×

Perabot Makan Bayi Harus Bebas BPA

Bagikan Artikel :

Perabot Makan Bayi Harus Bebas BPA

Tidak hanya mainan anak saja yang kebanyakan berbahan plastic, tetapi alat makan anak pun banyaknya berbahan plastic. Kelebihan dari bahan plastik adalan ringan dan tidak mudah pecah. Ketika dimainkan anak dan terjatuh biasanya tidak akan pecah. Praktis dan awet yah Bun.

Tetapi di luar keawetan dan kepraktisan, Bunda harus memperhatikan bahan perabotan dari plastik. Karena tidak semua bahan plastik aman digunakan. Ada juga perabot plastik yang tidak baik bagi kesehatan, yaitu perabot plastik yang mengandung BPA (bisphenol-A).

Bahanya BPA

BPA mengandung racun dan bisa meningkatkan risiko obesitas, gangguan tiroid, gangguan otak, kanker, penyakit jantung, dan juga penurunan kekebalan tubuh. Alasan inilah yang melatarbelakangi negara-negara Eropa dan Amerika melarang peredaran botol susu dan peralatan makan anak yang diduga mengandug BPA.

Identifikasi Produk Bebas BPA

Salah satu cara mudah mengidentifikasi kandungan BPA adalah dengan memerhatikan kode resin nomor dalam segitiga tanda panah di bawah barang plastik. Hindari membeli barang dengan kode resin 7, karena kemungkinan barang tersebut mengandung BPA. Hindari juga perabot dengan kode “PC” di bawah produk yang berarti polikarbonat yang dibuat dari BPA.

Related Posts :

    Anda bisa membeli barang dengan kode BPA Free. Anda juga harus mengenali kode perabot yang aman digunakan yaitu bahan yang terbuat dari polipropile (kode resin 1,2, dan 5), poliamida (PA), polietesulfon (PES). Bahan-bahan plastik dengan kode tersebut amat untuk digunakan.

    Cara Merawat Perabotan Makan Bayi Berbahan Plastik

    • Segera ganti perabotan makan bayi termasuk botol susu yang tampak tergores ataupun berubah warna, karena kemungkinan dapat melepaskan zat kimia ke dalam botol susu.
    • Untuk menghangatkan botol bayi/tempat makan, disarankan untuk ditempatkan dalam baskom berisi air hangat. Tidak disarankan untuk memanaskan dengan microwawe sebab dapat menyebabkan pelepasan zat kimia yang ada pada botol.
    • Perhatikan pula sabun pencuci peralatan makan bayi. Dianjurkan memilih sabun pencuci yang berbahan lembut dan aman, serta hindari deterjen yang bersifat iritatif.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 2, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana cara membangun karakter anak lebih mandiri

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 7 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan, begini saya ingin menanyakan tentang bagaimana cara membangun kepribadian anak, supaya dia bisa menjadi lebih mandiri gitu bu, biar ga manja, apa-apa harus selalu sama orang tuanya, itu kan kalau terlalu seperti itu ga baik kan ya bu? itu saja, terima kasih saya tunggu jawabannya.

    Merasa tidak nyaman di MissV

  • Oleh : azizah Rahmani putri
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assallamualaikum bu bidan,
    Saya umur 19 tahun dan belum sama sekali melakukan hubungan seksual. sudah 2 minggu an saya merasakan tidak nyaman di lubang vagina saya, seperti ada yang mengganjal atau merasa ada gelembung di dalam lubang vagina,kadang kalo di buat duduk itu terjadi Queefing (tidak berbau). Setelah Queefing tetap saja terasa gelembung di lubang vagina dan sangat tidak nyaman. Kejadian itu terjadi setiap malam,di jam tidur. apakah itu termasuk ke dalam penyakit yg berhubungan dengan kandungan atau semacam nya? Tindakan apa yang harus saya lakukan?

    Cara mengatasi gigi anak berantakan

  • Oleh : Reny Anggra
  • 7 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi, bu bidan saya mau curhat dong anak saya sekarang umur 5 tahun giginya cenderung hitam-hitam dan berantakan sekali. Anak saya juga susah bila di suruh sikat gigi bu bidan, saya takut nanti gigi anak saya makin berantakan saat tumbuh gigi baru. Gimana cara mengatasinya yah bu bidan ? Ditunggu balasan nya yah bu bidan

    Organ kewanitaan

  • Oleh : Asmi Ruswita
  • 4 tahun yang lalu

    Dok saya mau tanya, keluhan saya yaitu keputihan tapi bening dan sediki sedikit ingin pipis seperti anyang anyangan. Kalau buang air kecil sedikit panas jika setelah selesae buang air kecil. Apakah itu normal atau bagaimana dok solnya saya baru pertma kali mengalami seperti ini.
    Tlong jawabanya dok terimakasi

    Telat Haid Dan Hanya Bercak Merah Ketika Haid Datang

  • Oleh : Yuli Ani
  • 7 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan,

    Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

    Tanya Bidan