×

Ko Gigi Anakku Belum Tumbuh? Sedangkan Teman Seumurannya Sudah

Bagikan Artikel :

Ko Gigi Anakku Belum Tumbuh? Sedangkan Teman Seumurannya Sudah

Teman-teman seumuran si Kecil sudah tumbuh gigi, tapi kok anakku belum ya? tenang bunda, pertumbuhan gigi pertama tiap bayi bervariasi. Dalam kasus yang jarang terjadi, seorang bayi bisa memiliki gigi pertamanya pada saat ia lahir. Namun, di sisi lain, seorang bayi mungkin belum tumbuh gigi satu pun sampai ia berusia setidaknya 1 tahun.

Menurut David Geller, seorang dokter anak di Bedford, Massachusetts, bila bayi belum tumbuh gigi di kisaran usia 1 tahun, hal tersebut masih wajar. Usia rata-rata bayi mendapatkan gigi pertamanya adalah 6 bulan. Namun, Geller juga pernah mendapati seorang anak yang baru memiliki gigi pertamanya pada usia 17 bulan. Jangan khawatir, karena keterlambatan perkembangan dalam soal tumbuh gigi tidak selalu mengindikasikan adanya masalah dalam perkembangannya secara keseluruhan.

Kebanyakan orangtua juga sering salah mengira bahwa bayi mengiler atau mengunyah jari sebagai tanda tumbuh gigi, terutama di usia sekitar 3 bulan. Namun, itu sebenarnya hanyalah aktivitas yang biasanya dilakukan bayi pada usia tersebut. Mengiler dan mengunyah jari tidak selalu merupakan tanda bahwa gigi sebentar lagi akan tumbuh.

Namun, bila Si Kecil masih belum tumbuh gigi di usia 18 bulan, segera beri tahu dokter anak. Dokter mungkin akan memesan tes darah untuk menyingkirkan masalah medis tertentu, dan bayi mungkin akan dirujuk ke dokter gigi anak. Terlepas dari kapan gigi pertama bayi tumbuh, orangtua dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan gigi pada anak setelah ia merayakan ulang tahun pertamanya.

Hal yang Perlu Diketahui Orangtua tentang Gigi Pertama Bayi

• Gigi Pertama Bayi Tumbuh di Usia Sekitar 6 bulan–1 tahun
Pertumbuhan gigi pertama pada tiap bayi sangat bervariasi. Beberapa bayi mungkin belum tumbuh gigi sampai ulang tahun pertama mereka! Sekitar usia 3 bulan, bayi akan mulai mengeksplorasi mulut mereka dan mulai memasukkan tangannya ke dalam mulut.
Produksi air liur di dalam mulut mereka juga akan meningkat. Banyak orangtua mengira ini adalah tanda tumbuh gigi, tetapi gigi pertama biasanya baru muncul sekitar usia 6 bulan. Biasanya, gigi pertama yang muncul hampir selalu adalah gigi depan bawah (gigi seri tengah bawah). Sebagian besar anak biasanya akan memiliki semua gigi bayinya pada usia 3 tahun.
• Kenali Tanda-Tanda Bayi Tumbuh Gigi
Banyak orangtua tidak tahu kapan bayi mereka tumbuh gigi. Bayi yang sedang tumbuh gigi mungkin menunjukkan tanda-tanda, seperti ketidaknyamanan di daerah gigi tumbuh, gusi di sekitar gigi yang tumbuh mungkin bengkak dan lunak, dan bayi bisa mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya.
Untuk meredakan ketidaknyamanan yang dirasakan bayi saat tumbuh gigi, orangtua dapat memijat gusi bayi dengan jari-jari yang bersih dengan lembut, atau dengan menggunakan kain lap bersih yang sudah dibasahi oleh air dingin. Ibu juga bisa memberikan biskuit teething, tetapi perhatikan saat ia memakannya. Sebab, biskuit teething mudah pecah dan dapat menyebabkan bayi tersedak.

Cara Merangsang Tumbuhnya Gigi Si Kecil

  1. Pemberian makan yang sehat
    Perhatikan aturan pemberian makanan pada bayi bila ingin merangsang giginya agar cepat tumbuh. Baik dari segi kandungan nutrisi maupun tahapan pemberianya (cair ke padat). Hal ini penting untuk dilakukan agar kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi. Nutrisi anak mempengaruhi tahap pertumbuhan dan perkembangan. Salah satunya tahap pertumbuhan gigi dari dalam.
  2. Berikan mainan gigit
    Jangan lupa untuk memberikan anak mainan gigit dengan bahan plastik yang aman untuknya. Bila tidak memiliki mainan gigit bunda bisa menggantinya dengan biskuit anak khusus yang agak keras untuk merangsang tumbuh kembang si Kecil.
  3. Menjaga kesehatan mulut anak
    Meskipun gigi anak belum tumbuh, tak ada salahnya bila bunda mulai menjaga kesehatan mulut anak sejak dini. Caranya dengan membersihkan mulut si kexil menggunakan kain basah halus atau kassa yang diusapkan ke sekitar gusi dan mulut si Kecil.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 7, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makan dalam proses tahapan persalinan, bolehkah?

  • Oleh : Reny Anggra
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saya mau tanya, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Reny Anggra
  • Vagina

  • Oleh : opit nobita
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, belakangan ini saya sering sekali mengalami seperti keputihan.. Dari vagina saya itu keluar cairan encer putih seperti susu.. Maaf dok saya penasaran kira* itu apa ya? Saya sudah menikah sekitar 9bulanan dan skrg sedang menjalani promil sendiri

    Terima kasih dok

    Melakukan hubungan suami istri di luar masa subur

  • Oleh : Vita Ratnasari
  • 3 tahun yang lalu

    Halo bu bidan, nama saya Alena. Katanya kalau berhubungan intim ketika kita sedang masa subur itu bisa lebih cepat untuk mendatangkan kehamilan. Karena saya sedang menunda kehamilan dan melakukan hubungan intim saat sedang tidak subur bisa terjadi kehamilan atau tidak ya ? Terima kasih sebelumnya.

    apakah berhububgan badan saat haid aman?

  • Oleh : Kelvin Wijayanti
  • 5 bulan yang lalu

    saya berhubungan badan saat hari ke-4 menstruasi dan tidak menggunakan kondom. apakah aman” saja? apa yg harus saya lakukan untuk mencegah penyakit? terimakasih

  • Oleh : Kelvin Wijayanti
  • Cara mengatasi bau pada kemaluan anak

  • Oleh : herry sinaga
  • 3 tahun yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara untuk mengatasi bau pada kelamin anak, anak saya perempuan umur 5 tahun mohon jawabannya

    Tanya Bidan