×

Jangan Membentak Anak Saat Menangis Tengah Malam

Bagikan Artikel :

Jangan Membentak Anak Saat Menangis Tengah Malam

Ketika anak terbangun dari tidurnya. Ia menangis disebabkan ada beberapa hal. Pertama, karena kepanasan. Kedua karena haus atau lapar. Ketiga karena mengompol. Ke empat karena bermimpi buruk. Dan kelima mungkin anak sedang sakit.

“Kenapa nak?” tentu saja itu pertanyaan basa basi. “bu saya menangis karena gerah. Saya juga haus, ibu bisa tolong ambilkan saya minuman?”. Tapi tidak mungkin anak bisa bicara begitu bukan?

Pertanyaan itu, tak hanya sekedar untuk mengalihkan perhatian anak dari tangisannya. Ia berfungsi juga untuk menjalin kedekatan emosional saat anak menganis, bahwa “ibu selalu di sampingmu selalu nak”. Sembari bertanya cek kondisi ruangan panas kah? Cek apakah ngompol atau yang lainnya.

Related Posts :

    Ingatlah bahwa membentak anak yang menangis tak akan menyelesaikan masalah. Coba bayangkan, kita orang dewasa saaat nangis maunya diapain? Dibentak? Dibentak juga tidak akan berhenti menjadi diam justru anak malah merasa sakit hati.

    Membentak anak yang menangis juga hanya akan menimbulkan luka psikologis dalam diri anak lho. Apalagi malam-malam. Bersabarlah namanya juga anak-anak. Wajar kalau ia rewel, wajar kalau masih suka nangis terus. Kita yang emak-emak aja kadang masih suka nangis.

    Bu, kalau anak nangis terus, redam emosi kuasai diri coba ajak keluar kamar, gendong sambil jalan-jalan di dalam rumah, pokoknya asal jalan aja. Nah dengan perlahan-lahan anak akan lebih tenang. “oh ternyata anak ini pengen di gendong sambil jalan-jalan”. Tawarkan susu dan ajak kembali tidur. Biasanya ketika perutnya penuh anak akan mengantuk.

    Nah kesimpulannya kalau anak rewel tengah malam, segera saja gendong dia, atau peluk. Tanya padanya kenapa menangis dan segera cek apakah ada yang mengganggu kenyamananya. Yang paling penting ketika rewel dan nangis jangan membentaknya.

    Jika Sudah Terlanjur Membentaknya Saat Menangis

    1. Tarik napas dalam paling sedikit 3 kali
    2. Minta maaf dan disertai dengan sentuhan lembut (ini sangat penting)
    3. Mulai lagi dari awal percakapan yang baik
    4. Jangan memaksakan pembicaraan saat itu juga, ambil jeda dan tentukan waktu yang terbaik.
    5. Ingatkan anak bahwa Anda mencintai mereka

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 25, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi

  • Oleh : Pebri Dianti
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saya mau nanya, dari awal pertama saya haid mengapa volume darah yg keluar itu sedikit kadang bercak bercak saja dan masa haid nya cuman berlangsung 3 hari itu sudah bersih. Itu bagaimana dok apakah memang sel darah saya yg sedikit atau apa dok? Berbahaya atau tidak?Terimakasih.

    mual, eneg saat makan, kehilangan nafsu makan saat hamil

  • Oleh : Mending Ora Usah Jenengan
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang ibu bidan, saya mau tanya apa ibu hamil yang mual-mual dan eneg saat makan itu wajar? Saya juga kehilangan nafsu makan jadinya, solusinya gimana ya?

  • Oleh : Mending Ora Usah Jenengan
  • Bayi Sering Muntah Saat Diberikan ASI

  • Oleh : penneybolinger
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Halo bu bidan saya Delia usia 26 tahun. Saya mau tanya tentang soal bayi. Bayi saya jalan 7 minggu bu tapi kenapa bayi saya sering muntah kalau sedang di berikan asi.

    Sakit Perut Bagian Bawah

  • Oleh : Nurul
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya, ko akhir akhir ini saya sering merasakan sakit pada bagian perut ya? Saat saya pegang bagian itu malah semakin sakit. Memang badan ini terbilang gemuk, apa kah ini bisa berpengaruh pada kondisi perut yang menjadi keras dan besar? Mohon penjelasnnya dok, Terimakasih

    Tentang hubungan seksual

  • Oleh : Teguh Roy
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Saya hubungan seksual 5 kali dengan pacar saya tanpa menggunakan kondom tpi sperma nya keluar di luar itu dapat hamil apa tidak

    Tanya Bidan