×

No Gedget! Ini Permainan Anak Yang Bermanfaat, Mudah, Murah Dan Menyenangkan

Bagikan Artikel :

No Gedget! Ini Permainan Anak Yang Bermanfaat, Mudah, Murah Dan Menyenangkan

Dari pada gadget lebih baik si Kecil bermainan permainan-permaianan yang bermanfaat yang bisa melatih otot dan kreatifitasnya. Seperti bermain bola, tebak suara, masak-masakan, puzzle dan yang lainnya. Berikut manfaat permainan untuk si Kecil.

Related Posts :
    1. Melatih motorik kasar dan halus anak sehingga otot-otot tubuhnya akan terbentuk secara baik, sehat, dan seimbang.
    2. Melatih sosio-emosional anak karena ia memiliki teman. Permainan juga dapat mendekatkan hubungan dengan orang tua dan merangsang si Kecil untuk berkomunikasi dua arah.
    3. Melatih kemampuan kognitif anak. Melalui permainan, si Kecil akan belajar, mengenal, berkomunikasi, dan mengalami objek baru.
    4. Melatih kepribadian. Dengan bermain, anak dapat berinteraksi dengan teman sebayanya. Interaksi dengan teman akan melatih si Kecil untuk bersikap jujur, sportif, dan ramah agar dapat diterima dan bekerja sama dengan mereka.
      Melatih kreativitas. Melalui permainan, si Kecil akan memiliki ruang untuk berimajinasi, mengeksplorasi, dan memanipulasi alat permainannya. Eksplorasi ini secara perlahan akan mengasah kemampuan dan kreativitas si Kecil.

    Jenis Permainan Yang Bermanfaat

    1. Bola
      Permainan bola ini sangat bagus untuk otot-otot kaki dan memenuhi kebutuhan gerak anak. Selain itu juga bola bisa melatih koordinasi mata dengan kaki/tangan. Memang bola ini biasa menjadi permainan laki-laki. Namun anak perempuan juga bisa bermain bola. Permainan anak pada dasarnya netral alias genderless. Nilai keluarga dankeyakinan yang kita peganglah yang membuat kita berfikir kalau anak laki-laki harus bermain ini itu dan perempuan mesti bermain ini itu.
    2. Tebak Suara
      Pada permainan ini alat yang dibutuhkan adalah kertas berisi daftar gambar dari sumber suara yang akan dicari oleh si Kecil. Bunda dapat membuatnya berdasarkan tema tertentu, misalnya kendaraan atau hewan.
    3. Bersepeda
      Permainan ini bisa sambil olahraga bersama keluarga. Selain olahraga yang menyenangkan bagi keluarga, bersepeda ini adalah permainan anak yang bermanfaat untuk membangun masa otot dan melatih keseimbangna anak.
    4. Es Pelangi
      Pada permainan ini alat yang dibutuhkan adalah cetakan es batu, air dan beberapa pewarna makanan cair. Cara bermainnya yaitu ajak si Kecil menuang air di cetakan es batu hingga setengah penuh di setiap kotaknya. Setelah semua kotak terisi, minta si Kecil untuk meneteskan aneka pewarna makanan di setiap kotak. Aduk setiap kotak dengan telunjuk hingga warnanya menjadi rata. Simpan cetakan di freezer selama 1-2 jam. Setelah itu keluarkan cetakan es batu dari freezer dan biarkan si Kecil bermain dengan es warna-warni hasil karyanya.
    5. Pretend play
      Permainan ini mampu mengasah berpikir dan berimajinasi, menambah kosakata anak dan belajar bersosialisasi juga berempati.
    6. Gelembung Ular
      Alat yang dibutuhkan adalah botol plastik kecil bekas, handuk kecil atau kaus kaki, 1 karet gelang, beberapa pewarna makanan, sabun cuci piring cair, air, gunting, wadah kecil. Cara bermain yaitu gunting bagian bawah botol hingga bolong. Tutupi alas botol yang bolong dengan handuk atau kaus kaki. Lilitkan dengan karet gelang agar handuk tidak copot. Teteskan pewarna makanan beraneka warna secara melingkar pada handuk yang kini telah menjadi alas botol. Lalu tuang sedikit air dan sabun cuci piring di wadah, aduk. Kemudian celupkan bagian alas botol yang sudah ditutupi handuk ke dalam wadah, lalu angkat. Nah yang terakhir lepaskan tutup botol, lalu tiup kencang, dan keluar lah gelembung ularnya.
    7. Goresan Rahasia
      Permainan ini tidak membutuhkan alat khusus. Cara bermainnya yaitu dengan meminta si Kecil duduk memunggungi bunda. Lalu, buat goresan di punggungnya menggunakan tangan atau alat tertentu, seperti alat pemijat atau spidol (tidak dibuka). Bunda bisa menggoreskan angka, huruf, atau bentuk. Minta si Kecil untuk menebak goresan apa yang Bunda buat. Selain di punggungnya anak, bunda juga bisa memainkan permainan ini di lengan, telapak tangan, telapak kaki, atau paha anak.
    8. Lego
      Bermian lego dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak lho. Seperti dapat mengenal warna, ukuran, bentuk dan hitungan. Ajak anak untuk membuat sesuatu dari lego, untuk meningkatkan kemampuan otaknya.
    9. Puzzle
      Ajak anak untuk bermain puzzle, agar mereka mampu melatih memori, melatih kooridnasi mata dan tangan, kreativitas dan imajinasi. Hingga melatih keterampilan sosialnya dan mampu memecahkan masalah.
    10. Bermain Pura-pura
      Permainan ini tidak membutuhkan alat khusus dan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Saat di rumah, Bunda bisa mengajak si Kecil untuk berpura-pura menjadi penyanyi, dokter, guru, dan sebagainya. Botol losion atau remote televisi dapat dijadikan mikrofon, dan ia dapat berdiri di atas bangku yang ceritanya adalah panggung.
      Bunda bisa juga melakukan permainan ini saat sedang berbelanja di supermarket. Sambil memilih-milih belanjaan, si Kecil dapat berpura-pura menjadi penjual yang menawarkan barang jualannya kepada bunda. Selain mengasah kreativitas karena ia belajar bermain dengan memanfaatkan benda yang ada di sekelilingnya, permainan ini juga dapat membangun kekompakan antara Mam dan anak.
      Selain kelima permainan di atas, masih ada banyak ide lain tentang permainan untuk membangkitkan sensorik anak, mengasah akal pintarnya, serta membuatnya aktif bergerak. Tak hanya bermanfaat mendukung kepintaran si Kecil, berbagai permainan untuk anak tersebut juga baik untuk meningkatkan kedekatan Mam dengannya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 16, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Datang hadi sedikit

