×

Kapan Sebaiknya Si Kecil Diajarkan Bermain Musik?

Bagikan Artikel :

Kapan Sebaiknya Si Kecil Diajarkan Bermain Musik?

Music bisa membawa kita terlelap tidur, music juga bisa mengurangi rasa sakit saat proses melahirkan. Pada anak music bisa menunjang tumbuh kembangnya. Tak jarang banyak orang tua yang memperkenalkan music mulai dari janin. Tapi usia berapa sih anak sebaiknya diajarkan bermain music?

  1. Mengenalkan musik pada si Kecil paling baik dilakukan sejak ia lahir hingga sebelum usia 9 tahun. Tentunya pada setiap umur, cara tahapan belajar musik akan berbeda. Ini dia tahapannya:
  2. Saat bayi, Bunda dapat memperkenalkan musik secara informal dengan cara bernyanyi, bermain permainan yang ada unsur musiknya, atau sekadar menari dengan diiringi musik.
  3. Pada usia 3 tahun, barulah si Kecil bisa diajarkan musik secara lebih formal untuk mengidentifikasi melodi atau jenis-jenis instrumen musik.
  4. Pada usia 5 tahun, si Kecil mulai dapat diajarkan cara bermain alat musik dengan kemampuan motorik yang masih terbatas, misalnya piano, biola, ukulele, atau seruling.
  5. Pada usia yang lebih besar, kemampuan motorik si Kecil akan lebih baik, sehingga anak sudah bisa diajarkan untuk menggunakan alat musik yang lebih besar atau lebih kompleks, yang membutuhkan kekuatan dan stamina yang lebih besar seperti gitar, bas, selo, terompet, harpa, dan alat perkusi.
  6. Pada usia 10 tahun, tak hanya mendapatkan pengalaman belajar musik, si Kecil pun sudah bisa diajarkan untuk meningkatkan kemampuan performanya dalam bermusik.

Tips meningkatkan minat si Kecil terhadap musik

Seni, yang salah satunya adalah musik, dalam pendidikan dasar memang masih dianggap sebagai hobi. Padahal, musik juga memiliki dampak yang baik terhadap tumbuh kembang si Kecil dan menyokong kemampuan akademisnya. Nah, untuk menumbuhkan ketertarikan si Kecil terhadap musik, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan.

Pertama, perkenalkan si Kecil dengan musik sedini mungkin agar tumbuh ketertarikan pada musik. Kedua, ajari aia bermain musik dengan cara yang menyenangkan, baik dengan mengajarinya sendiri, ikut les musik, atau mengundang guru privat. Ketiga, biarkan anak memilih sendiri instrumen apa yang ingin ia pelajari. Terakhir, jadikan belajar musik sesuatu yang menyenangkan baginya untuk melepas kepenatan belajar di sekolah, bukan malah membuatnya makin terbebani.

Kecerdasan musikal si Kecil bisa terlihat dengan tanda-tanda:

  1. Senang musik dan mendengarkan lagu
  2. Cepat mengingat lagu yang baru didengarkan, baik irama maupun liriknya
  3. Peka terhadap berbagai suara dan nada
  4. Mampu menyanyikan lagu dengan baik
  5. Senang membuat musik dengan anggota tubuhnya dan benda-benda di sekitarnya
  6. Mampu menciptakan lagu, dan lain lain

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 20, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat haid

  • Oleh : Chintia Chintia
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Asalammualaikum bu saya kan haid tgl28 Juli s/d 2 Agustus dan smpe saat ni saya blom haid apa kah saya hamil bu

  • Oleh : Chintia Chintia
  • kelamin

  • Oleh : viranti maharsiva
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    ibu bidan saya mau nanya, di sekitar vagina saya ada bintik 1 kecil warnanya menyerupai kulit vagina. cuma 1 tp kecil bgt ga ada rasa gatel atau sakit. saya yang parnoan bingung apa itu kutil kelamin atau bukan, berbahaya atau tidak. mohon bantuannya ibu bidan

  • Oleh : viranti maharsiva
  • .

  • Oleh : Yola
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assallamuallaikum bu bidan … Umur saya 24 tahun . Saya ingin bertanya kalau jari telunjuk masuk ke vagina karena kecolok gitu sampe menyebabkan keluar darah sedikit apakah itu bisa di katakan bahwa saya sudah tidak perawan lagi bu bidan karena keluar darah sedikit .?? saat ini status saya belum menikah . Dan blm pernah berhubungan badan apalagi sampai penis masuk ke vagina. Tapi akhir2 ini saya jadi sering merasakan kentut lewat vagina . Itu kenapa yah bu bidan ? Apa tandanya saya sudah tidak perawan lg krn kentut nya bisa keluar lewat vagina. Tolong di jawab ya bu bidan Terimakasih

  • Oleh : Yola
  • Berapa lama keputihan yang di alami masa remaja yang umur 16 tahun..?

  • Oleh : Dinda Febrianti
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau tanya saya mulai keputihan pada saat saya sudah umur 14 tahun itu saya kelas 2 SMP sampek sekarang saya kelas 1 SMA belum berhenti juga keputihan saya..gimana bu bidan solusinya..?dan itu pun saya sekarang udah umur 16 tahun tapi belum mendapatkan menstruasi..dan berat badan saya sekarang 20kg apa itu juga berpengaruh dalam menstruasinya..?

  • Oleh : Dinda Febrianti
  • Menghilangkan kebiasaan menghisap tangan

  • Oleh : Ramadhan
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

    Tanya Bidan