×

Kapan Sebaiknya Si Kecil Mulai Diajarkan Mandi Sendiri?

Bagikan Artikel :

Kapan Sebaiknya Si Kecil Mulai Diajarkan Mandi Sendiri?

Sudah masuk bangku sekolah dasar tapi si Kecil selalu ingin dimandikan bunda? Padahal teman-teman sebayanya sudah mandi sendiri. Sedangkan jika tidak dimandikan si Kecil enggan untuk pergi ke sekolah. Ada yang mengalami demikian?

Mandi memanglah salah satu kebutuhan bagi setiap orang termasuk si Kecil. Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, Bunda perlu mengajarkannya untuk hidup mandiri. Rutinitas sehari-hari seperti makan, memakai baju, dan memakai sepatu perlahan-lahan mulai diajarkan dan dilatih sehingga si kecil bisa melakukannya sendiri dengan terampil. Lalu, bagaimana dengan mandi? Kapankah si kecil bisa mulai diajarkan untuk mandi sendiri?

Kapan Waktu Yang Tepat Si Kecil Mulai Diajarkan Mandi Sendiri?

Sebaiknya mulailah untuk dilatih belajar mandi sendiri ketika si Kecil berusia 3 tahun,. Kemampuan untuk mandi sendiri tidak muncul dalam satu atau dua kali coba. Setiap kali ia mandi, awasi dan bantu anak agar berhasil menyelesaikan kegiatan mandinya. Ajari ia cara untuk membersihkan seluruh tubuhnya, mencuci rambutnya, menggosok gigi dan lain-lain. Selain itu beri tahu bagian tubuh yang mana yang belum bersih.

Tetap Awasi Si Kecil Meskipun Sudah Bisa Mandi Sendiri

Walaupun si kecil sudah bisa membersihkan tubuhnya dengan baik, bukan berarti Bunda sudah bisa meninggalkannya sendirian di kamar mandi untuk mandi atau berendam di bak mandi, lho. Masalah seperti tenggelam atau terpeleset di kamar mandi bisa berakibat buruk dan cukup sering terjadi. Jadi, sebaiknya tetap mengawasinya walaupun ia sudah bisa mandi sendiri.

Related Posts :

    Mereka masih membutuhkan pengawasan Bunda hingga mereka berumur setidaknya 6 tahun. Beberapa ahli bahkan menyarankan agar anak tetap diawasi saat mandi sendiri hingga ia berusia sekitar 8 tahun untuk menghindari kecelakaan yang membahayakan keselamatannya. Anak yang sudah lebih besar juga tidak disarankan untuk diminta menjaga anak yang lebih kecil, ya. Utamakan pengawasan orang dewasa untuk menjaga keamanan anak saat mandi.

    Ingatkan Si Kecil Untuk Tidak Sambil Bermain Di Kamar Mandi

    Bunda juga perlu mengingatkan si kecil bahwa kamar mandi bukanlah tempat untuk bermain-main dan ia harus selalu berhati-hati saat berada di kamar mandi. Anak kecil biasanya belum bisa memahami bahaya dari hal-hal yang tampak sederhana, misalnya bahaya peralatan listrik bila terkena air atau bahaya terpeleset. Tapi, dengan kewaspadaan Bunda dan pengamanan yang tepat dan cukup, bahaya dan risiko pun bisa dihindari, sehingga Mandi bisa berjalan dengan lancar.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 13, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    hamil 1 bulan

  • Oleh : Chiika Jocom
  • 7 bulan yang lalu

    dok saya mau tanya bulan lalu juni tanggal 13 saya berhubungan dan sempat turun haid tanggal 20an dan bulan juli ini saya tidak haid sudah di taspack hasil nya positif, apakah saya hamil karena berhubungan tanggal 13 bulan juni atau ?

  • Oleh : Chiika Jocom
  • Telat haid

  • Oleh : Hasna Hasnawati
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum dok. Saya mau tanya. Seharusnya saya udh haid ini ternyata belum.. saya udh telat 2 hari dn saya jga tidak pernah melakukan hubungan intim

  • Oleh : Hasna Hasnawati
  • Manfaat Persalinan Normal

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan. Saat ini usia kandungan saya sudah semakin membesar, namun saya masih bingung untuk proses persalinan. Hal yang saya ingin tanyakan, persalinan seperti apa yang harus saya lakukan, dan apa manfaat yang bisa di dapatkan ketika saya melakukan persalinan dengan cara itu?

  • Oleh : Gigin Gumay
  • Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

  • Oleh : Asti Anisa
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya mau bertanya, bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil? Terima kasih

    Tanya Bidan