×

Lakukan Ini Jika Si Kecil Selalu Menolak Ketika Bunda Meminta Tolong

Bagikan Artikel :

Lakukan Ini Jika Si Kecil Selalu Menolak Ketika Bunda Meminta Tolong

Adakah orangtua yang geram kepada si Kecil, karena tiap dimintai tolong selalu menolak? Bahkan selalu bertanya-tanya ketika di suruh? Eits jangan langsung dimarahin yah Bun!

Related Posts :

    Sebetulnya penolakan ini dimulai saat anak berusia 2,5 tahun. Ini adalah salah satu cara mereka untuk menunjukkan self-autonomy, di mana anak ingin bebas mengintergrasikan tindakan yang dijalankan tanpa terikat atau mendapat kontrol dari orang lain termasuk dari orang tua.

    Pada tahap ini sebenarnya anak sedang belajar untuk membuat keputusan sendiri, jadi Bunda perlu mendukung proses belajarnya dan jangan terburu kebawa emosi ya jika menghadapi anak seperti ini.

    Lakukan Ini Jika Si Kecil Menolak

    1. Berikan peringatan waktu
      Untuk contoh kasus Si Kecil yang menolak untuk mandi, Bunda bisa memperingatkannya 15 menit sebelum waktunya mandi, agar ia sudah mempersiapkan diri bahwa sebentar lagi ia harus berhenti bermain karena sudah waktunya untuk mandi.
      Begitu juga ketika ingin menyudahi anak untuk mandi, berikan peringatan sebelumnya kepada anak.
    2. Abaikan perilakunya dengan menggunakan psikologi terbalik
      Misalnya, “Jadi kamu tidak mau mandi, ya tidak apa2, nanti badannya jadi bau lho terus banyak kumannya”.
      Dengan menggunakan psikologi terbalik anak akan berpikir bahwa Bunda mengabaikan atau tidak peduli terhadap reaksi penolakannya, dan justru akan membuat anak berpikir untuk berbuat sebaliknya agar mendapatkan respon dari Bunda.
    3. Tegas dalam bersikap
      Dalam mendisiplinkan anak sebaiknya lakukan dengan tegas bukan dengan mengomelinya, karena anak justru akan mengabaikan atau semakin sulit untuk didisiplinkan. Berikan alasan yang jelas dan masuk akal ketika Bunda mengajari anak tentang sesuatu hal.

    Jika Ketika Disuruh Si Kecil Hanya Bertanya-tanya

    Jika anak mempertanyakan perintah yang diberikan atau malah bisa menolak dengan baik, ini tanda anak punya kemampuan untuk bersikap asertif. Hanya saja lingkungan mungkin belum terbiasa dengan sikap ini, terutama kearena anak diharapkan selalu menurut pada orang dewasa.

    Kemampuan bersikap dan komunikasi asertif ini bukan hal yang mudah untuk ditumbuhkan karena butuh konsistensi dan contoh yang tepat dari orang tua.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 13, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Onani

  • Oleh : Herry Firdaus
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Sy sudah punya istri tapi masih suka onani itu knp ?

    Pijat Bayi

  • Oleh : alberta6265
  • 5 tahun, 6 bulan yang lalu

    Siang bu bidan. Saya mau tanya, bayi saya usia 6 bulan apa sudah boleh dipijat ? Bagaimana langkah-langkah memijat bayi yang benar ?

    Keputihan

  • Oleh : Adelia Safa
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Mau tanya nih, bagaimana ya cara alami mengobati keputihan yang terus menerus, padahal saya juga sudah mengganti celana dalam setiap hari, membasuh miss v setelah BAK, dan pokoknya mengikuti langkah seperti di internet. Soalnya kadang kadang keputihannya juga menimbulkan bau. Minta bantuannya ya. Terima kasih.

    cara menjaga kehamilan

  • Oleh : nana sutyana
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    bu bidan, bagaimana cara menjaga kehamilan supaya baik dan tetap sehat hingga tiba waktu kelahiran?

    Keluhan

  • Oleh : Rosalinda Erina
  • 2 tahun yang lalu

    Saya abis hs untuk yg pertama kli sm suami sy, stlh 2 jam kok sy mlh keluar darah ya.. sy ini knp?

  • Oleh : Rosalinda Erina
  • Tanya Bidan