×

Permainan Cilukba Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Si Kecil

Bagikan Artikel :

Permainan Cilukba Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Si Kecil

Sepertinya permainan cilukba ini disenangi oleh semua bayi. Ya gak sih bun?. Dan ternyata permainan lintas generasi ini punya banyak manfaat uantuk si kecil lho. Cilukba bisa meningkatkan kemampuan motorik si kecil, kemampuan visualnya, dan pastinya mengasah karakter humoris si Kecil.

Related Posts :

    Cara Memainkan Permainan Cilukba

    Bunda pastinya sudah tau dong, nah bagi calon bunda atau calon ayah caranya sederhana hanya perlu menutup wajah si Kecil dengan tangan, sapu tangan, atau benda lainnya sambil berseru, “Ciluk” kemudian mengangkat penutup wajah atau muncul sambil berseru, “Ba!”. Mudah bukan ?

    Sejak Kapan Si kecil Bisa Diajak Bermain Cilukba?

    Kita sudah bisa mulai mengajak si kecil main cilukba dari usia newborn sampai toddler. Semakin sering kita bermain cilukba, semakin baik juga perkembangan otak si kecil. Ngomong-ngmong siapa sih pencetus yang memulai permainan ini? Hehe

    Beberapa Manfaat Bermain Cilukba

    1. Mengajarkan anak kemampuan sosila karena ia harus melakukan kontak mata
    2. Mengembangkan kemampuan berbahasa. Anda bisa menambahkan kalimat seperti “Ibu dimana ya? cilukba!”
    3. Kakak juga bisa dekat dengan adiknya karena ia bisa dengan mudah melakukan ciluk ba
    4. Belajar ojek permanen. Si kecil akan paham, meski ia tidak melihat ibu, tapi ibu tidak hilang dan akan muncul lagi.
    5. Cilukba ternyata juga bisa melatih daya fokus sang buah hati lho Bunda. Hal ini bisa dilihat saat Bunda memberi jeda ketika mengatakan ‘ciluk’ dan juga ‘ba’. Jeda itu adalah waktu di mana bayi akan mencoba memfokuskan perhatian agar tidak terlalu terkejut nantinya. Bila si kecil sudah mulai bisa memfokuskan diri untuk sesuatu hal tentu itu jadi modal terbaik untuk proses belajarnya.
    6. Mempererat ikatan dengan si kecil
    7. Menstimulasi motorik si kecil, serta koordinasi tangan dan mata saat si kecil mencontoh ibu.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 6, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    apakah ini hamil atau tidak

  • Oleh : muhammad faiz
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    halo dok saya mau tanya jika remaja melakukan hubungan seks dan tidak menggunakan alat pengaman, tetapi ia mengeluarkan nya di luar di sekitaran perut apakah ada kemungkinan remaja tersebut mengalami kehamilan ?

  • Oleh : muhammad faiz
  • Makanan pengganti ibu hamil

  • Oleh : Ramadhan
  • 6 tahun yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan saya memang termasuk orang yang tidak suka makan sayur bahkan bisa di katakan sebelum hamilpun saya tidak pernah makan sayur. Nah berhubung sekarang saya lagi hamil saya agak khawatir nih takutnya nutrisi saya dan janin tidak tercukupi karena tidak mengkonsumsi sayuran. Apakah ada makanan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur?

    Apa saja faktor yang dapat menghambat kehamilan

  • Oleh : laceyu4030243
  • 5 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apa saja yang bisa menghambat terjadinya kehamilan karena saya sudah 1 tahun menikah namun belum juga dapat momongan. Mohon jawabannya

    Telat Haid

  • Oleh : Sri Sariah
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Hai dokter.. dok saya mau tanya, saya telat haid sudah 1 minggu.
    2 hari sebelum jadwal menstruasi saya sudah test dan hasilnya negatif.
    Akan tetapi seharusnya saya sudah haid ternyata belum, lalu apakah masih ada harapan untuk saya test lagi setelah 1 minggu telat haid ini berlalu???

  • Oleh : Sri Sariah
  • hamil tapi masih perawan

  • Oleh : NIATMAWATI MENDROFA
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

    Tanya Bidan