×

Kapan Sebaiknya Si Kecil Diajarkan Bermain Musik?

Bagikan Artikel :

Kapan Sebaiknya Si Kecil Diajarkan Bermain Musik?

Music bisa membawa kita terlelap tidur, music juga bisa mengurangi rasa sakit saat proses melahirkan. Pada anak music bisa menunjang tumbuh kembangnya. Tak jarang banyak orang tua yang memperkenalkan music mulai dari janin. Tapi usia berapa sih anak sebaiknya diajarkan bermain music?

  1. Mengenalkan musik pada si Kecil paling baik dilakukan sejak ia lahir hingga sebelum usia 9 tahun. Tentunya pada setiap umur, cara tahapan belajar musik akan berbeda. Ini dia tahapannya:
  2. Saat bayi, Bunda dapat memperkenalkan musik secara informal dengan cara bernyanyi, bermain permainan yang ada unsur musiknya, atau sekadar menari dengan diiringi musik.
  3. Pada usia 3 tahun, barulah si Kecil bisa diajarkan musik secara lebih formal untuk mengidentifikasi melodi atau jenis-jenis instrumen musik.
  4. Pada usia 5 tahun, si Kecil mulai dapat diajarkan cara bermain alat musik dengan kemampuan motorik yang masih terbatas, misalnya piano, biola, ukulele, atau seruling.
  5. Pada usia yang lebih besar, kemampuan motorik si Kecil akan lebih baik, sehingga anak sudah bisa diajarkan untuk menggunakan alat musik yang lebih besar atau lebih kompleks, yang membutuhkan kekuatan dan stamina yang lebih besar seperti gitar, bas, selo, terompet, harpa, dan alat perkusi.
  6. Pada usia 10 tahun, tak hanya mendapatkan pengalaman belajar musik, si Kecil pun sudah bisa diajarkan untuk meningkatkan kemampuan performanya dalam bermusik.

Tips meningkatkan minat si Kecil terhadap musik

Seni, yang salah satunya adalah musik, dalam pendidikan dasar memang masih dianggap sebagai hobi. Padahal, musik juga memiliki dampak yang baik terhadap tumbuh kembang si Kecil dan menyokong kemampuan akademisnya. Nah, untuk menumbuhkan ketertarikan si Kecil terhadap musik, ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan.

Related Posts :

    Pertama, perkenalkan si Kecil dengan musik sedini mungkin agar tumbuh ketertarikan pada musik. Kedua, ajari aia bermain musik dengan cara yang menyenangkan, baik dengan mengajarinya sendiri, ikut les musik, atau mengundang guru privat. Ketiga, biarkan anak memilih sendiri instrumen apa yang ingin ia pelajari. Terakhir, jadikan belajar musik sesuatu yang menyenangkan baginya untuk melepas kepenatan belajar di sekolah, bukan malah membuatnya makin terbebani.

    Kecerdasan musikal si Kecil bisa terlihat dengan tanda-tanda:

    1. Senang musik dan mendengarkan lagu
    2. Cepat mengingat lagu yang baru didengarkan, baik irama maupun liriknya
    3. Peka terhadap berbagai suara dan nada
    4. Mampu menyanyikan lagu dengan baik
    5. Senang membuat musik dengan anggota tubuhnya dan benda-benda di sekitarnya
    6. Mampu menciptakan lagu, dan lain lain

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 20, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang gatal dan panas ditempt yg gatal saat sedang hamil

  • Oleh : Dwi saputro
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat malam
    Istri saya mengalami gatal gatal dan bintik merah dan di sekitar gatal itu terasa panas apa itu bawaa n bayi??

    Merencanakan program hamil dengan siklus menstruasi tidak teratur

  • Oleh : frenni franita
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Konsultasi masalah haid

  • Oleh : Tukijo
  • 2 tahun yang lalu

    Assalamualaikum
    Maaf pak/buk dokter saya mau konsultasi, usia saya sekitar 20.n , semenjak saya pindah kerja kok jadwal haid saya jd kurang teratur ya..? Apakah itu normal..? Atau pengaruh hormon.? Apa karena kecapek.n atau gejala penyakit ya dok..? Terus solusi buat saya gmna ya dok

    Maaf sebelumnya dan terima kasih. 😊

    Keputihan

  • Oleh : Fau Ziyah
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Bu akhir akhir ini saya keluar keputihan putih susu,berbau seperti tempe busuk,dan gatal Bu kira kira apa penyebab nya yah

    apakah berhububgan badan saat haid aman?

  • Oleh : Kelvin Wijayanti
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    saya berhubungan badan saat hari ke-4 menstruasi dan tidak menggunakan kondom. apakah aman” saja? apa yg harus saya lakukan untuk mencegah penyakit? terimakasih

  • Oleh : Kelvin Wijayanti
  • Tanya Bidan