×

Kenali Ciri-ciri Anak Laki-laki Dengan Oedipus Complex

Bagikan Artikel :

Kenali Ciri-ciri Anak Laki-laki Dengan Oedipus Complex

Sangat wajar jika anak laki-laki lebih dekat dengan ibunya ketimbang dengan ayahnya. Ada pepatah bilang bahwa ibu adalah cinta pertamanya anak laki-laki. Tapi bagaimana jika seorang anak laki-laki bersikap berlebihan bahkah memiliki ketertarikan kepada ibunya atau disebut dengan Oedipus complex. Apa itu Oedipus complex?

Oedipus complex adalah konsep bahwa anak laki-laki memiliki fase yang membuat ia memiliki hasrat pada ibunya. Konsep kontroversial ini dicetuskan tahun 1899 dan cukup dikritik dalam keilmuan psikologi. Namun, sebagai pengetahuan, tak ada salahnya Anda memahami bagaimana anak mengembangkan psikoseksualnya.

Menurut konsep Oedipus complex yang kontroversial ini, anak-anak laki-laki melihat ayahnya sebagai rival atau saingan. Artinya, sang anak laki-laki memiliki hasrat untuk berkompetisi bersama ayah mereka, dalam mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari sang ibu.Kontroversi mengenai konsep ini berpusat pada teori bahwa anak-anak memiliki perasaan seksual terhadap orangtua sendiri. Namun, menurut Sigmun Freud, perasaan tersebut sebenarnya ‘tertekan’ atau tidak disadari anak. Hanya saja, hasrat ini tetap berpengaruh terhadap perkembangan Si Kecil. Oedipus complex adalah istilah yang disematkan pada anak laki-laki. Sementara itu, perasaan seksual anak perempuan terhadap ayah mereka disebut Electra complex.Istilah “Oedipus complex” berasal dari cerita yang dibuat oleh Sophocles dari Yunani kuno. Dalam cerita tersebut, karakter bernama Oedipus Rex tanpa sadar membunuh ayahnya dan menikahi ibunya.

Related Posts :

    Gejala Oedipus Complex

    1. Posesif terhadap ibunya
    2. Marah pada ayah yang menyentuh ibunya
    3. Suka memaksa untuk tidur di antara kedua orang tua
    4. Berharap sang ayah untuk bepergian agar sang anak bisa dekat dengan ibunya

    Penyebab Oedipus Complex

    Oedipus complex bisa disebabkan karena sosok ibu yang terlalu protektif. Akibatnya anak jadi sukar lepas dari kelekatan terhadap ibu. Ketika mencari pasangan hidup, pria ini akan mencari wanita yang menyerupai sosok ibunya, salah satunya diperoleh dari wanita yang umurnya lebih tua.

    Pria yang mengalami Oedipus Complex memposisikan dirinya sebagai pria yang mencari perhatian dan perlindungan dari pasangan wanitanya. Hal ini terjadi karena proses pengasuhan yang sudah berlangsung sejak lama.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 13, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    gatal gatal pada kaki

  • Oleh : Daniel
  • 5 tahun yang lalu

    Salam kenal,

    Saya ingin bertanya, usia kandungan istri saya masuk ke bulan 8, namun terjadi gatal gatal di kaki, dari pergelangan kaki sampai ke paha.
    sudah konsul ke dokter dan sudah dikasih obat juga, namun gatal nya belum sembuh2 juga, gatal gatal nya itu seperti biduran. Apakah ini hormon yg buruk dan apa solusi nya

    Mohon penjelasannya
    terima kasih

    Kesehatn laki2

  • Oleh : M Sholej
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamt malam,m’f saya mau tanya apakah penyebah ejakulasi dini pada laki2,dan apa obatnya,trima ksih??

    Keputihan

  • Oleh : Rismawati Sr
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Dok.. Nama Saya Rismawati Umur 20 Tahun, Saya Keputihan Mulai Bulan 8 Thn Kemarin Dok, sampai Sekarang Belum Sembuh, Padahal Udah minum BanyaK Obat, Jamu, udah pake Daun Sirih juga tapi gak ada perubahan, Keputihan Saya Gatal, Bau Amis, warnanya agak kuning, Terus Kental, kalau berhubungan Nyeri, Panas, terus ada benjolan juga Dok.. Mohon Solusinya Dok, Soalnya Saya Belum Punya Anak, Saya Udah Nikah 1 tahun Lebih….

    Kehamilan

  • Oleh : Atik Tika
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, maaf bu dokter saya mewakili teman saya mau bertanya, teman saya kan sudah tidak heid dari semenjak bulan mei 2019 setelah bulan juni akhir ternyata belum haid juga katanya, lalau pas tanggal 25 juni akhir teman saya melakukan test pack dan hasilnya negatif, tapi pas masuk bulan juli awal juga belum haid dan pas tanggal 9 juli di cek lagi hasilnya fositif, di tes lagi tanggal 12 juli juga masih fositif, dan di coba di tes lagi tanggal 23 juli juga masih fositif, tapi yg membuat anehnya kata teman saya dia sama sekalai tidak merasakan mual muntah atau tanda tanda hamil seperti biasanya yaitu perut buncit, sering pipis dll.hanya yg dirasakan yaitu tidak haid seperti biasanya saja. Yg mau di tanyakan jd sebenarnya teman saya itu sedang hamil atau tidak bu dokter, dan solusi nya apa untuk memastikan teman saya hamil atau tidak itu soalnya teman saya tidak mau di cek langsung ke dokter atau bidan dia orangnya penakut dokter. Terima kasih sekian pertanyaan saya mohon di jawab ya bu dokter.

    Kehamilan

  • Oleh : Nena Nurlianti
  • 9 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan, saya mau tanya. Usia saya 20 tahun dan sudah menggunakan pil KB selama 6 bulan. HPHT saya tanggal 2 Februari 2022, pada tanggal 14 Februari, saya merasakan kram perut seperti yang sedang haid tapi terasa ringan disertai nyeri payudara, padahal perkiraan haid saya masih 2 minggu lagi. Kram perut dan nyeri haid itu berlangsung hingga hari ini, dan disertai seringnya BAK. Pada tanggal 16 Februari saya coba testpack tapi hasilnya negatif. Apakah yang saya alami sekarang tanda2 hamil atau apa ya bu? Apakah karena terlalu awal di testpacknya, sehingga kadar hcg nya masih rendah?. Terimakasih sebelumnya nya bu, wassalam.

  • Oleh : Nena Nurlianti
  • Tanya Bidan