×

Kok Rambut Si Kecil Beruban Sih?

Bagikan Artikel :

Kok Rambut Si Kecil Beruban Sih?

Sudah menjadi hal biasa bagi seorang ibu menyisir rambut anaknya agar terlihat rapi. Apalagi jika anaknya perempuan, pasti ingin di ikat atau di kepang sedemikian rupa. Nah pernah gak sih bun ketika merapikan rambut anak tapi tiba-tiba melihat uban yang tumbuh di kepala si Kecil padahal usianya masih balita? Kaget dong ya. apakah ini wajar atan mendakan adanya bahaya? Apakah harus segera ditangani atau dibiarkan saja?

Uban Pada Si Kecil Tidak Berbahaya

Beberapa helai uban di kepala anak itu sebenarnya masih termasuk normal dan tidak berdampak negatif pada kesehatan. Yang pasti, uban terjadi karena melanosit tidak lagi memproduksi pigmen atau melatonin, sehingga rambut jadi lebih transparan atau berwarna abu-abu. Mau tahu apa saja penyebab rambut anak beruban dan cara mengatasi uban anak?

Penyebab Rambut Si Kecil Beruban

  1. Keturunan dan Genetik
    Jangan heran melihat rambut anak beruban kalau diantara Bunda dan Ayah ada yang sudah mulai beruban sejak usia muda, karena faktor keturunan adalah penyebab paling umum rambut anak beruban atau biasa disebut juga dengan kanitis prematur.
  2. Kekurangan Vitamin B12
    Kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan rambut anak beruban lho, Bun. Pasalnya, vitamin B12 berperan penting dalam metabolisme, produksi sel darah merah, serta pembelahan sel tubuh, yang penting untuk kesehatan dan kualitas rambut.
    Untuk mengatasi uban anak yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, tambahkan lebih banyak daging merah, daging unggas, telur, susu, olahan susu, atau produk makanan lain yang difortifikasi dengan vitamin B12.
  3. Stress genotoksik
    Dalam studi yang dipublikasi oleh jurnal Cell diketahui kalau bukan stres psikologis yang jadi penyebab rambut anak beruban, melainkan stress genotoksik akibat terpapar sinar ultraviolet dan radiasi yang tinggi.
    Nah, stress genotoksik membuat sel rambut bermutasi dan memicu rambut anak beruban sebelum waktunya.
  4. Kondisi Medis
    Ada pula kondisi medis yang mengganggu produksi melanin sehingga membuat rambut anak beruban secara prematur, seperti vitiligo, tuberous sclerosis, Hashimoto disease, leukimia, juga masalah pada kelenjar tiroid.
  5. Penggunaan Sampo dan Sabun Sintetis
    Penggunaan sampo dan sabun yang terbuat dari bahan kimia keras bisa membuat rambut menjadi sangat kering dan kehilangan pigmen melanin, sehingga rambut anak beruban.
    Untuk mengatasi uban anak, sebaiknya Si Kecil mandi dengan shampo dan sabun khusus anak atau terbuat dari bahan alami. Bunda juga bisa rutin memijat kulit kepala buah hati dengan minyak alami untuk mengatasi uban anak.
  6. Pola Makan Tidak Sehat
    Terlalu banyak asupan makanan tinggi karbohidrat dan gula seperti minuman bersoda, permen, dan makanan olahan dalam kemasan lain ternyata bisa menghambat kemampuan tubuh dalam memproduksi melanin lho, Bun.
    Untuk membantu mengatasi uban anak, pastikan Si Kecil mendapatkan cukup asupan vitamin dan nutrisi yang penting untuk mendukung kesehatan rambut dengan menjalankan pola makan sehat dan alami.

Perlukah Mencabut Uban Yang Tumbuh Di Kepala Si Kecil

Memang gereget yah Bun melihat rambut si Kecil yang berubang, pengenya tuh di cabut. Tapi sebenarnya uban yang ada di rambut anak tidak perlu dicabut kok, Bun. Pastikan Si Kecil tidak keramas dengan air panas, tidak terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa memakai topi, makan yang sehat dan mendapat cukup asupan iodin.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 16, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi sakit dan tidak teratur

  • Oleh : Siska Damayanti
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang mbak, saya siska mau tanya kalo saya seminggu sebelum datang haid kaki saya terasa pegel**, trus pas udah dtang haidnya perut ,pinggang sampai menjalar kekaki sakitnya? Dan pas dtang haid tanggalnya gak teratur, kalo seandainya bulan belkang tgl 16 ,blan ini dtangnya tgl 11 apakah itu wajar mbak ?

    Telat datang bulan

  • Oleh : richamayati
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

    Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

    Benjolan di belakang telinga

  • Oleh : Ridwan Ridwan
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Bidan di belakang telinga saya ada benjolan kurang lebih 2 cm itu nama benjolannya apa??dan ngak ada gejala juga mengenai benjolan ini..tapi teksturnya seperti kenyal??

  • Oleh : Ridwan Ridwan
  • Apa boleh makan bebek goreng

  • Oleh : Alvino Dinova
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Mau nanya apa boleh makan bebek goreng setelah sunat

    Tentang penyakit saya

  • Oleh : Missy Dwi
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Permisi dokter saya mau nanyak umur saya masih 19tahun tapi beberapa hari ini awalnya sya merasa skit kepala dibagian belakang kiri kanan stelah itu hilang habis itu dok saya sesak dijantung sama maag saya dok stelah tu kenak skit ke payudara beberapa hari itu kenapa iya dok

  • Oleh : Missy Dwi
  • Tanya Bidan