×

Kapan Sebaiknya Si Kecil Mulai Diajarkan Berhitung?

Bagikan Artikel :

Kapan Sebaiknya Si Kecil Mulai Diajarkan Berhitung?

Kemampuan berhitung bukanlah keterampilan yang dapat begitu saja dikuasai anak. Orang tua perlu berusaha mengasah keterampilan-keterampilan pendahuluan yang harus dimiliki anak untuk akhirnya bisa berhitung. Hal inilah yang akan mengembangkannya untuk menjadi anak cerdas.

Related Posts :

    mengajarkan anak berhitung adalah salah satu tantangan bagi orangtua. Tidak jarang ada orangtua yang mengajarkan kegiatan ini dari sedini mungkin. Meski demikian, kita perlu memperhatikan bahwa kemampuan anak akan sangat bergantung dari bagaimana perkembangan fisik dan mentalnya.

    berhitung bisa mulai diajaarkan dari usia 3 tahun. Usia 3-5 tahun merupakan golden period, di mana otak sedang mulai berkembang dengan pesat sehingga informasi akan ditangkap dengan cepat oleh anak.

    Bagaimana Mengawali Si Kecil Belajar Berhitung?

    Untuk berhitung, anak cerdas perlu memahami konsep berhitung, bahwa satu untuk satu benda. Jadi sebelum mengajarkan anak menghitung satu-dua-tiga, ajarkan anak untuk membagikan satu benda untuk satu orang atau satu benda ke dalam satu lubang (bisa memakai congklak). Seperti disebutkan di atas, mengenali simbol – termasuk angka – baru diharapkan setelah anak berusia 4-6 tahun.

    Jangan Dipaksakan, Ingat Setiap Anak Berbeda-beda

    Usia 3-5 tahun merupakan periode emas yang bisa digunakan untuk mengajarkan mereka banyak hal. Meski demikian, kemampuan anak tetap berbeda-beda. Pendekatan tertentu tetap harus disesuaikan dengan karakteristik anak. Jangan terlalu memaksa mereka untuk mengikuti banyak kursus yang sebenarnya belum tentu mereka butuhkan.

    Ingatlah bahwa setiap anak adalah anak yang cerdas, dengan kemampuan belajarnya masing-masing. Dengan menerapkan kiat-kiat di atas, Anda dapat mewujudkan anak yang cerdas sekaligus berprestasi. Anak yang cerdas dan berprestasi tentu merupakan dambaan setiap orangtua

    Dampak Memaksa Anak Belajar Berhitung

    Memaksa anak pandai berhitung di usia balita bisa menyebabkan ‘Mental Hectic” yang membuat anak menjadi pemberontak, penyakit ini dapat menyerang anak di saat kelas dua atau kelas tiga sekolah dasar.

    Selain itu, memaksa anak pandai berhitung dikhawatirkan bisa membuat anak jadi tidak suka berhitung. Pemaksaan ini juga bisa menghambat perkembangan otak kanan anak. Otak kanan digunakan untuk menumbuhkan tingkat kreativitas. Jika Anda memaksa anak usia dini untuk mampu berhitung, maka secara tidak langsung bisa mematikan daya kreativitasnya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 25, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Perlengkapan Yang Harus Di Bawa

  • Oleh : Nurfah Putriie Sopiant
  • 6 tahun yang lalu

    Siang ibu bidan, nama saya aisyah. Saya mau bertanya tentang perlengkapan apa saja yang harus di persiapkan dan harus di bawa ke Ruma Sakit atau Bidan ketika saya melahirkan. Jujur saja, saat ini saya masih bingung perlengkapan bayi apa saja yang harus saya bawa saat melahirkan nanti. Mohon jawabannya dok 🙂

  • Oleh : Nurfah Putriie Sopiant
  • Merasa tidak nyaman di MissV

  • Oleh : azizah Rahmani putri
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assallamualaikum bu bidan,
    Saya umur 19 tahun dan belum sama sekali melakukan hubungan seksual. sudah 2 minggu an saya merasakan tidak nyaman di lubang vagina saya, seperti ada yang mengganjal atau merasa ada gelembung di dalam lubang vagina,kadang kalo di buat duduk itu terjadi Queefing (tidak berbau). Setelah Queefing tetap saja terasa gelembung di lubang vagina dan sangat tidak nyaman. Kejadian itu terjadi setiap malam,di jam tidur. apakah itu termasuk ke dalam penyakit yg berhubungan dengan kandungan atau semacam nya? Tindakan apa yang harus saya lakukan?

    Benjolan di belakang telinga

  • Oleh : Ridwan Ridwan
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bidan di belakang telinga saya ada benjolan kurang lebih 2 cm itu nama benjolannya apa??dan ngak ada gejala juga mengenai benjolan ini..tapi teksturnya seperti kenyal??

  • Oleh : Ridwan Ridwan
  • Masalah pd

  • Oleh : Agustina Fariantini
  • 11 bulan, 2 minggu yang lalu

    Kakak mau nanya ini kemaren sudah sempet nanya tapi lupa username jadi ini buat lagi, sejak asi full ko pd sering masalah ya ini tak laktasi katanya ada benjolan kecil itu gajih juga bisa ini saluran asi nya menurutnya bidan ini gimana.

  • Oleh : Agustina Fariantini
  • membangkitkan nafsu makan ibu hamil muda

  • Oleh : erin dianawati
  • 5 tahun, 5 bulan yang lalu

    bu bidan, saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangkitkan nafsu makan pada ibu hamil muda,

    Tanya Bidan