×

Pertolongan Pertama Jika Si Kecil Dicakar Kucing

Bagikan Artikel :

Pertolongan Pertama Jika Si Kecil Dicakar Kucing

Usia balita senang sekali jika melihat hewan-hewan seperti kucing, anjing, kelinci burung dan lain-lain. Bahkan jika melihat kucing yang melewati rumah si Kecil sengang sekali mengejar dan menyentuhnya. Padahal kucing-kucing yang liat sering sekali agresif siperti mencakar atau menggigit. Lalu bagaimana nih jika si Kecil dicakar kucing. Apa yang harus dilakukan untuk pertolongan pertama? Yuk simak di bawah ini!

Cara Menangani Luka Cakaran Kucing Yang Tidak Berdarah

  1. Biarkan luka bekas cakaran kucing di bawah kran air selama kurang lebih 5 menit, lalu bersihkan kulit yang terkena cakaran kucing dengan sabun. Jangan menggosok bekas cakaran kucing, karena bisa menyebabkan memar pada kulit Si Kecil.
  2. Jika Bunda melihat ada kotoran atau bulu kucing yang menempel pada bagian kulit yang terkena cakaran kucing, segera bersihkan.
  3. Setelah dibersihkan, Bunda juga bisa mengoleskan salep antibiotik pada bagian kulit yang terkena cakaran kucing. Namun sebelum memberikan salep antibiotik pada Si Kecil, Bunda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Cara Menangani Luka cakaran kucing yang mengeluarkan darah

  1. Hentikan perdarahan dengan menekan luka bekas cakaran menggunakan perban atau kain bersih, selama beberapa menit. Namun ingat, sebelumnya Bunda harus cuci tangan terlebih dahulu.
  2. Setelah pendarahan benar-benar berhenti, segera bersihkan luka bekas cakaran kucing menggunakan air bersih. Pastikan air yang digunakan benar-benar bersih ya, Bun. Membersihkan bekas luka cakaran menggunakan air yang kurang bersih dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada luka.
  3. Keringkan luka bekas cakaran kucing menggunakan handuk bersih. Jika rentan terkena kotoran, luka bekas cakaran kucing perlu ditutup sementara menggunakan plester, agar tetap bersih.

Berikan Penjelasan Mengenai Bahanya Cakaran Kucing

Setelah diberikan pertolongan pertama, Bunda baiknya memberikan penjelasan mengenai cakaran kucing yang bisa menyebabkan perdarahan ringan dan bisa menyebabkan penyebaran infeksi dari virus yang ada pada kucing. Memang kucing hewan yang menggemaskan tapi tetap harus hati-hati. Selain itu bunda juga bisa memberikan kucing rumahan yang terawat dan sehat, atau dengan boneka kucing.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 23, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sembelit Saat Hamil Usia 3 Bulan

  • Oleh : Sahputri Ramadhani
  • 7 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang hamil usia 3 bulan dan ini merupakan kehamilan pertama saya. Sudah lebih dari seminggu saya mengalami sembelit, susah sekali buang air besar. Apakah ini hal yang wajar? Dan bagaimana cara mengatasinya?. Mohon penjelasannya, terimakasih.

    haid tidak lancar

  • Oleh : fiddina muthiahwari
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    assalamualaikum ka,, saya fiddina mau tanya faktor tidak lancarnya haid berpengaruh ga sama anemia??..makasih

    Impotensi

  • Oleh : Hasbi Syadiki
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi suster
    Nama saya hasbi syadiki
    Umur :19 tahun
    Saya memang sering melakukan onani dari sejak kelas smp 1 sampai sekarang
    Belakangan ini penis saya susa eraksi tapi penis saya eraksi tadi pagi habis dari bangun tidur
    Saya pancing nonton film dewa mr p saya eraksi tapi klau diluar rumah saya lihat cewek seksi mr p saya susah eraksi.
    Itu kenapa ya suster terimakasih

    Bayi Berkeringat Di Malam Hari

  • Oleh : Himawan
  • 5 tahun, 6 bulan yang lalu

    Pagi bu Bidan, saya punya bayi usianya baru 8 bulan 10 hari. Setiap tidur di malam hari bayi saya selalu berkeringat. Apalagi saat terbangun dan saya kasih ASI, keringatnya malah semakin mengucur padahal AC diruangan sudah mencapai 23 derajat. Itu normal gak bu bidan ? Terima kasih.

    Penggunaan test pack

  • Oleh : Julia Sarah
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Apa penggunaan testpack jika posisi miring dan melebihi batas maximal bisa tidak akurat?

    Tanya Bidan