×

“Nyeker” Penting Untuk Perkembangan Anak

Bagikan Artikel :

"Nyeker" Penting Untuk Perkembangan Anak

Siapa di sini yang waktu kecil suka main di luar rumah tanpa memakai sandal hayo? Eitss tau gak sih ternyata nyeker memiliki banyak manfaatnya lho utnuk perkembangan anak-anak

Related Posts :

    Memang memakai alas kaki penting bagi si Kecil untuk mencegah cedera pada kaki. Misalnya terinjak benda tajam, luka bakar akibat lantai/jalan yang panas, atau transmisi jenis parasit tertentu seperti cacing tambang. Tapi ada kalanya sesekai Bunda biarkan si kecil berjalan tanpa alas kaki diluar rumah untuk menstimulasi perkembangannya. Jangan lupa pastikan tempatnya aman dari benda tajam dan serangga ya Bun.

    Manfaat Nyeker untuk Anak

    1. Mengoptimalkan Perkembangan Kaki
      Telanjang kaki ternyata dapat mengoptimalkan perkembangan kaki. Pada usia balita, proses pertumbuhan dan perkembangan terjadi secara pesat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sepatu yang terlalu sempit atau sol sepatu yang tidak fleksibel akan menyebabkan perkembangan kaki balita tidak optimal.
    2. Memberikan Stimulasi Taktil pada Telapak Kaki
      Terdapat banyak sekali serabut saraf di permukaan telapak kaki dan ujung-ujung jari kaki. Serabut saraf itu terutama untuk menerima stimulasi rangsangan taktil. Rangsangan taktil ini penting agar balita memiliki memori sensoris untuk mengenali berbagai jenis permukaan, seperti licin, kesat, kasar, berpasir, berkerikil, basah, dan kering.
    3. Merangsang Perkembangan Saraf Kaki
      Sejalan dengan ulasan sebelumnya, serabut saraf kaki tidak hanya memiliki reseptor terhadap rangsangan taktil, tapi juga dapat mengenali suhu dan nyeri. Perangsangan serabut saraf tersebut akan lebih optimal jika anak sering bermain tanpa alas kaki.
    4. Melatih Keseimbangan
      Selanjutnya, ternyata sering nyeker juga dapat melatih keseimbangan balita saat berjalan. Keseimbangan dalam tubuh ditentukan oleh berbagai organ, yaitu otak kecil, vestibular (organ di dalam telinga), dan mata. Nah, salah satu input untuk koordinasi keseimbangan tersebut adalah rangsangan taktil yang didapat dari kaki. Jadi, anak yang sering mendapatkan rangsangan taktil akan memiliki keseimbangan yang lebih baik.
    5. Mengoptimalkan Perkembangan Motorik
      Sejalan dengan kemampuan keseimbangan yang baik, perkembangan motorik—terutama motorik kasar—juga sangat dipengaruhi oleh keseimbangan. Anak yang memiliki keseimbangan yang baik juga akan memiliki kemampuan motorik kasar yang lebih baik.
      Begitu pula sebaliknya, anak dengan gangguan keseimbangan akan lebih sulit mencapai perkembangan motorik kasar yang baik.
    6. Merangsang Kelincahan
      Anak yang punya kemampuan motorik yang baik tentu akan lebih aktif bergerak dibandingkan anak dengan kemampuan motorik yang tak optimal atau keterlambatan perkembangan motorik. Selain itu, kondisi tanpa alas kaki juga akan membuat anak merasa lebih bebas berjalan dan berlari dibandingkan dengan menggunakan alas kaki yang kurang stabil, seperti sandal.
    7. Melatih Kewaspadaan
      Telanjang kaki juga dapat melatih kewaspadaan pada anak. Sebaiknya, orang tua mengajarkan kepada anak hal-hal apa yang perlu dihindari ketika berjalan tanpa alas kaki. Misalnya, genangan air, lantai basah, kotoran, duri, batu, dan tantangan lainnya. Hal ini tentunya akan melatih kewaspadaan si Kecil terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya.
    8. Melatih Anak untuk Menjaga Kebersihan
      Anak yang berjalan keluar tanpa alas kaki juga perlu diajarkan tentang kebiasaan untuk mencuci kaki sebelum masuk ke rumah atau naik ke tempat tidur. Ini akan melatih anak untuk menjaga kebersihan sehingga mereka akan lebih peduli pada kebersihan diri dan lingkungan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 31, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi sakit dan tidak teratur

  • Oleh : Siska Damayanti
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang mbak, saya siska mau tanya kalo saya seminggu sebelum datang haid kaki saya terasa pegel**, trus pas udah dtang haidnya perut ,pinggang sampai menjalar kekaki sakitnya? Dan pas dtang haid tanggalnya gak teratur, kalo seandainya bulan belkang tgl 16 ,blan ini dtangnya tgl 11 apakah itu wajar mbak ?

    Cepat hamil selepas kb

  • Oleh : Indri Ekawaty
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Salamualikum
    Dok saya lepas kb bulan 2 sekarang bulan 9 mengapa saya tak kunjung hamil

    Lendir bayi

  • Oleh : Neng Atna Julianti
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Anak saya umur 4 bulan. Kenapa lendir dari lahir belum hilang sampai sekarang? Kira2 apa penyebabnya? Dan apa benar berlendir tidak akan naik berat badan bayi? Sekarang ini di tambah dengan batuk. Mohon solusi

    Menstruasi Setelah Melakukan Hubungan Suami Istri

  • Oleh : ALif AL Maun Yoyox
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

  • Oleh : ALif AL Maun Yoyox
  • Benjolan pada rambut area miss v

  • Oleh : Wifi Healthy
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, usia saya 25tahun dan di daerah rambut miss v saya ada benjolan kecil sekali tp tidak terasa sakit atau gatal atau nyeri sama sekali. Bahkan alhamdulillah tidak mengganggu aktivitas saya. Apa itu berbahaya bu bidan? Saya lihat di video youtube ibu katanya tidak berbahaya apa benar?

  • Oleh : Wifi Healthy
  • Tanya Bidan