×

Kebiasaan-kebiasaan Orang Tua Yang Membuat Anak Menjadi Sukses

Bagikan Artikel :

Kebiasaan-kebiasaan Orang Tua Yang Membuat Anak Menjadi Sukses

Sebetulnya tidak ada rumus mutlak tentang cara agar bisa membesarkan anak yang kelak akan sukses. Arti kesuksesan pun berbeda-beda setiap individu. Namun, kita sebagai orang rua tetap bertanggung jawab untuk memberi bekal kepada si Kecil untuk mencapai kesuksesan sesuai dengan versinya masing-masing.

Related Posts :

    Mendidik dan membesarkan anak hingga meraih kesuksesan bukan pekerjaan mudah. Diperlukan banyak upaya dari orang tua agar bisa membesarkan anak menjadi sosok yang berkembang.

    Tips Membesarkan Anak Agar Mencapai Kesuksesan

    1. Punya pola asuh authoritative
      Authoritative parenting atau pola asuh otoritatif merupakan pola asuh dengan orang tua yang mengasuh, mendukung, dan responsif terhadap anak, tetapi tetap memberi batasan yang tegas.
    2. Melibatkan Anak dalam Penyelesaian Masalah
      Orang tua dari anak-anak yang sukses biasanya juga melibatkan anak-anak mereka dalam menyelesaikan masalah keluarga. Ketika keluarga sedang menghadapi masalah, para orang tua ini akan membangun percakapan dengan anak mengenai apa yang perlu dilakukan, memahami kekuatan apa yang dimiliki sekaligus tetap menjaga harapan anak di waktu yang sulit sekalipun. Studi mengungkapkan bahwa anak-anak yang dibesarkan oleh keluarga seperti ini memiliki risiko lebih rendah untuk menjadi korban perundungan.
    3. Punya bonding yang kuat dengan anaknya
      Keluarga adalah sumber kekuatan bagi setiap anggotanya termasuk anak. Orang tua yang dekat dengan anaknya adalah salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan anak.
    4. Mendorong anak berani ambil risiko
      Profesor di bidang psikologi Alison Gopnik mengatakan remaja memang memasuki masa di mana mereka memiliki dorongan untuk mengambil risiko. Berani mengambil risiko akan membantu anak untuk lebih memahami duni dan bagaimana bersikap di dalamnya. Sebaliknya, anak yang takut mengambil risiko bisa membuat anak tumbuh menjadi sosok dewasa yang rentan terhadap gangguan kecemasan.
      Tentu orang tua perlu membimbing anak untuk memahami konsekuensi yang akan didapatkan sebelum mengambil suatu risiko. Orang tua juga perlu hadir sebagai sosok yang memberi dukungan penuh dan cinta tanpa syarat agar anak merasa lebih aman ketika memutuskan untuk mengambil suatu risiko.
      Perhatian orang tua dan stabilitas merupakan apa yang dibutuhkan anak untuk mengambil risiko secara produktif dan mempelajari sesuatu yang baru,” tutur Gopnik.
    5. Tak Memanjakan Anak yang Masih ‘Kekanakan’
      Tak semua anak yang beranjak dewasa bisa langsung menjadi sosok yang mandiri, khususnya secara finansial. Kurang dari satu dalam empat orang dewasa yang bisa meraih kemandirian finansial pada usia 22 tahun. Sebagian besar orang tua diperkirakan masih harus mengeluarkan uang sekitar 500 miliar dolar Amerika untuk membantu anak-anak mereka yang sudah beranjak dewasa tetapi belum mandiri atau adult children.
      Agar tak membesarkan anak menjadi sosok adult children, penting bagi orang tua untuk melatih kemandirian finansial anak sejak mereka beranjak dewasa. Sebagai contoh, orang tua bisa mengajarkan anak untuk membayar sebagian dari biaya ponsel yang mereka gunakan. Dengan kemampuan mengatur keuangan yang baik, anak bisa tumbuh menjadi sosok dewasa yang memiliki pemahaman baik dalam mengatur finansialnya.
    6. Memupuk Tekad Kuat untuk Tujuan Jangka Panjang
      Tekad yang kuat diperlukan agar seseorang bisa melewati beragam kesulitan demi meraih sebuah tujuan dalam jangka panjang. Studi yang dilakukan oleh tim psikolog dari University of Pennsylvania mengungkapkan bahwa tiga poin yang memengaruhi kecenderungan seseorang untuk sukses adalah tekad atau ketabahan hati yang kuat, kecerdasan dan kapasitas fisik

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 8, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makanan Sehat Untuk Wanita

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • Masalah keputihan

  • Oleh : Ahmad Ahmad
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanyak pasangan saya mengalami keputihan kayak air gitu terus gk haid² dia nya terlambat 3 minggu

  • Oleh : Ahmad Ahmad
  • Mual Saat Minum Susu Pada Masa Hamil

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya istri saya sedang hamil 4 bulan dan di haruskan untuk minum susu oleh dokter. Namun istri saya selalu mengeluhkan rasa mual setelah mengkonsumsi susu, bahkan sekarang istri saya enggan untuk minum susu karena rasa mual yang sangat mengganggu. Apakah ada tips untuk mengatasi masalah istri saya bu bidan. Mohon jawabannya

    Masalah Haid

  • Oleh : saharani nur
  • 3 minggu, 5 hari yang lalu

    Assalamualaikum Bu,maaf saya mau tanya! saya berusia 19thn terakhir haid itu sebelun Ramadan kemarin trus sampai Sekarang blm haid juga. itu gimana ya bu?

  • Oleh : saharani nur
  • Nyeri Pada Payudara

  • Oleh : Evi Ratnasari
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok mau tanya terkait nyeri pada panyudara, saya sudah mengalami beberapa hari ini diluar siklus mensturasi, nyerinya kadang-kadang muncul tapi kadang – kadang tidak, itu disebabkan kenapa ya dok?

    Mohon untuk dijelaskan terkait benjolan pada payudara itu maksudnya apakah timbul seperti bisul atau habis terkena gigitan atau seperti apa ya dok yang dimaksud benjolan?

    Terimakasih

  • Oleh : Evi Ratnasari
  • Tanya Bidan