×

Perabot Makan Bayi Harus Bebas BPA

Bagikan Artikel :

Perabot Makan Bayi Harus Bebas BPA

Tidak hanya mainan anak saja yang kebanyakan berbahan plastic, tetapi alat makan anak pun banyaknya berbahan plastic. Kelebihan dari bahan plastik adalan ringan dan tidak mudah pecah. Ketika dimainkan anak dan terjatuh biasanya tidak akan pecah. Praktis dan awet yah Bun.

Related Posts :

    Tetapi di luar keawetan dan kepraktisan, Bunda harus memperhatikan bahan perabotan dari plastik. Karena tidak semua bahan plastik aman digunakan. Ada juga perabot plastik yang tidak baik bagi kesehatan, yaitu perabot plastik yang mengandung BPA (bisphenol-A).

    Bahanya BPA

    BPA mengandung racun dan bisa meningkatkan risiko obesitas, gangguan tiroid, gangguan otak, kanker, penyakit jantung, dan juga penurunan kekebalan tubuh. Alasan inilah yang melatarbelakangi negara-negara Eropa dan Amerika melarang peredaran botol susu dan peralatan makan anak yang diduga mengandug BPA.

    Identifikasi Produk Bebas BPA

    Salah satu cara mudah mengidentifikasi kandungan BPA adalah dengan memerhatikan kode resin nomor dalam segitiga tanda panah di bawah barang plastik. Hindari membeli barang dengan kode resin 7, karena kemungkinan barang tersebut mengandung BPA. Hindari juga perabot dengan kode “PC” di bawah produk yang berarti polikarbonat yang dibuat dari BPA.

    Anda bisa membeli barang dengan kode BPA Free. Anda juga harus mengenali kode perabot yang aman digunakan yaitu bahan yang terbuat dari polipropile (kode resin 1,2, dan 5), poliamida (PA), polietesulfon (PES). Bahan-bahan plastik dengan kode tersebut amat untuk digunakan.

    Cara Merawat Perabotan Makan Bayi Berbahan Plastik

    • Segera ganti perabotan makan bayi termasuk botol susu yang tampak tergores ataupun berubah warna, karena kemungkinan dapat melepaskan zat kimia ke dalam botol susu.
    • Untuk menghangatkan botol bayi/tempat makan, disarankan untuk ditempatkan dalam baskom berisi air hangat. Tidak disarankan untuk memanaskan dengan microwawe sebab dapat menyebabkan pelepasan zat kimia yang ada pada botol.
    • Perhatikan pula sabun pencuci peralatan makan bayi. Dianjurkan memilih sabun pencuci yang berbahan lembut dan aman, serta hindari deterjen yang bersifat iritatif.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 2, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    bagaimana cara merawat kulit bayi baru lahir

  • Oleh : Alfiyah
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau nanya bagaimana cara merawat kulit bayi yang baru lahir. Bulan lalu saya melahirkan dan masih bingung untuk perawatan kulit anak saya. Saya takut salah pakai produk untuk bayi karena kulit bayi baru lahir katanya sangat sensitif mohon di jawab ya bu bidan terima kasih sebelumnya

    Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim

  • Oleh : romad25102493501
  • 3 tahun yang lalu

    Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim, istri saya masih was was Ada yg bilang boleh Ada yg bilang jangan dulu

    Benjolan di vagina

  • Oleh : Ahmad Hilmi
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Istri saya pernah oprasi karena si sekitar vagina ada benjolan.tapi gk lama kemudian benjolan tersebut ada lagi,jika datang bulan terasa nyeri,mohon solusinya …

  • Oleh : Ahmad Hilmi
  • evidence base

  • Oleh : katjawilfred9
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Apa evidence base dari persiapan persalinan??

    posisi tidur hamil menginjak 8 bulan

  • Oleh : uye (wanita)
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

    Tanya Bidan