×

Menggendong Si Kecil Ada Aturannya Lho, Yuk Gunakan Prinsip TICKS!

Bagikan Artikel :

Menggendong Si Kecil Ada Aturannya Lho, Yuk Gunakan Prinsip TICKS!

Menggendong Si Kecil jangan asal gendon, ada beberapa tips lho agar Si Kecil aman dan nyaman. Faktor keamanan tentunya penting karena menggendong jadi aktivitas yang sering kita lakukan bersama Si Kecil. Untuk mengetahui apakah cara menggendong yang kita lakukan sudah aman atau belum, kali ini Bidan Citra bakalan share menggendong dengan prinsip TICKS. Sudah tahu belum Bun ?

Related Posts :
    1. (T)ight
      Gunakan gendomgan yang ketat tapi tidak mencekik si kecil,. Sehingga, kita bisa menjadikan menggendong sebagai momen memeluk si kecil hingga terciptalah bounding.
    2. (I)n View at All Times
      Selalu cek keadaan si bayi ketika dalam gendongan. Dengan prinsip in view at all times, bayi akan selalu terlihat, bukan mendelep atau tenggelam dalam kain gendongan.
    3. (C)lose Enough to Kiss
      Jangan lupa, biar si bayi nggak merasa jauh dari bunda pastikan saat digendong bayi mudah untuk dicium, Bun.
    4. (K)eep Chin of The Chest
      Jangan sampai dagu bayi tertekuk ke arah dadanya ya, Bun. Apabila tertekuk bayi akan merasa tidak nyaman dan tentunya pasti akan rewel.
    5. (S)upported Back
      Gendongan yang dipakai harus bisa menyangga punggung bayi ya, Bun. Kain gendongan juga harus bisa menyangga sampai lutut supaya bayi nggak jatuh.

    Manfaat Menggendong Bayi Dengan Prinsip TICKS

    1. Bisa memberikan stimulus saat menggendong dan bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Psikolog Vierra Adella M.Psi, seperti dikutip dari Tabloid Nakita mengungkapkan, ada beberapa stimulus yang bisa diberikan kepada bayi dalam bentuk sentuhan, dekapan dan gendongan.
    2. Bisa melatih kekuatan tulangnya dengan mengganti posisi gendongan bayi, misalnya menggendong dengan posisi agak tegak atau berganti arah.
    3. Membantu kekuatan otot sehingga kelak akan memiliki perkembangan yang baik
    4. Memperkuat bounding antara ibu dan Si Kecil
    5. Sentuhan melalui gendongan atau dekapan ternyata baik untuk perkembangan otak bayi. Dr. Nathalie Maitre dari Nationwide Children’s Hospital di Columbus, Ohio mengungkapkan perkembangan bayi terutama di bulan-bulan pertama dibentuk oleh sentuhan dan suara.
    6. Alternative yang bagus untuk pemulihan bayi premature

    Agar Si Kecil Lebih Nyaman Di Gendong

    Gunakan benda yang menarik perhatiannya seperti mainan. Ketika bayi berusia 6 bulan, gendonglah dia dengan mainan di atas kepalanya agar ia berusaha untuk mencapainya.
    Lakukan berbagai permainan yang tak hanya melatih motorik kasarnya saja tetapi juga motorik halus.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 15, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah kehamilan saya normal?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu Bidan,

    Saya aneu, 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil usia kandungan 2 bulan, tapi tidak ada tanda-tanda seperti payudara sakit dan membengkak, mual-mual di pagi hari seperti contoh tanda kehamilan umumnya. Apakah kehamilan saya normal?

    menderita tifus saat hamil

  • Oleh : puji
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    selamat siang, saya mau bertanya bu, apa bahaya penyakit tifus saat hamil? terima kasih, saya sangat tunggu jawabannya

    Tentang gatal dan panas ditempt yg gatal saat sedang hamil

  • Oleh : Dwi saputro
  • 9 bulan yang lalu

    Selamat malam
    Istri saya mengalami gatal gatal dan bintik merah dan di sekitar gatal itu terasa panas apa itu bawaa n bayi??

    Berhubungan Seks

  • Oleh : Sherly davies
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    Keputihan

  • Oleh : indah nian lestari
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya , saya slalu keputihan setiap hari , sebenernya yang keluar dr vagina itu keputihannya warna putih pekat tp kelamaan dicelana dalam berubah jd warna kuning tp entah lah sebenernya warna apa saya juga bingung . Dan kemaren vagina sayaa terasa gatal sekali dan akhirnya saya berobat kepuskesmas terdekat dan saya dikasih obat metronidazol dan chlorphenamine maleate . Saya merasa sudah baikan setelah minum obat itu sekali dan karena merasa sudah sembuh saya tidak melanjutkan meminum obat tersebut . Dan hari ini gatal nya kambuh lagi . Sebenernya saya tuh sakit apa ya dok ? Apakah saya terkena kanker servik?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan