×

Perbedaan Penyimpanan ASI Perah Metode LIFO Dan FIFO

Bagikan Artikel :

Perbedaan Penyimpanan ASI Perah Metode LIFO Dan FIFO

Menyimpan ASI perah ada aturannya lho Bun. Kita tidak bisa asal menyimpan di lemari pendingin semaunya. ASI perah yang tidak disimpan sesuai aturan bisa membahayakan kesehatan si Kecil.

Memang, bagi ibu berkarir Menyimpan ASIP merupakan hal yang wajib, mengingat dia tidak bisa setiap saat di rumah untuk mengASIhi si Kecil. Sehingga ASI diperah dan disimpan dengan tujuan untuk mencukupi kebutuhan ASI setiap harinya. Ketika Moms sudah mulai masuk kerja kembali pasca cuti, tentu ASIP di freezer ada yang terpakai selama ditinggal kerja. Lalu yang mana yang harus diminumkan terlebih dahulu?

Manajemen Penyimpanan ASIP

• FIFO (First In First Out)Metode ini menerapkan bahwa ASIP yang paling lama disimpan di dalam freezer harus segera diminumkan. Dalam sistem ini sama saja ketika kita sedang mengantre, di mana siapa yang datang lebih awal maka dia yang harus segera keluar.Contohnya Moms mulai pumping tanggal 1 Januari dan masuk kerja kembali tanggal 1 Maret. Maka ketika Moms kembali bekerja, si Kecil minum ASIP yang diperah tanggal 1 Januari dan seterusnya. Kelebihan metode ini adalah berkurangnya risiko ASIP yang kadaluwarsa (terlalu lama disimpan) karena siklus perputaran ASI terus berjalan. Namun, kekurangannya ASIP yang terlalu lama disimpan di dalam freezer kandungannya berkurang dan tidak sebaik ASIP fresh.
• LIFO (Last in First Out)Dalam metode LIFO, ASIP yang paling baru masuk ke freezer atau chiller akan menjadi yang pertama diminumkan kepada si Kecil. Berbeda dengan contoh sebelumnya, maka jika Moms mulai pumping tanggal 1 Januari dan masuk kerja tanggal 1 Maret, maka ASIP tanggal 28 Februari yang pertama diberikan. Kelebihan metode LIFO yaitu ASIP yang dikonsumsi si Kecil masih memiliki kandungan yang sempurna. Tapi kekurangannya, akan banyak ASIP hasil perahan lama akan terbuang karena kadaluwarsa.

Kedua metode tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Gunakan metode sesuai kebutuhan si Kecil dan kuantitas stok ASIP Moms. Akan tetapi, Moms juga bisa menggabungkan metode FIFO dan LIFO sekaligus (win-win). Namun, Moms jangan lupa untuk lebih detail mengatur ASIP yang masuk dan keluar.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 23, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berhubungan saat haid

  • Oleh : Aulia Aulia fahra
  • 7 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanya, Saya itu berhubungan suami istri saat saya haid hari ke 4, saya kira saat itu sudah tidak keluar lagi, tapi ternyata waktu saya berhubungan kok tiba2 saya haid lagi. Tapi masih sempat mengunakan kondom sih dok, kira2 apakah saya dan suami aman ? Ataukah saya bisa hamil ya dok, soalnya keesokan harinya darah haidku sudah hilang lalu suami tidak mengunakan kondom lagi dok. Mohon sawabannya

  • Oleh : Aulia Aulia fahra
  • Mens berkepanjangan

  • Oleh : Wiwin Anand
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Mf bu saya sudah menikah 4 thn tapi blum dpat keturunan.. saya klo mens berhentinya lama hampir sebulan kadang sebulan lebih.. mens kaya gini udah 7 tahunan

    Kehamilan

  • Oleh : Ria Agustin
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan… Bu saya mau curhat saya masih mempunyai anak yang masih kecil dan ini saya hamil lagi tapi saya sama suami sepakat untuk tidak meneruskan kehamilan saya soalnya banyak faktor termasuk keuangan… Apa yang harus saya lakukan ya bu? Saya sudah berusaha memakai semua alat kontrasepsi tetapi tidak ada yang cocok… Mungkin ada solusi untuk saya… Usia kehamilan saya kemungkinan 4 minggu… Baru saya cek setelah 1 minggu telat haid…
    Terima kasih

    Benjolan pada vagina

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • 1 tahun yang lalu

    Assalamualaikum perkenalkan saya zahra, saya ingin curhat divagina saya ada benjolan dan rasanya itu nyeri kalo di pegang , awalnya sih kecil tapi tmbah hari semakin agak membesar .. itu saya kenapa ya? Solusi untuk mengatasinya gimana ya ??

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • Perbedaan Miom dan Kista Pada Wanita

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya nih apakah miom dan kista termasuk penyakit kanker? dan apakah keduanya merupakan penyakit yang sama atau berbeda? jika berbeda, apa perbedaannya?
    Terimakasih bu bidan, mohon di jawab yah:)

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • Tanya Bidan