×

Kenali Ciri-ciri Anak Laki-laki Dengan Oedipus Complex

Bagikan Artikel :

Kenali Ciri-ciri Anak Laki-laki Dengan Oedipus Complex

Sangat wajar jika anak laki-laki lebih dekat dengan ibunya ketimbang dengan ayahnya. Ada pepatah bilang bahwa ibu adalah cinta pertamanya anak laki-laki. Tapi bagaimana jika seorang anak laki-laki bersikap berlebihan bahkah memiliki ketertarikan kepada ibunya atau disebut dengan Oedipus complex. Apa itu Oedipus complex?

Oedipus complex adalah konsep bahwa anak laki-laki memiliki fase yang membuat ia memiliki hasrat pada ibunya. Konsep kontroversial ini dicetuskan tahun 1899 dan cukup dikritik dalam keilmuan psikologi. Namun, sebagai pengetahuan, tak ada salahnya Anda memahami bagaimana anak mengembangkan psikoseksualnya.

Menurut konsep Oedipus complex yang kontroversial ini, anak-anak laki-laki melihat ayahnya sebagai rival atau saingan. Artinya, sang anak laki-laki memiliki hasrat untuk berkompetisi bersama ayah mereka, dalam mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari sang ibu.Kontroversi mengenai konsep ini berpusat pada teori bahwa anak-anak memiliki perasaan seksual terhadap orangtua sendiri. Namun, menurut Sigmun Freud, perasaan tersebut sebenarnya ‘tertekan’ atau tidak disadari anak. Hanya saja, hasrat ini tetap berpengaruh terhadap perkembangan Si Kecil. Oedipus complex adalah istilah yang disematkan pada anak laki-laki. Sementara itu, perasaan seksual anak perempuan terhadap ayah mereka disebut Electra complex.Istilah “Oedipus complex” berasal dari cerita yang dibuat oleh Sophocles dari Yunani kuno. Dalam cerita tersebut, karakter bernama Oedipus Rex tanpa sadar membunuh ayahnya dan menikahi ibunya.

Gejala Oedipus Complex

  1. Posesif terhadap ibunya
  2. Marah pada ayah yang menyentuh ibunya
  3. Suka memaksa untuk tidur di antara kedua orang tua
  4. Berharap sang ayah untuk bepergian agar sang anak bisa dekat dengan ibunya

Penyebab Oedipus Complex

Oedipus complex bisa disebabkan karena sosok ibu yang terlalu protektif. Akibatnya anak jadi sukar lepas dari kelekatan terhadap ibu. Ketika mencari pasangan hidup, pria ini akan mencari wanita yang menyerupai sosok ibunya, salah satunya diperoleh dari wanita yang umurnya lebih tua.

Related Posts :

    Pria yang mengalami Oedipus Complex memposisikan dirinya sebagai pria yang mencari perhatian dan perlindungan dari pasangan wanitanya. Hal ini terjadi karena proses pengasuhan yang sudah berlangsung sejak lama.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 13, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : Fitria Kaerunisa
  • 3 tahun yang lalu

    Selamat malam dok saya ingin bertanya, sebelumnya saya belum pernah berhubungan dan menikag sudah 1 minggu keputihan saya tidak berhenti. Keputihan saya berwarna putih susu, kadang bergumpal kadang tidak, mengeluarkan bau, dan kadang ada cairan putih keluar gitu dok kira-kira kenapa ya dok

    Menstruasi dengan durasi dan banyak haid yg sedikit

  • Oleh : miranda borosi
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    bu sy mau bertanya selama ini menstruasi sy lancar dn tidak ada suatu hal yg aneh . Namun bulan lalu dn bulan ini sy rasa menstruasi sy memiliki durasi singkat sekitar 2 atau 3 hari dengan aliran darah yg tdk sebanyak biasanya . Setiap kali menstruasi sy biasa merasakan skit namun tidak terus menerus tiap bulan . Tpi 2 bln ini skit dn sy tidak tau itu apakah ada pengaruhnya atau tidak . Apakah menurut ibu bidan yg sy rasakan masih dalam keadaan normal ??

  • Oleh : miranda borosi
  • Keguguran

  • Oleh : Dewi
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan terus, dan bahkan terasa ada seperti benjolan dibagian miss V ini yang memang sedikit mengganggu aktivitas saya. Sebenarnya, saya ingin sekali menarik daging yang keluar dari bagian miss V saya, namun saya merasakan takut ada hal yang bisa membahayakan kesehatan saya. Saya mau bertanya, bagai mana solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini?

    Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    Kuret tgl 2 juni 2022

  • Oleh : Apri Yanti
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Bu, saya mau tanya ko lepas kuret tgl segitu saya masih mengalami keluar darah cukup byk ya. Itu normal atau tidak bu?

  • Oleh : Apri Yanti
  • Tanya Bidan