×

Kok Rambut Si Kecil Beruban Sih?

Bagikan Artikel :

Kok Rambut Si Kecil Beruban Sih?

Sudah menjadi hal biasa bagi seorang ibu menyisir rambut anaknya agar terlihat rapi. Apalagi jika anaknya perempuan, pasti ingin di ikat atau di kepang sedemikian rupa. Nah pernah gak sih bun ketika merapikan rambut anak tapi tiba-tiba melihat uban yang tumbuh di kepala si Kecil padahal usianya masih balita? Kaget dong ya. apakah ini wajar atan mendakan adanya bahaya? Apakah harus segera ditangani atau dibiarkan saja?

Uban Pada Si Kecil Tidak Berbahaya

Beberapa helai uban di kepala anak itu sebenarnya masih termasuk normal dan tidak berdampak negatif pada kesehatan. Yang pasti, uban terjadi karena melanosit tidak lagi memproduksi pigmen atau melatonin, sehingga rambut jadi lebih transparan atau berwarna abu-abu. Mau tahu apa saja penyebab rambut anak beruban dan cara mengatasi uban anak?

Penyebab Rambut Si Kecil Beruban

  1. Keturunan dan Genetik
    Jangan heran melihat rambut anak beruban kalau diantara Bunda dan Ayah ada yang sudah mulai beruban sejak usia muda, karena faktor keturunan adalah penyebab paling umum rambut anak beruban atau biasa disebut juga dengan kanitis prematur.
  2. Kekurangan Vitamin B12
    Kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan rambut anak beruban lho, Bun. Pasalnya, vitamin B12 berperan penting dalam metabolisme, produksi sel darah merah, serta pembelahan sel tubuh, yang penting untuk kesehatan dan kualitas rambut.
    Untuk mengatasi uban anak yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, tambahkan lebih banyak daging merah, daging unggas, telur, susu, olahan susu, atau produk makanan lain yang difortifikasi dengan vitamin B12.
  3. Stress genotoksik
    Dalam studi yang dipublikasi oleh jurnal Cell diketahui kalau bukan stres psikologis yang jadi penyebab rambut anak beruban, melainkan stress genotoksik akibat terpapar sinar ultraviolet dan radiasi yang tinggi.
    Nah, stress genotoksik membuat sel rambut bermutasi dan memicu rambut anak beruban sebelum waktunya.
  4. Kondisi Medis
    Ada pula kondisi medis yang mengganggu produksi melanin sehingga membuat rambut anak beruban secara prematur, seperti vitiligo, tuberous sclerosis, Hashimoto disease, leukimia, juga masalah pada kelenjar tiroid.
  5. Penggunaan Sampo dan Sabun Sintetis
    Penggunaan sampo dan sabun yang terbuat dari bahan kimia keras bisa membuat rambut menjadi sangat kering dan kehilangan pigmen melanin, sehingga rambut anak beruban.
    Untuk mengatasi uban anak, sebaiknya Si Kecil mandi dengan shampo dan sabun khusus anak atau terbuat dari bahan alami. Bunda juga bisa rutin memijat kulit kepala buah hati dengan minyak alami untuk mengatasi uban anak.
  6. Pola Makan Tidak Sehat
    Terlalu banyak asupan makanan tinggi karbohidrat dan gula seperti minuman bersoda, permen, dan makanan olahan dalam kemasan lain ternyata bisa menghambat kemampuan tubuh dalam memproduksi melanin lho, Bun.
    Untuk membantu mengatasi uban anak, pastikan Si Kecil mendapatkan cukup asupan vitamin dan nutrisi yang penting untuk mendukung kesehatan rambut dengan menjalankan pola makan sehat dan alami.

Perlukah Mencabut Uban Yang Tumbuh Di Kepala Si Kecil

Memang gereget yah Bun melihat rambut si Kecil yang berubang, pengenya tuh di cabut. Tapi sebenarnya uban yang ada di rambut anak tidak perlu dicabut kok, Bun. Pastikan Si Kecil tidak keramas dengan air panas, tidak terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa memakai topi, makan yang sehat dan mendapat cukup asupan iodin.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 16, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    baik gak sih

  • Oleh : Ayu Priyani
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    mau tanya saya sedang masuk angin boleh gak minum obat antangin , atau larutan

  • Oleh : Ayu Priyani
  • Apakah KB aman untuk wanita yang baru menikah?

  • Oleh : Alfiyah
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya. Apakah penggunaan Kb itu aman untuk wanita yang baru menikah? Soalnya saya sering mendengar jika wanita yang baru menikah sebaiknya tidak menggunakamn KB karena dapat membuat rahim kering dan sulit hamil nantinya. Apakah itu benar mohon penjelasannya

    Masalah Pada Vagina

  • Oleh : Jenni
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

    Pria

  • Oleh : Riski Nur
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Bidan saya mau tanya penis saya kan bengkok apa ini normal dan pengaruhnya apa soalnya saya khawatir

    Menstruasj

  • Oleh : Tari apri
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Saya umur 20 tahun dok . tapi menstruasi udah lebih dari 6bulan … Itu penyakit atau masa puber ya dok mohon penjelasannya

  • Oleh : Tari apri
  • Tanya Bidan