×

Lakukan Ini Jika Si Kecil Selalu Menolak Ketika Bunda Meminta Tolong

Bagikan Artikel :

Lakukan Ini Jika Si Kecil Selalu Menolak Ketika Bunda Meminta Tolong

Adakah orangtua yang geram kepada si Kecil, karena tiap dimintai tolong selalu menolak? Bahkan selalu bertanya-tanya ketika di suruh? Eits jangan langsung dimarahin yah Bun!

Sebetulnya penolakan ini dimulai saat anak berusia 2,5 tahun. Ini adalah salah satu cara mereka untuk menunjukkan self-autonomy, di mana anak ingin bebas mengintergrasikan tindakan yang dijalankan tanpa terikat atau mendapat kontrol dari orang lain termasuk dari orang tua.

Related Posts :

    Pada tahap ini sebenarnya anak sedang belajar untuk membuat keputusan sendiri, jadi Bunda perlu mendukung proses belajarnya dan jangan terburu kebawa emosi ya jika menghadapi anak seperti ini.

    Lakukan Ini Jika Si Kecil Menolak

    1. Berikan peringatan waktu
      Untuk contoh kasus Si Kecil yang menolak untuk mandi, Bunda bisa memperingatkannya 15 menit sebelum waktunya mandi, agar ia sudah mempersiapkan diri bahwa sebentar lagi ia harus berhenti bermain karena sudah waktunya untuk mandi.
      Begitu juga ketika ingin menyudahi anak untuk mandi, berikan peringatan sebelumnya kepada anak.
    2. Abaikan perilakunya dengan menggunakan psikologi terbalik
      Misalnya, “Jadi kamu tidak mau mandi, ya tidak apa2, nanti badannya jadi bau lho terus banyak kumannya”.
      Dengan menggunakan psikologi terbalik anak akan berpikir bahwa Bunda mengabaikan atau tidak peduli terhadap reaksi penolakannya, dan justru akan membuat anak berpikir untuk berbuat sebaliknya agar mendapatkan respon dari Bunda.
    3. Tegas dalam bersikap
      Dalam mendisiplinkan anak sebaiknya lakukan dengan tegas bukan dengan mengomelinya, karena anak justru akan mengabaikan atau semakin sulit untuk didisiplinkan. Berikan alasan yang jelas dan masuk akal ketika Bunda mengajari anak tentang sesuatu hal.

    Jika Ketika Disuruh Si Kecil Hanya Bertanya-tanya

    Jika anak mempertanyakan perintah yang diberikan atau malah bisa menolak dengan baik, ini tanda anak punya kemampuan untuk bersikap asertif. Hanya saja lingkungan mungkin belum terbiasa dengan sikap ini, terutama kearena anak diharapkan selalu menurut pada orang dewasa.

    Kemampuan bersikap dan komunikasi asertif ini bukan hal yang mudah untuk ditumbuhkan karena butuh konsistensi dan contoh yang tepat dari orang tua.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 13, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 7 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

    Sakit dan perih

  • Oleh : Dika andriani
  • 6 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga sering kali merasakan ada yang aneh dengan diri saya karena saya merasakan lapar tapi kok tidak nafsu makan. Ini kira kira kenapa ya dok? Saya sudah coba mengkonumsi obat maag tapi masih tetap saja rasa sakit itu muncul

    Anak Batuk

  • Oleh : Lutfi Maharani
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan sering kali terlihat seperti yang susah sekali untuk bernafas. Yang saya mau tanyakan, kira kira ini jenis masalah kesehatan apa? Dan bagian mana solusi yang tepat untuk mengatasinya?

    penghitungan kehamilan

  • Oleh : Ratna Paramitha
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    saya biasa mens sekitar tanggal 03-09 setiap awal bulan… tapi saat bulan ke 7 saya tdk mens dan bulan ke 8 saya ke bidan di tespack hasilnya 2 garis, perut saya makin membesar tapi saya terus rasakan setiap berhubungan selalu kram perut, dan saya merasa blm ada pergerakan apa yg harus saya lakukan dok… disini sangat susah usg,, kalau mau usg harus ke rs besar…

    Haid Lama, Tapi Hanya Flek

  • Oleh : Yayu Yu
  • 4 tahun yang lalu

    Bu Bidan, izin bertanya. Usia saya 19 tahun, sudah sekitar satu tahun lebiy saya haid selalu 15 hari, tapi hanya keluar flek saja, tidak pernah keluar darah. Waktu saya usia 17 tahun kemaluan saya mengeluarkan darah segar setiap saat sampai beberapa hari, tapi setelah pergi ke dokter pendarahannya berhenti. Bagiamana ya bu bidan? Saya sudah pergi ke dokter hingga ke bidan untuk mengonsultasikan hal ini, tapi ujung-ujungnya hanya diberi obat saja, dan tidak kunjung sembuh. Apa sangat di perlukan untuk pergi ke spesialis bu bidan, mohon jawabannya bu bidan. Terima kasih banyak.

    Tanya Bidan