×

Peralatan Makan Bayi Wajib Disterilkan Lho Bun!

Bagikan Artikel :

Peralatan Makan Bayi Wajib Disterilkan Lho Bun!

Sebagian ibu hanya berfokus terhadap botol susu bayi yang harus disterilkan, padahal peralatan makan bayi juga harus disterilkan lho! Apa alasannya? Bunda tentu tidak mau si kecil sakit hanya karena peralatan makan yang tidak bersih, kan? Memangnya dicuci dengan sabun di air yang mengalir tidak bersih ya?

Mencuci peralatan makan bayi dengan air dan sabun saja tidak cukup bun, jika tidak disterilkan minimal di siram air panas segera setelah digunakan. Mensterilkan Peralatan makan dan minum bayi harus disterilkan hingga bayi berusia setidaknya 12 bulan. Untuk mensterilkan peralatan makan dan minum bayi, lakukan salah satu cara berikut ini:

  1. Merebus
    Rebus peralatan makan dan minum bayi dengan air mendidih selama setidaknya 5 menit. Pastikan bahwa tiap peralatan makan dan minum terendam seluruhnya dalam air panas. Jangan lupa pula untuk membersihkan tangan Bunda dengan saksama sebelum menyentuh peralatan makan dan minum yang telah disterilkan. Setelah itu, simpan peralatan makan dan minum yang telah steril dalam wadah bersih di dalam kulkas.
  2. Steam
    Saat ini banyak perlengkapan bayi yang dapat membantu mensterilkan peralatan makan dan minum bayi seperti electric steam sterilizer. Pastikan bahwa peralatan makan dan minum yang disterilkan sudah benar-benar bersih. Setelah itu, letakkan peralatan makan dan minum dengan posisi terbalik. Kemudian, ikuti saja instruksi pemakaian electric steam sterilizer milik Bunda. Setelah itu, cuci peralatan makan dan minum bayi dengan air panas dan sabun, dan sterilkan seperti biasa.
  3. Menghilangkan Bau
    Setelah digunakan beberapa lama, peralatan makan dan minum bayi cenderung memiliki bau yang menempel. Apalagi, peralatan makan dan minum dari plastik bisa menyerap bau dari makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya. Untuk menghilangkan bau ini, rendam peralatan makan dan minum bayi dalam air yang telah dicampur dengan baking soda selama semalaman. Selain peralatan makan bayi, Bunda juga harus memperhatikan kebersihan pompa ASI yang Bunda gunakan.

Kenapa Peralatan Makan Bayi Juga Harus Steril?

Alat makan dan minum bayi untuk MPASI harus di sterilisasi karena imunitas bayi belum sempurna dan mudah terjadi infeksi. Pada dasarnya danger zone kuman dapat berkembang biak adalah pada suhu 5-70 derajat celcius, sehingga sterilisator uap (yang tentunya di atas 100 derajat celcius) pun bisa untuk sterilisasi alat makan bayi. Umumnya alat makan dan minum (dot) bayi dapat tahan hingga 120 derajat Celcius (suhu maksimum ketahanan biasanya tertera pada alat makan tersebut). Tetapi perlu juga diperhatikan apabila terlalu panas, alat-alat makan bayi yang biasanya terbuat dari plastik dapat mengeluarkan zat-zat berbahaya. Pastikan alat-alat makan tersebut BPA free.

Apabila menggunakan sterilisator uap atau rebus, setelah steril bunda tetap perlu mengeringkannya atau unda simpan pada drying rack khusus agar tetap bersih, karena kuman dapat berkembang kembali jika alat-alat tersebut lembab. Jangan lupa cuci tangan sebelum mempersiapkan makanan bayi dan memegang alat-alat makan bayi.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 9, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Lepas kb uid

  • Oleh : Dewii Septianingrum
  • 3 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat malam dok saya dewi. Saya mau tanya dok. Kalo lepas kb uid langsung bisa hamil lagi ga yah dok. Dan kira” brapa hari hamil lagi nya yah dok. Misal nya sudah berhubungan satu kali apa bisa langsung hamil ya dok??
    Mohon dijawab yah dok. Saya ingin mempunyai anak lagi dok. Terimakasih yah dok🙏

  • Oleh : Dewii Septianingrum
  • Benjolan kecil dan lunak dipayudara

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 5 tahun, 5 bulan yang lalu

    Siang dokter, kakak saya kemarin bilang kalau di payudaranya ada seperti benjolan kecil dan lunak itu benjolan payudara yang menyebabkan kanker payudara bukan dok ? Bagaimana cara mengobatinya ?

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • Wasir (Ambeyen)

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan.. Maaf mengganggu waktunya. Bu, saya ingin bertanya.. Ini kehamilan pertama saya dan dari sebelum menikah saya sudah ada ambeyen eksternal yg nggak bisa masuk lagi. Posisi ambeyen ini dibagian atas dekat dengan perineum, tapi selama ini belum pernah sampai berdarah, hanya bengkak saja setelah bab tp akan kembali k ukuran semula dalam beberapa jam. Usia kehamilan saya sekarang 31minggu bu. Apa saya tetap bisa melahirkan secara normal yaa bu?
    Terima kasih sebelumnya bu

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • Telat haid

  • Oleh : Risma Imma
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Saya mau Tanya. Wkt bulan 10 Saya haid Dari TGL 29-2 November. Kemudian akhir November Saya seprtinya ada kluar darah tapi semacam flek. Mulai December sampai sekrang tidk prnh lagi tpi Saya tespack masih negatif. Apakah itu bulan ketika flek kluar sudah terhitung telat datang bulan? Dan apakah Saya ada kemungkinan hamil tpi tespack masih negatif

    Warna seperma kuning dan ejakulasi dini

  • Oleh : Saepudin
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Maaf dok mau tanya saya udah lama mengalami warna sperma kuning itu kurang lebih setengah taun awalnya sih gk curiga cuma kesini kesini jadi kepikiran karena keseringan mengalaminya … Untuk cara mengatasinya gimana mohon kasih saran dok mau itu dengan obat atau konsultasi dulu agar lebih terperinci agar tau awalnya datang dari mana ,, makasih dok di tunggu bls’an nya

  • Oleh : Saepudin
  • Tanya Bidan