×

Ketika Si Kecil Senang Bermake Up, Begini Cara Orang Tua Menyikapinya!

Bagikan Artikel :

Ketika Si Kecil Senang Bermake Up, Begini Cara Orang Tua Menyikapinya!

Banyak sekali vlog tutorial make up yang sering ditemui di social media. Oleh sebab itu, maraknya tutorial make up ini membuat banyak kaum wanita mulai usia dewasa, remaja hingga anak-anak banyak yang mengikuti. Pasalnya dengan menggunakan riasan make up tentu akan terlihat jauh lebih cantic. Bukannya semua wanita ingin terlihat cantic bukan?

Tapi make up bagi anak-anak menjadi sebuat perbincangan. Bahkan beberapa orang tua menjadi khawatir. Sehingga kerap muncul pertanyaan, “Wajarkah bila si kecil sudah memiliki hobi berdandan dan bagaimana cara menyikapinya?”

Cara Menyikapi Si Kecil Yang Senang Bermain Make Up

  1. Pahami Sebagai Proses Belajar Meniru
    Tak perlu khawatir bila melihat si kecil sering terlihat asik bersolek di depan cermin. Hal tersebut wajar kok. Sebab anak-anak merupakan peniru yang ulung sehingga tak heran bila hobi Bundanya pun diritunya.
    Pada masa ini anak akan menirukan sosok yang dianggap sebagai role model. Dan orangtuanya lah yang berperan sebagai role model bagi mereka.
    Anak di usia 5-8 tahun akan terbiasa melakukan apa yang dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya. Mereka menganggap semua yang dilakukannya itu semata-mata sebagai bentuk permainan dan peran yang perlu mereka tiru. Karenanya, apabila anak mulai suka berdandan, orang tua justru perlu ‘berbangga diri’. Itu artinya, si kecil tumbuh dengan cerdas karena dapat meniru sosok yang dikaguminya, terutama Bundanya.
    Hal yang perlu dilakukan adalah mengawasi dan sesekali memberi nasihat agar mereka tidak berdandan secara berlebihan. Selain itu, pastikan juga saat berdandan si kecil tidak menggunakan produk orang dewasa ya.
  2. Memberi Dukungan Terhadap Hobi Baru Anak
    Saat si kecil sedang senang-senangnya berdandan, orang tua jangan sampai melarang apalagi mengatakan kata “jangan” kepada mereka.
    Ada baiknya orangtua memberikan dukungan kepada mereka agar si kecil bisa lebih menekuni hobi tersebut sehingga dapat bermanfaat bagi diri mereka.
    Misalnya dengan memberikan produk make up yang aman dan dikhususkan bagi anak-anak. Sebab kita tahu bahwa kulit si kecil masih sangat sensitif. Karenanya berilah mereka produk yang aman dan telah terdaftar pada BPOM. Dengan begitu, Bunda tak perlu pusing bila si kecil memainkan atau mengacak-acak peralatan make up orang dewasa yang dapat
  3. Luangkan Waktu untuk Bermain dengan Anak
    Meski sudah memberikan produk make up yang aman digunakan untuk anak-anak, Bunda tetap perlu mendampingi setiap aktivitasnya ya. Sebab, bermain make up atau berdandan bersama si kecil dapat menjadi salah satu cara membangun bonding atau kedekatan dengan mereka.
    Tak hanya itu, pada saat ini kemampuan motorik anak juga dapat dilatih. Contohnya dengan mengajarkan mereka me-mix and match-kan warna atau mengenalkan kepada si kecil tentang masing-masing fungsi dari jenis make up yang digunakannya.
  4. Ajarkan Anak untuk Selalu Menjaga Kebersihan
    Setelah selesai bermain make up, jangan lupa selalu ingatkan mereka untuk menjaga kebersihan area wajah dengan mencucinya hingga bersih. Selain itu, arahkan mereka untuk merapikan kembali peralatan make up yang telah digunakan dan menyimpannya dengan benar.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 24, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Nyeri dada Dan Tulang Belikat

  • Oleh : justinstoker2
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok saat ini saya sedang hamil 10 minggu dan sering kali merasakan mual mual tanpa alasan. Mungkin ia pada awalnya mual ini terjadi hanya saat pagi hari saja, namun akhir akhir ini justru mual ini sering kali datang dan bahkan setiap kali sudah mengkonsumsi makanan pasti keluar lagi. Saya mau bertanya obat apa yang aman untuk mengatasi rasa mual ini ya dok?

    Alat kelamin

  • Oleh : Hero Putra
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya saya sehari bisa buang air kecil 10 kali lebih dan setelah buang air kecil kaya ada yang menetes seperti air kencing tapi agak kental dikit terus setelah saya basuh rasanya kemaluan saya dingin dan ingin buang air kencing lagi bisa sampai 5 kali terus di ujung kemaluan saya mulutnya bengkak dok.dan waktu tidur entah itu malam atau siang keluar caira seperti mani tapi berwarna putih kental waktu keluarnya kemaluan tegang dok.lalu di ujung kemaluan kaya ada airnyaterus ggitu dok..mohon dibantu dok sekian terimakasih. Wasalamuala’ikum WR.WB

    Wasir (Ambeyen)

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan.. Maaf mengganggu waktunya. Bu, saya ingin bertanya.. Ini kehamilan pertama saya dan dari sebelum menikah saya sudah ada ambeyen eksternal yg nggak bisa masuk lagi. Posisi ambeyen ini dibagian atas dekat dengan perineum, tapi selama ini belum pernah sampai berdarah, hanya bengkak saja setelah bab tp akan kembali k ukuran semula dalam beberapa jam. Usia kehamilan saya sekarang 31minggu bu. Apa saya tetap bisa melahirkan secara normal yaa bu?
    Terima kasih sebelumnya bu

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • Haid

  • Oleh : Baim Pia
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Saya mahu tahu kenapa bulan ni Sya inda datang bulan,pada bulan seterusnya Sya DTG flek coklat sja

  • Oleh : Baim Pia
  • Tentang siklus haid

  • Oleh : Yolan Prastika
  • 1 tahun yang lalu

    Dok saya mau menanyakan setiap kali saya haid siklus haid saya suka tidak teratur kadang lebih dari 35 hari, kadang kalo sudah lebih dari 35 hari saya sering mengompres bagian perut bawah saya menggunakan air hangat apa itu membahayakan atau tidak ya dok? Saya mohon solusinya

  • Oleh : Yolan Prastika
  • Tanya Bidan