×

Kapan Sebaiknya Si Kecil Mulai Diajarkan Mandi Sendiri?

Bagikan Artikel :

Kapan Sebaiknya Si Kecil Mulai Diajarkan Mandi Sendiri?

Sudah masuk bangku sekolah dasar tapi si Kecil selalu ingin dimandikan bunda? Padahal teman-teman sebayanya sudah mandi sendiri. Sedangkan jika tidak dimandikan si Kecil enggan untuk pergi ke sekolah. Ada yang mengalami demikian?

Mandi memanglah salah satu kebutuhan bagi setiap orang termasuk si Kecil. Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, Bunda perlu mengajarkannya untuk hidup mandiri. Rutinitas sehari-hari seperti makan, memakai baju, dan memakai sepatu perlahan-lahan mulai diajarkan dan dilatih sehingga si kecil bisa melakukannya sendiri dengan terampil. Lalu, bagaimana dengan mandi? Kapankah si kecil bisa mulai diajarkan untuk mandi sendiri?

Kapan Waktu Yang Tepat Si Kecil Mulai Diajarkan Mandi Sendiri?

Sebaiknya mulailah untuk dilatih belajar mandi sendiri ketika si Kecil berusia 3 tahun,. Kemampuan untuk mandi sendiri tidak muncul dalam satu atau dua kali coba. Setiap kali ia mandi, awasi dan bantu anak agar berhasil menyelesaikan kegiatan mandinya. Ajari ia cara untuk membersihkan seluruh tubuhnya, mencuci rambutnya, menggosok gigi dan lain-lain. Selain itu beri tahu bagian tubuh yang mana yang belum bersih.

Tetap Awasi Si Kecil Meskipun Sudah Bisa Mandi Sendiri

Walaupun si kecil sudah bisa membersihkan tubuhnya dengan baik, bukan berarti Bunda sudah bisa meninggalkannya sendirian di kamar mandi untuk mandi atau berendam di bak mandi, lho. Masalah seperti tenggelam atau terpeleset di kamar mandi bisa berakibat buruk dan cukup sering terjadi. Jadi, sebaiknya tetap mengawasinya walaupun ia sudah bisa mandi sendiri.

Mereka masih membutuhkan pengawasan Bunda hingga mereka berumur setidaknya 6 tahun. Beberapa ahli bahkan menyarankan agar anak tetap diawasi saat mandi sendiri hingga ia berusia sekitar 8 tahun untuk menghindari kecelakaan yang membahayakan keselamatannya. Anak yang sudah lebih besar juga tidak disarankan untuk diminta menjaga anak yang lebih kecil, ya. Utamakan pengawasan orang dewasa untuk menjaga keamanan anak saat mandi.

Ingatkan Si Kecil Untuk Tidak Sambil Bermain Di Kamar Mandi

Bunda juga perlu mengingatkan si kecil bahwa kamar mandi bukanlah tempat untuk bermain-main dan ia harus selalu berhati-hati saat berada di kamar mandi. Anak kecil biasanya belum bisa memahami bahaya dari hal-hal yang tampak sederhana, misalnya bahaya peralatan listrik bila terkena air atau bahaya terpeleset. Tapi, dengan kewaspadaan Bunda dan pengamanan yang tepat dan cukup, bahaya dan risiko pun bisa dihindari, sehingga Mandi bisa berjalan dengan lancar.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 13, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang siklus haid

  • Oleh : Yolan Prastika
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya mau menanyakan setiap kali saya haid siklus haid saya suka tidak teratur kadang lebih dari 35 hari, kadang kalo sudah lebih dari 35 hari saya sering mengompres bagian perut bawah saya menggunakan air hangat apa itu membahayakan atau tidak ya dok? Saya mohon solusinya

  • Oleh : Yolan Prastika
  • cara menjaga kesehatan anak balita

  • Oleh : Chika ELlo
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan, selamat siang…
    Nama saya Milla Natalia, saya seorang ibu rumah tangga dan baru memiliki 1 anak laki-laki usianya mau menginjak 3 tahun. Nah bu bidan, anak saya ini hiperaktif dan bisa di bilang cepat pertumbuhannya. Tapi dengan cuaca seperti ini yang kadang terang dan tiba-tiba hujan bagaimana cara kami sebagai orang tua untuk menjaga kesehatan anak kami agar tidak mudah terserang penyakit bu bidan? karena kami takut salah apa saja yang harus dilakukan di usia yang mau menginjak 3 tahun ini. Terimakasih bu bidan, ditunggu solusinya.
    Wassalamm…

  • Oleh : Chika ELlo
  • Sakit Dada Tiba Tiba

  • Oleh : Atha
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Pagi dok, saya mau bertanya, 3 bulan yang lalu saya melakukan operasi pengangkatan penyakit tumor payudara. Saat ini sudah 2 hari saya sering kali merasakan nyeri dibagian dada yang bisa datang secara tiba tiba. Biasanya saat bergerak saya merasakan sakit dan menghambat aktivitas saya. Saya mau bertanya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? apakah mungkin ini efek samping dari operasi tersebut?

    Berhubungan saat minum pil plasebo

  • Oleh : Istiana Agustin
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Malam bu bidan, bu saya mau tnya, saya udh minum pil plasebo skali dan harusny malam ini sy minum pil plasebi, krn sy brhbngan intim dengan suami, krn takut hamil sy minum pil aktif lg, apakah sy akan hamil dok, trus besok sbaikny sy mengonsumsi pil plasebo atau aktif?

    Ngilu sendi dan sekitar vagina

  • Oleh : willianbyrnes6
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin bertanya saat ini saya sering merasakan ngilu di persendian juga di area sekita vagina. Gejala tersebut muncul setelah sebulan lalu saya melahirkan, apakah ini berbahaya? dan saya minta saran cara untuk mengatasinya. Terimakasih sebelumnya

    Tanya Bidan