  • Oleh : Aldhinda Putrie
  • kb

  • Oleh : astri novianti
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    dok kalau pingin ganti kb iud ke kb suntik 3bulan sekali gak apa” ta dok

  • Oleh : astri novianti
  • Puting susu pria

  • Oleh : Terima Harapan Zai
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat sore ibu bidan?
    Saya Terima harapan zai dari pulau Nias.
    Izin, langsung saja, saya berusia 18 tahun dan saya mempunyai suatu kelainan di bagian payudara saya di mana payudara saya membesar dan puting susu saya menonjol kedepan seperti layaknya puting susu remaja putri.
    Jadi saya ingin bertanya bu, apakah penyebab dari pada penyakit tersebut?
    Apakah ada kemungkinan untuk bisa di sembuhkan? Hal apa saja yang perlu saya lakukan untuk mengatasinya?

    Demikian bu…

    telat menstruasi

  • Oleh : fadhil dwicahyo
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    bu bidan saya mau nanya, pasangan saya telat datang bulan sudah hampir 1bulan. tapi ketika hubungan saya tidak pernah polosan alias saya selalu pakai alat kontrasepsi saya takut terjadi apa apa. solusinya agar mens gimana ya

    Tanya Bidan