  • Oleh : Haslina Munip
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Doc. Klu kayak aku. Sbelum2 nya aku selalu lewat haid . Setelah itu kembali normal lagi . Sekarang tiba2 lewat haid dua bulan trus dtg hai tp kluar cuma p sedikit . Flak nya cuman dua hari . Kenapa ya doc?

  • Oleh : Haslina Munip
  • Benjolan belakang telinga

  • Oleh : Amirul Huda
  • 3 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamu’alaikum dok saya mengalami benjolan di belakang telinga dok yang besar terkadang mengecil dan terkadang membesar dan terasa sakit cara menyembuhkannya bagai mana dok? Saat benjolan mengecil menjadi keras dok

  • Oleh : Amirul Huda
  • Pusar

  • Oleh : Qurata Aini
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dan sekarang pusar saya juga terasa sakit beserta bau tak sedap …. Padahal dalam seharri saya 2 kali mandi dan rajin mmbersihkannya…bagaimna solusinya

    Telat haid

  • Oleh : Sri Handayani
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Slamat siang,
    Saya Sri dari bekasi, mau bertanya saya sudah telat haid 12 hari dan sebelumnya menstruasi selalu tepat waktu, baru ini saja telatnya dan paling lama, apakah ini menjadi salah satu tanda kehamilan? tapi saya tidak merasakan ada tanda-tanda kehamilan yg lainnya?

    Cara menyembuhkan penyakin sifilis

  • Oleh : Ririiiiii Riri
  • 3 bulan yang lalu

    Dok saya berusia 14 tahun, tapi saya sudah terkena penyakit sifilis dok, saya belum pernah melakukan sex sama siapapun dok gimna cara menyembuh kan nya

  • Oleh : Ririiiiii Riri
  • Tanya Bidan